Wednesday, May 21, 2014

Shopping, Baby Gift & Video Lucu

Hari ini sibuk banget nge link semua barang yang kebutuhan baby karena hampir semua toko harganya beda, kualitasnya juga trus kadang satu toko bisa belinya dari banyak portal jadinya bingung deh mau pake yang mana... amazon kah, rakuten kah, atau langsung di website tokonya. Tapi kayanya bakal-bakal balik ke rakuten lagi karena ngumpulin pointnya selama ini disana semua. Gini nih, yang mau shopping tapi puyeng sendiri :D

Kalau kemaren Leony bilang, suruh nungguin kado supaya ngga kalap belanja... sebenernya sekarang juga udah dapet kado, jadi beli yang penting-penting sisanya aja yang memang udah harus disiapin dulu. Tapi mungkin ngga seheboh di Indo kali ya klo dapet hadiah, karena disini temen juga terbates :) Sodara2 diindo aja udah pada berniat ngasih hibahan tapi aku tolak deh daripada repot banget bawa kesininya, kecuali yang penting banget. Cuma pengalaman sendiri, emang sebenernya baby registry itu penting banget ya. Jadi apa yang kita kasih atau terima dari orang juga ngga mubazir. Tapi budaya orang dulu kan malu juga ngarepin mo dikasih ini atau itu, tapi daripada yg kita kasih malah dijadiin kado ke orang lain atau malah dijual di auction sebagai unwanted gift :P

Jadi kemaren ini juga ada temen yang lahiran, aku todong aja langsung ke sodaranya apa yang dia ngga punya atau apa yang kira2 mereka mau daripada aku kasih yang ngga penting2 amat. Tapi mungkin masih malu jadi bilangnya apa aja deh supaya pas nerima jadi kejutan. Trus aku yang gemes jadi nyuruh sodaranya ini buat cek & ricek baru beliin hadiahnya.

Sama mommy2 yang ngasih hibahan ke aku juga sama, mereka biasanya nanya dulu aku apa yang ngga punya & maunya apa, trus mau pake barang second ngga? Karena ini kan anak pertama dan lagi level kegengsian dan kemampuan orang kan beda2 ceritanya jadi supaya ngga tersinggung gitu. Nah berhubung aku sendiri masih nge-blank & ampir sama sekali ngga nyiapin apa-apa, malah mereka semua yang surveiin buat aku. Kaya baju juga udah dipisahin semua sesuai size, musim, gender, kelayakan dll. Salut deh aku, padahal itu barangnya buat orang lain tapi segitu telatennya. Baby goods nya jangan ditanya, yang aku terima juga masih dengan box semua dan bahkan aku ngga bayar 1JPY loh padahal itu udah dari kapanan punya :D

Ama temen yang orang Jpn juga sampe disuruh video call, ditunjukkin semua barang2 yang bisa dikasih atau dipinjemin jadi aku boleh milih. Sekalian aku nanya2 kan apa aja yang perlu2 & kenapa kog perlu karena kadang tu barangnya agak ajaib2(maksudnya ngga umum klo buat di Indo). Trus ternyata yang aku kira penting2 malah dia bilang ngga usah beli, yang aku kira ngga gitu penting justru harus ada. Jadi disuruh switch aja daripada beli A mending B, dsb. Eh lanjutannya karena nanya2, dia mungkin jadinya tau barang2 yang aku belum punya & butuhnya apa aja.... malah dibeliin trus dianter pula kerumah buat hadiah katanya. Jadi ngga enak hati tapi seneng donk ya karena dikasihnya yang emang kita butuhin :)

Tapi temenku ini juga cerita kalau ada mama tomo(temenan mama), enak jadinya bisa sharing ngga cuma cerita tapi juga barang jadinya hemat. Nanti kalau udah, boleh diputerin lagi ke orang lain. Dan jadinya berguna juga soalnya kita tinggal beli yang perlu kan trus karena bisa hemat dilain tempat, jadinya bisa beli yang agak bagusan gitu. Ntar orang berikutnya juga gitu... makanya kadang ngiler juga ngeliat yang pada pake barang ampir semuanya dapet lungsuran serba "branded" sih ngga heran juga. Dan dimajalah yang aku baca juga gitu sih. Ntar duitnya bisa ditabung buat anaknya, atau kalau pas event2 tertentu bisa dipake buat beli yang agak wah.

