Wednesday, August 19, 2009

Summer Holiday 09 - Nagoya

Ini bukan pertama kalinya aku mampir di Nagoya, tapi mungkin ini pertama kalinya aku ngerasain jalan2x di Nagoya biarpun ngga sampe 24jam.

Kalo dulunya aku mampir di Nagoya pas lagi transfer bus(ternyata kalo naek bus siang yang penumpangannya dikit dari Kansai, bakalan di drop di Nagoya buat di gabungin ama yang laen), udah pasti cuma sempet celingak-celinguk bentar trus langsung jalan lagi. Lalu yang ke dua kalinya, aku ke Nagoya waktu GW karena ketinggalan Shinkansen tujuan Kansai, padahal besok pagi2x udah harus balik ke Indo dari KIX~. Jadi langsung nekat naek kereta terakhir tujuan Nagoya, sampe disana pas tengah malem nungguin dijemput dr Osaka dengan mobil tapi dududz-nya batere henpon mati mana dingin banget, sampe akhirnya berkubang di McD 24h sambil bingung mikirin gimana caranya hubungin si K. Thx God ternyata ada SunKus 24 jam dipojokan mencit yg jualan charger henpon portable~

Nah, untuk kali ini....... Karena ngga ada rencana mau ngapain selama liburan kemaren, aku sengaja maen kesana. Jadi hari Selasa minggu lalu, pagi2x berangkat sekalian nganter K yang mau pergi camp, aku sekalian berangkat ke Nagoya trus lanjut balik ke Tokyo.

Saking paginya, kita sampe ga tidur karena takut ngga bangun. Jam setengah 5 udah jalan ke stasiun, jam setengah 6 kita sampe di Osaka trus pisahan. Aku lanjut ke Tsuruhashi buat nyambung naek Kintetsu Line sampe Nagoya. Oiya, yang punya ide naek Kintetsu ini adalah atas saran si Ben karena kebetulan railway nya nyambung sampe Nagoya dan tiketnya lebih murah dari JR(bahkan dengan 18kippu sekalipun). Tiket yang dipake kemaren tiket Kintetsu yang bisa buat sekali jalan doang 1.500円(Jadi kalo udah masuk ngga bisa keluar lagi). Dan kalo emang niat pengen ampe Nagoya, ada baiknya merhatiin jadwal kereta supaya ngga cape ganti2x kereta. Dan kemaren, aku cuma ganti kereta sekali doank dan itu bisa duduk terus... Jadi ya udah, aku molor sepanjang perjalanan. Berangkat jam 6an sampenya jam9an. Saking capenya aku ngga merhatiin pemandangan sekitar, lagian kamera jg abis batere jd ngga mood juga mau liat2x =P

Sampe di Nagoya udah ampir2x mau jam 10, krn aku skip 1kereta(drpd pegel berdiri). Trus langsung cari toilet buat cuci muka & jalan deh. Ngga lupa kita beli 1day pass subway, biar irit.

Kunjungan pertama adalah museum listrik. Keren juga loh, karena disana banyak alat2x yang bisa dicoba. Jadi inget praktikum fisika jaman sekolah dulu. Dan ini dibuat banyak replika penemuan2x jaman dulu yang bisa kita cobain. Ngga kebayang kan gimana magnet bisa jadi listrik, listrik jadi magnet, listrik jadi suara, dan gimana air, angin, dan atom2x bisa hasilin energi listrik buat nerangin rumah kita. Semuanya ada disana~ Ampe sempet kesetrum segala hehe...

Dari situ kita nyari makan siang di osu kannon. Cuma dengan 1000円 udah bisa makan sepuasnya loh. Selesai makan lanjut jalan ke Osu Kannon Temple. Banyak burung daranya sedangkan templenya sendiri kecil sih. Yang ngga tahan pas itu apalagi kalo bukan "puanassss buangettttt". Ampe bener2x serasa babi panggang.

Dari sana kita ke shirakawa Koen, tadinya pengen duduk2x cuma saking panasnya akhirnya diputusin jalan aja ke Kebun binatang. Ada pinguin, badak, gajah, beruang putih, jerapah ama berang2x. Disana juga ada kebun mawar, ama rumah kaca yang isinya macem2x taneman tropis(mirip ama kebun yang di Kobe itu). Sayangnya kita pas dateng waktunya udah agak mefet, jadi ngga bisa berlama-lama.

Lanjut ke Sakae, yang katanya SHinjuku-nya Nagoya. Banyak pertokoan, gedung tinggi ama tempat nongkrong + rame banget. Pertamanya kita mampir ke Oasis 21 yang terkenal dengan "Milky Way Square" dengan "Water Spaceship Roof". Jadi di bagian atap bangunan ini dibangun kolam transparant(dari kaca) yang kalau diliat dari bawah bisa keliatan diatas ada airnya. Dideket sana juga ada Nagoya TV Tower, yang merupakan tower tertua di Jpn(lebih tua dari Tokyo Tower). Cuma pas kemaren aku ngga sempet mampir ke towernya langsung jadi cuma foto dari atas Oasis 21. Difoto keliatan kolam kaca yang diatas atapnya itu.

Kalo ke Nagoya, jangan lupa nih cobain makan sayap ayam-nya. Katanya sih ini khas Nagoya. Rasanya ya seperti sayap goreng biasa dan enak juga jadi menu sampingan pas lagi makan atau minum di Izakaya. Jadi malem itu berakhir dengan makan tebasaki(sayap ayam) ama Tonkotsu katsu dengan saos Miso. Sempet pas lagi makan katsu kecolek mustard dikit(kebetulan mustardnya yg parah banget), langsung deh keluar aer mata + sesek napas... parah ya mustard ama wasabi tu harusnya jadi benda terlarang karena bisa ngebunuh orang keknya *lebay*... Menurut aku, daripada bawa2x pepper spray, kayanya lebih manjur diisi campuran wasabi atau mustard deh. dijamin langsung pingsan.

Oiya... 1 lagi. Jangan lupa jengukin si Nana ya kalo ke Nagoya! Nana ini patung manekin gede yang ada di stasiun Nagoya, biasanya sering didandanin dengan baju2x cewe gitu. Namanya nana, sesuai dengan tingginya yang 7m itu. Karena dalam bahasa Jpn, nana=seven. (sayangnya nana hari itu lagi renovasi sampe2x bajunya minim banget :P)

Cape jalan2x malem itu, aku langsung tepar di bus malemnya... balik ke Tokyo~

Mgkn lain kali kalo kesana lagi, pengen coba main ke castle nya ah....
Bye

2 comments:

  1. inge....lu pernah post waktu lu jalan2 ke macau ga sih nge???

    aku pengen bacaaa..

    ReplyDelete
  2. huahuahua.. kagak na.. secara waktu itu gw dah nulis2x trus panjang gitu ribet jadi males update gw apus cerita jalan2x HK-Macau gw =P

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...