Wednesday, June 26, 2013

Pantai Pink

Pantai Pink mungkin salah satu tempat tujuan wisata yang sedang booming di Lombok. Aku sendiri belum pernah & baru tau juga tentang pantai yang ini. Akhirnya kita putusin menjelang hari terakhir di Lombok buat mampir kesana. Tadinya udah setengah hati antara pergi atau engga karena takut kecapekan karena kita masih ada trip yang lain, tapi akhirnya pas nyokap balik dari Jogja langsung kita putusin buat pergi. 

Untungnya perjalanan kali ini kita rental mobil sekaligus supirnya, kalau ngga bisa-bisa kita ngga bakal sampe karena jalannya luar biasa..... luar biasa ancurnya! dan jaraknya itu ngga deket yang cuma sejam atau dua jam. Kayanya kalau diitung dari rumah bisa 2.5-3jam dan sejamnya itu dihabisin dijalanan ngga beraspal yang emang ancur banget. Jadi saranku, kalau cuma sedikit waktu di Lombok & ngga terlalu demen berenang dilaut atau snorkeling plus klo cuaca sedang jelek, mungkin bisa skip tujuan yang ini untuk kunjungan berikutnya aja. Tapi tetep pantai ini salah satu tujuan wajib kalau ke Lombok.

Jadi pagi2 sekali, kita udah di jemput Pak Amang yang bakal jadi driver kita hari itu. Dan sebelum pergi , nyokap udah nyiapin perlengkapan piknik termasuk bekal makan siang plus cemilan. Aku lupa jalannya lewat mana, yang jelas ke arah Praya tapi trus ambil haluan yang bukan ke arah airport. Kalo ngga salah nyari yang namanya Jerowaru, nah apapun lah itu namanya cuma nyokap ama supirnya yang tau :P Tapi kita sempet salah haluan bablas ke tempat antah berantah tapi sebenernya tempat kita nyasar itu juga keren sampe nyokap suruh turun foto2in tapi aku males banget jadi balik haluan lagi. Sebenernya ada papan yang kecil banget ditulis Pantai Pink sama Jeeva Beloam gitu nah, disana kita belok kiri. Aku sempet ngeliat tapi mikirnya itu cuma papan hiburan, soalnya mini banget tulisannya bukan papan penunjuk jalan :P

Nah di jalan yang bener ini deh perjuangan dimulai. Tadinya aku udah seneng aja karena jalannya biarpun sempit mulus banget... Tapi itu cuma di depan 10min pertama doang, sesudah itu gerunjalan ga jelas plus nanjak banget. Jadi kalau bukan supir profesional mabok deh. Biasa jalanan macam gini kan cuma sekitar 5min aja lah perkiraan aku, tapi ternyata engga.... Sejam bok!! Ngga tau deh kaki supirnya pegel banget atau engga yang jelas karena tau ngga nyampe2 & mulai jadi agak bad mood aku langsung tidur aja. Tadinya aku udah ampir mau minta balik aja loh saking setressnya ama jalanannya itu.

Setelah sejam, kita sempet salah belok lagi ke pantai antah berantah :P Sepi banget, air nya tenang & cuma ada nelayan dengan sampan & gubuknya plus monyet2. Tapi ternyata bukan itu yang dimaksud tapi belokkan berikutnya yang ada sign cilik bertuliskan Pantai Pink dan sampailah kita.

Kesan pertama nih... Jujur.... Aku kecewa. Kayanya biasa aja & spotnya ga seluas Selong Belanak. Trus saking lebaynya aku sampe mau nangis loh saking udah jauh-jauh, ngabisin hari terakhir hanya demi pantai yang begini doang. Tapi ternyata aku salah loh~

Jadi masih dalam keadaan bad mood nih ya, kita ngeluarin bekal makan siang. Kayanya sih bad mood gara-gara kelaperan :P Trus ama bapak-bapak perahu yang lagi duduk disana malah dipinjemin tiker buat duduk. Trus nyokap kan ngobrol ama mereka, ditawarin mau naek kapal ngga liat pulau-pulau kecilnya itu(nyokap udah dua kali kesini). Kebetulan juga hari itu sepi banget, jadi si bapak-bapak ini cuma nongkrong aja disana ngobrol2. Lagi pula ombaknya masih gede banget sih, entah kayanya ada hubungan dengan squall di Gili yang hari sebelumnya jadi memang angin laut jadi kenceng banget 2 harian itu. Akhirnya kita deal buat naik kapal nantinya buat muter-muter ama Pak Junaedi namanya.