Sebenernya aku sharing gini karena keinget dulu2 sering ada yang cerita dapet kado2 mubazir, trus aku juga kalo ngasih kado kadang maunya sesuai selera aku tapi lupa ada hal2 yang ngga kepikiran karena ngga ada pengalaman punya anak. Memang sih paling gampang tu kaya ngasih baju bayi, botol susu, perlengkapan makan, maenan, skin care, new born set... tapi klo inget disini ada empat musim aja, belum tentu size yg dibeli masuk ama musimnya, trus soal alergi, breastfeeding dll ama balik lagi ke selera yang nerima kayanya susah banget ya :P Jadi jangan malu buat nanya. Trus kalau orangnya bilang ngga perlu apa2, ya udah... kasih aja gift voucher(apa angpao? ato emas? :P). Waktu dulu kita juga gitu sih dan kadang kalau kasih voucher gitu juga bisa diuangkan lagi kalo emang ngga kepake yang penting ngga mubazir.

Oh ya satu lagi yang bisa bikin hemat kalau di sini... ada toko online semacem babe(barang bekas) tapi khusus emak-emak atau misalnya kaya craigslist. Jadi beberapa keperluan yang cuma dipake sebentar doank juga bisa dicari disini dengan harga miring termasuk yang masih baru2 & bersegel. Ntar kalau udah abis pake juga bisa dijual lagi sih atau ditawarin ke orang lain. Tapi sampe sekarang aku belum ngejajal buat transaksi soalnya si Bos besar alias si K kadang suka parnoan sama toko beginian :P

Oh ya buat penutup, ada video kocak dari Tokyo Urban Baby. Jadi sebenernya ini keadaan riil ngga cuma di Indo ya... dimana ibu hamil ngga dapet tempat duduk di transportasi umum. Biarpun dikata orang JPN sopan2, baik2, ramah2, tapi yang ignorance juga ada(banyak tidaknya tergantung nasib). Klo kaya aku juga yang seringnya make baju gombor2 & nutupin perut, klo ngga pake tag ibu hamil jangan ngarep deh dikasih tempat soalnya pake tag juga sekarang lebih sering ngga duduk(kecuali dari awal udah kosong). Biasanya si K yang suka heboh nyariin tempat duduk(atau sengaja heboh biar yg duduk sungkan/malu trus pindah atau malah pura2 turun), tapi aku ngga suka begitu karena takut ada yg tersinggung jadi selama masih kuat berdiri ya gpp. Tapi ada temen yang cerita kalau dia sampe sengaja pelotot2in trus senggol2 supaya yg tidur di priority seat ngasih dia duduk. Trus tag nya juga sengaja ditunjuk2in, tapi tag dia mini banget, ngga kaya punyaku... jadi aku suruh beli aja majalah ibu hamil yg berhadiah tag raksasa hehehe.

4 comments:

  1. wakakakaka... jadi inget pas di SG, orang india lebih perhatian dari pada singaporean na, yang g dipaksa duduk ama orang india, dan pas g ngasih duduk manula, si india yg lagi berdiri malah nendang kaki india lain yang lagi duduk dan tidur walo ga di priority seat disuruh berdiri dan kasih g duduk, dan orang yg lagi duduk itu berdiri tanpa cembetut lho ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang sini ngga ada yg berani ngingetin orang laen pit, mereka males nyari perkara. Jadi kalo merekanya pas duduk & punya kesadaran ya mereka ngasih, tapi mereka sungkan nyuruh org lain yg nyingkir. Gw sekarang jarang banget duduk dikereta.

      Delete
  2. beli2 barang gitu emang pr ya... aku biarpun belom boleh beli (kalo belom 7 bulan ga boleh beli2 dulu) tapi uda mulai hunting2 biar tau harga2nya... dan ga bisa ngarepin lungsuran... sodara2 uda pada gede2 semua, temen2 masih pada punya anak kecil2... paling ya ngarepin kado hahahaha... tp emang org indo masih gengsian ya kalo minta dikadoin ini itu hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mel, minta dikadoin aja gpp daripada semua ngasih botol susu atau barang yang sama 10biji kan males banget, malah akhirnya diputer buat ngadoin org lain akhirnya kan. Klo disini toko yang jualan baby goods itu ada list barang yg harus/wajib, boleh, ngga terlalu penting buat dibeli... ntah ntar kita bisa cek harga bahkan ada web buat compare harga barang jadi ngga cape survey trus tinggal tunggu tanggal Sale baru eksekusi semua :) Tapi klo di Indo mgkn triknya beda kali ya. Gw baru belanja waktu udah lebih dari 7bln.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...