Thursday, June 18, 2009

Visa 2009 - Part 1

Hari senin kemaren begitu balik dari Osaka rencana-nya cuti setengah hari buat ngurus Visa trus siangnya baru ngantor. Jadi begitu sampe di Tokyo buru2x balik ke rumah buat nyari bukti pajak pendapatan dan untungnya ketemu. Trus revisi form yang udh diisi sebelumnya. Eh tau2x udah jam 8.30AM aja, padahal kantor imigrasi bukanya jam 9AM dan itu pasti udah ngantri banget.

Akhirnya beres2x langsung cabut, mampir Combini dulu mau ngeprint, tapi apa daya mesin fotocopy merangkap printernya ga bisa ngeprint file yang bukan image. Jadinya aku manipulasi hasil print-an sebelumnya di print sekali trus di tip-ex baru di print lagi[soalnya takut klo tip-ex an ga boleh]. Selesai FC semua document, langsung buru2x ke empat imigrasi[10min naik kereta].

Beneran sampe disana jam 9.05 udah dapet no. 43, hikz. Padahal abis masukin berkas aku masih rencana mau balik lagi kerumah karena ga pake sepatu kerja[paling ga butuh 40min klo balik sedangkan buat kekantor butuh 1.5jam]. Nunggu ampe jam 10 belum dipanggil2x juga. Klo pas kek gini aja rasanya pengen manggil Calo[sayangnya ga ada]. Dan mungkin kalo di Indo, petugasnya udah dimaki2x kali ya ama orang2x ga sabaran nan berduit[soalnya yang ngelayanin cuma 3 dan loketnya cuma 2].

Begitu dipanggil, semua berkas di cek. Untung aku udah FC bukti pajak penghasilannya jadi ngga diembat yang aslinya[punya temen2x pada diambil ga dibalikin]. Biasanya klo perpanjang visa kerja lampirannya surat keterangan dari perusahaan ama list gaji yg diterima selama 6 bulan terakhir, sedang untuk tahun kedua bekerja ditambah surat pajak penghasilan tahunan.

Tapi ternyataaaaa aku miss~. Peraturannya berubah sejak bulan April atau Mei kemaren ini. Karena yang perlu dilampirin ngga cuma bukti pajak penghasilan tapi semua pajak~ yang pernah dibayar(課税証明書). Duh! padahal dokumen yang satu ini ga disediain dari kantor. Untungnya boleh nyusul, tapi ternyata harus diurus sendiri karena orang kantor ga ngurusin[bayar sihhhh *pelit*].

Terpaksa deh cutinya dibablasin sehari. Begitu cutinya OK, langsung menuju kantor kelurahan(apa kecamatan ya?) buat ngurus surat pajak yang satu itu. Lucunya, aku yang biasa hapal arah jalan biar cuma pernah sekali pergi tiba2x jadi nge-blank dan nyasar waktu jalan nyariin kantor kecamatan Machida yang udah 5kali lebih aku datengin. Sampe lama banget jalan dari ujung ke ujung ternyata aku udah kebablasan jauh banget karena salah Gang. Tapi untungnya keburu sebelum lunch break udah ketemu kantornya[berkat bantuan kakek2x dan nenek2x dijalan].

Sampe disana langsung ke bagian information nunjukin kertas yang dikasih dari kantor imigrasi[aku aja ga bisa baca tadinya saking ga jelasnya, padahal aku butuh dokumen itu hehehe], trus disuruh langsung ke lantai 6. Begitu di lantai 6 aku langsung bengong, coz ga ada meja informasi atau receptionist. Mondar mandir liatin form2x yg disediain juga ngga ngerti yang mana[ohhh...i hate Kanji!]. Untungnya ada bapak2x di loketnya yang baik trus manggil2x aku. Ditanyain mau apa, trus aku tunjukin kertas memo yang tadi, langsung dikasih formnya ama dia. Cuma perlu nunggu 2min dia cetakin dokumennya langsung jadi[kaya ijasah sekolah]. Dan berhubung udah 2tahun kerja, jadinya dapet 2 lembar yang selembarnya 300yen[ckckck...]

Begitu dapet...pulang deh kerumah tepar. Sempet langsung berasa ga enak badan saking capenya jalan jauh banget siang2x gitu. Klo dipikir2x sayang juga ya jatah cutinya malah kepake buat ngurusin hal beginian. Tapi emang udah nasibnya orang asing ya beginilah. Moga2x dapet Visanya bisa lamaan biar hemat duit n cuti, tapi kalo engga juga ya gpp sih coz masih ga tau juga bakal disini sampe kapan........

nah sekarang tinggal nunggu aja sampe nerima Kartu pos panggilan buat balik ke Imigrasi buat nerima Visa yang baru~

PS : Klo diJpn, petugas imigrasi dan kantor kecamatan bagian orang asing sering ogah diajak ngomong inggris. Jadi biarpun yang diajak ngomong, ngomong pake bahasa Inggris, dianya bakal tetep ngotot jelasin pake bahasa Jpn[klo kepepet banget baru inggris]. Kadang ga abis pikir gimana orang yang ga bisa ngomong Jpn ya kalo pas ngurus dokumen beginian? Hummm~

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...