Monday, July 2, 2012

Pinterest


Aku tadinya ngga tertarik sama sekali untuk join Pinterest. Sebenernya karena takut terlalu banyak acount yang harus dipelihara, sedangkan aku sendiri orangnya pelupa banget. Tapi sebenernya justru karena ada Pinterest, aku yang pelupa ini jadi kesenengan loh :) Soalnya disini aku bisa "Pin" tanpa perlu takut lupa lagi.

Jadi sama seperti sistem bookmark, disana kita bisa taruh link-link  yang kita suka sebagai sumber referensi, promosi & ide. Dan ini mungkin cara pemakaian setiap orang berbeda karena sesuai selera mereka, tapi aku sendiri punya beberapa kriteria supaya nantinya ngga jadi banyak sampah. Kalian tau donk, ngga cuma di kehidupan nyata dimana buang sampah/bikin sampah sembarangan itu bikin ngga nyaman, di luar angkasa juga begitu(sampah satelit), dan termasuk di dunia maya yang misalnya dengan ngepost blog ga penting(sekali2 boleh lah, tapi lama2 jadi bukit juga ya), informasi ngaco atau misalnya dengan nge-Repin semua semua yang dilihat hehehe.

Menurut aku lebih bagus kalau kita berusaha buat Rapi & Bersih dari awal. Dan aku berusaha sebisa mungkin untuk ngerapiin data-data yang aku punya, supaya ga jadi sampah & ga berguna lagi karena kebanyakan data yang lebih ga penting.

Nah ini juga yang pengen aku terapin di halaman Pinterest -ku :
1. Aku cuma Re-Pin Fashion Idea yang sesuai isi closet aku. Artinya, aku coba lihat apakah item yang sedang dipake salah satunya atau semuanya juga ada di dalam lemari pakaian aku? Kalau engga, biasanya aku skip & sekedar di like lalu aku lupain. Kalau iya baru aku check linknya lalu aku Re-Pin. broken link atau link ke situs yang ngga berhubungan dengan gambar yang diposting biasanya aku exclude sampai aku dapet link yang bener. Ini sebenernya untuk mencegah supaya aku ngga beli baju baru lagi lagi dan lagi, hanya karena kebanyakan lihat fashion blog :)

Lalu kalau ada yang mention tentang "must have items", ya boleh lah dilihat & dijadiin sumber inspirasi untuk dikoleksi sebagai basic wardrobe supaya ngga ketinggalan jaman biarpun cuma dengan baju yang itu lagi itu lagi.

2. Aku cuma Re-Pin Resep masakan yang memungkinkan untuk aku masak. Kalau ngga memungkinkan & broken link, aku bakal exclude deh :) Soalnya ga semua foto makanan yang terlihat cantik itu bisa diwujudkan karena melihat kemampuan aku. termasuk tips&tricks juga membantu banget loh dan justru ini yang kadang lebih penting daripada resepnya itu sendiri. Jangan lupa hapus resep yang setelah dicoba & ternyata ngga enak :P Karena suatu hari karena kepikunan sendiri bisa jadi kita ngga sengaja kepengen bikin resep yang sama padahal udah pernah gagal hahaha dan kasih notes untuk beberapa info tambahan.

Bagus juga kalau koleksinya sudah banyak trus di pecah-pecah lagi supaya lain kali kalau mau nyari ngga bingung. Jangan lupa kasih hint di captionnya supaya bisa gampang untuk di search dilain waktu.

3. Aku cuma Re-Pin D.I.Y tutorial yang jelas banget & ngga menyesatkan. Maksud aku, jangan langsung repin tapi coba dilihat dulu apa penjelasannya mudah dimengerti & bisa diikuti. Kalau tidak, ya buat apa di pin pin karena akan nambah-nambahi sampah internet itu tadi.

4. Aku cuma Re-Pin craft&art idea yang memang jadi sumber inspirasi dan bisa di aplikasikan. Big No Re-Pin semua foto-foto yang cakep karena suatu saat kalau udah penuh juga pasti bakal jarang di cek lagi deh. Dan kalau pas dibutuhkan mungkin kita juga udah lupa ama keyword untuk searchingnya.

Kalau ingin Re-Pin yang beretema Fotografi, boleh untuk sumber ide angle pengambilan foto, settingan kamera atau juga gaya berpose kalau lagi difoto. Jangan lupa tambahkan info yang diperlukan.

5. Aku cuma Re-Pin Hair & Beauty Idea yang bisa aku aplikasikan kediri aku termasuk tips2 yang mungkin berguna buat orang lain. Jadi walaupun banyak tips dandan yang bagus banget & bikin cakep, tapi kalau seandainya ngga sesuai dengan muka aku sih aku skip ya. Misalnya cara aplikasi eyeshadow nih, berhubung mataku monolid yang mau jungkir balik di warnain juga jatuhnya jadi kagak keliatan kecuali pake scotch atau di jait :P Jaid kayanya agak-agak useless kalau aku keep tutorial yang ga sesuai dengan aku. kecuali kalau aku Makeup Artist ya!! Aku pasti butuh buat referensi dandanin client, atau kalau2 suatu saat bisa buat dandanin sodara atau siapa gitu ya boleh juga di keep :D

Klo untuk rambut juga aku realistis nyarinya yang sesuai dengan tipikal rambut aku. Dan kadang tip2 untuk rambut pirang gitu ga bisa di aplikasikan & hasilnya juga beda, begitu juga untuk rambut wave atau lurus. Jadi sebaiknya pilih yang memang kita bisa contoh atau jadikan ide.

Mungkin masih banyak lagi sebenernya, tapi aku rasa setiap orang pasti punya donk ya kriteria tentang info apa yang mau dia keep & sebarin. Jujur sejak ada Pinterest, aku kebantu banget buat nemuin sumber-sumber informasi yang sebelumnya aku ngga pernah tau. Dan lumayan juga buat jadi sumber kegiatan dikala senggang, bukan karena jadi mantengin internet lebih lama tapi lebih karena aku bisa pilih satu ide buat aku terapin di kehidupan nyata. Misalnya nih dengan nyobain resep masakan, bikin kerajinan atau ide2 untuk foto :)


Gimana kalau menurut kalian?

PS : kalau kalian punya sesuatu yang menarik yang ditemuin di Pinterest, boleh donk share aku juga :D

2 comments:

  1. nge, gue sampe saat ini sebenernya bingung pinterest itu buat aapaan :)) uda bikin account tp cuma sekali pake abis tu ga perna buka2 lg :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat nge-bookmark artikel2 penting yang kira2 bakal kepake buat lain kali pi :D
      Lebih enak diliatnya daripada bookmark di browser kan. Cuma kadang orang suka nyampah, demi follower semua2 di Re-pin...
      berguna banget kog pi, terutama buat org pelupa kek gw hahaha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...