Ngga berapa lama, ada beberapa rombongan yang dateng. Si bapak-bapak perahu langsung sibuk majangin snorkel buat di sewain. Tapi kayanya emang lagi sepi jadi ngga ada yang nyewa. Kalaupun ada yang dateng trus naik kapal gitu, ternyata mereka udah bawa gear sendiri (snorkel, fin ama life jacketnya semua bawa sendiri). Dimaklumin memang disini tempatnya terpencil banget, peralatannya juga masih belum lengkap jadinya ngga ada life jacket trus finnya juga terbatas(tapi bakal terus ditambah katanya). Jadi aku akhirnya sewa snorkel aja.

Trus sama si bapak-bapak ini juga dijelasin kalau dateng kesana siang bolong memang susah kalau mau liat pantainya yang pink. Soalnya sinar matahari terlalu terik jadi pantulannya lain banget. Waktu yang paling pas buat ngeliat pantai pink itu sebenernya kalau agak mendung atau sorean. Selain itu ada tehniknya juga kata mereka. Jadi pas ombak dateng, ditunggu waktu airnya ditarik balik ke laut pasti lebih keliatan pink. Dan memang bener sih. Mereka cerita kadang-kadang ada yang udah dateng jauh-jauh(maklum jalannya kan bikin mabok), sampe disana malah kecewa. Pernah ada guide yang bawa bule, sampe disana lautnya pasang sampe keatas jadi aernya itu sampe ke deket pepohonannya itu. Alhasil ngga keliatan pasirnya, ngamuklah si turis ngerasa dibohongin "Mana Pinknya woiiii!" sampe si guidenya pucet pasi ngga bisa ngejawab kata si bapak yang cerita. Jadi mungkin baiknya jangan dateng pas deket2 bulan purnama deh kayanya, airnya bakal tinggi aku rasa.


Jadi selesai makan, warming up dikit kita langsung ganti baju renang trus melaut. Kebetulan ada Mas Dwi yang punya pantai Pink & dia mau ikutan snorkeling juga jadi kita barengan. Tapi begitu naik kapal, langsung ciut nyali mau nyebur dilaut. Aku kan parno ama laut lepas gitu. Mana hari itu ombaknya ajubile.. ngga extreme banget tapi lumayan gede apalagi kapal kita mini banget jadi berasa gimana gitu tapi ada seru2nya juga sih. Mungkin aku lebih parnonya karena mikirin si K. Dia kan baru-baru ini aja biasa berenang2(katanya sih bisanya ud dr dulu), aku ngga bilang mahir sih karena dia masih ngga bisa ngambang berdiri(ngerti kan maksudku?) Jadi cuma bisa berenang antara kepala dibawah terus atau diatas terus(ngga bisa berenti). Lah kalau dilaut kalau capek kan mana ada pijekkan kaki. Trus aku jg mana kuat kalau harus megangin dia jadi dag dig dug deh ditambah ombaknya gede.

Si Mas Dwi nentuin spot buat snorkelingnya. Tapi karena keder ombak gede, aku langsung nolak diajakkin berenang sampe ke pulaunya. Jadi yang deket2 kapal aja deh. Dia sih begitu nyebur udah ilang ngga tau kemana, kalau aku begitu nyebur langsung pegangan kapal hahaha.... sekalian ngasih ancer-ancer buat si K supaya ngga hanyut. Dan bener karena ombaknya gede, dia jadi susah berenang & aku juga serem mau jauh2 dari kapal. Akhirnya dengan ide pak Junaedi kita ngegantung di cadiknya ala Superman trus ditarik kapalnya jadi serasa terbang didalem laut. Asli ini seru banget, ngga perlu capek berenang cuma pegel aja pegangan(tapi jangan ditiru deh karena bahaya juga sebenernya).

Laut disini koralnya beda dengan yang di gili. Waktu pertama kali ngintip kedalem laut aku sempet panik, soalnya berasa kaya ngeliat alien saking banyaknya itu koral. Tapi makin kita ke sisi yang deket dengan pulaunya koralnya makin bagus banget. Banyak bintang laut warna biru trus warnanya kontras banget dengan sekelilingnya. Sayangnya karena ombak gede, aku ngga sempet foto-foto didalem air. Akhirnya udah pegel ngegelantungan, kita naik ke kapal & jemput Mas Dwi yang udah nge bolang di pulau mini(entah apa namanya), trus kita balik ke Pantai Pink... Pas udah balik kog ya ombaknya mereda coba ckckck~


Jangan dibayangin air laut di Pantai Pink merah ya. Sebenernya pantai ini jadi pink karena pasirnya ada yang merah2. Ini dari pecahan koral yang udah mati. Katanya sih jaman dulu didaerah ini juga kena di Bom waktu tentara Jepang mendarat. Gara-gara itu koralnya yang (kebetulan banyak warna) merah ikutan ancur, jadilah itu pasir. Sedangkan dipesisir pantainya sendiri banyak Goa Jepang, kita sempet ngintipin juga ke beberapa Goanya.

Menurut saran si Bapak-bapak ini juga, kalau ngga kuat naik mobil bisa naik kapal dari tanjung luar buat dianter ke pantai pink langsung. Nanti biar mobilnya diparkir disana aja. Bahkan ada juga orang yang nyerah klo harus pulang naik mobil akhirnya sopirnya disuruh bawa balik mobilnya, trus penumpangnya balik naik kapal & nunggu di tanjung luar. Selain itu di sana kan bener-bener terpencil, jadi kalau seandainya mau nginep atau butuh makanan(macam ikan bakar dll), bisa request ke mereka tapi harus ngasih tau hari-hari sebelumnya.

Aku sendiri heran si Mas Dwi kog ya bisa betah tinggal di bungalownya yg jauh dari peradaban. Itu beneran loh mandi air asin, ngga ada listrik dll. Aku aja udah beberapa hari sejak dari gili rambut udah berasa gimbal banget kebanyakan aer asin jadi kaku.

Setelah ganti baju, kita photo session disekitaran pantai. Trus naik ke bukit & ngintipin pantai sebelahnya. Aduh gila, bagus banget & sepi juga cuma ada anjing-anjing yang pada asyik maenan diluar plus nelayan yang lagi nangkepin ikan. Jadi ngga ngerasa nyesel lagi deh karena udah mampir kesana. Someday kalau ada kesempatan kita pengen balik lagi, terutama kalau pas hari cerah supaya bisa puas berenangnya.

Akhirnya dengan berat hati kita kudu balik sore itu... sejam lagi perjalanan di jalan yang rusak & beberapa jam buat sampe di rumah, trus lanjut sate rembige lagi buat terakhir kalinya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

PS : Nanti aku update contact person untuk pantai pinknya ini....
Biaya masuknya 10,000/mobil. kalau dateng di hari libur, biasanya bakal rame banget ya. dan jangan lupa siapin makanan & bekal yang cukup kalau kesana(termasuk tissue buat ke toilet hehehe).

PSS : Sekarang Lombok mulai banyak dijadiin tempat untuk tujuan wedding atau foto prewed, salah satunya dipantai ini atau di tanjung ringgit(tapi buat foto2 aja... klo buat wedding sih mgkn ga ada yg dateng ya kecuali naik pesawat amphibi). Tapi kalau mau foto disini kudu siap2 nginep deh. Atau ada yang tertarik buat nginep di Jeeva Beloam?

10 comments:

  1. hahaa.. gw mau tuh nyobain terbang ala supermen di laut dengan pegangan cadik.. gw juga ga bisa kalo berenang di laut, ga kuat ngelawan ombaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dicoba.. pegel banget hahaha serasa abis ngangkat barbel 10kg besokkannya. hahaha.

      Delete
  2. Seru tuh ditarik pake kapal gitu :D Huahh.. Untung tar lagi mau ngetrip, jadi kemupengan untuk nyebur kelaut bisa terpenuhi..*g ada yg nanya yah? hahaha* :p

    ReplyDelete
  3. Denger tentang journeynya ke pink beach itu kyknya penuh perjuangan....tapi yg Jeeva Beloam itu...mantttaaabbss Nge!!
    jadi pengen holiday soon....
    *nomad-girl*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeeva emang bagus, cuma ya itu jalannya yg ngga nguatin harus pake mobil gede banget kayanya baru ga puyeng mungkin...

      Delete
  4. wah Jeeva Beloam kayaknya keren bgt deh... deket sama pantai pink itu kah? berarti jauh dari peradaban juga dong??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tetangganya itu sama2 di ujung pulau hehe....

      Delete
  5. jadi si pantai pink ini milik perorangan ya?
    mabok juga kalo jalan ke sononya goyang2 sejam hehehe..
    tapi pemandangannya bagus juga :)
    so overall nyesel apa ga ke sono hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tanahnya sih udah ada yang beli jadi klo mau masuk harus bayar.
      Ngga nyesel sih gara2 nyobain snorkelingnya itu. Klo cuma duduk2 doank ngga ngapa2in sih males ya, milih yang deket2 aja :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...