Friday, June 7, 2013

Senaru, Sendang Gile & Pantai Tanjung

Perjalanan pulang dari Sembalun,kita pilih rute ke arah Senaru. Disini ada desa adat, tapi kita sampai disana udah lumayan Sore jadinya sepi. Disekitar sini juga banyak penginapan buat orang-orang yang mau pergi atau sudah kembali dari Gunung Rinjani. Sekedar info aja, karena global warming, daerah-daerah di Gunung ini udah ampir ngga dingin bahkan dimusim hujan(kecuali buat yang naik ke puncak gunung ya). Karena dulu, penduduknya disini sampe harus pake tutup muka ala Ninja itu loh kalau keluar rumah. Kalau sekarang pakai pakaian selembar masih bisa nahan dingin apalagi kalau siang.


Dari Senaru, tinggal ngesot dikit udah sampailah kita di Air terjun Sendang Gile. Sebenernya ada saudaranya juga yang disebut Tiu Kelep, tapi udah sore banget jadi daripada pas balik udah keburu gelap jadinya kita kesatu tujuan aja. Yang seru dari jalan-jalan ke Gunung ini, klo pas di posisi yang ngga kehalang bukit atau pepohonan, kita bisa ngeliat laut juga.

Perjalanan turun dari gerbang pintu masuk air terjun sampai kebawah kurang lebih 450an anak tangga(aku lupa tepatnya berapa karena si K yang ngitungin :p) Ini klo pas turun sih gampillll banget ya, tapi pas mau pulang siap-siap deh terkuras energi. Buat masuk kesini dikenakan biaya Rp. 5,000/orang. Nanti dibawah itu boleh berenang atau mandi2 lah di air terjunnya. Lagi-lagi aku lupa ngga bawa baju renang padahal sebelumnya udah sempet nyesel banget ga bawa baju renang waktu ke Selong Belanak. Jadi cukup cuci kaki deh kali ini. Sebenernya ada tempat buat rental baju renang, harganya Rp. 15,000, tapi entah cuma khusus pria atau buat wanita juga ada. Jujur aku jadi kangen masa-masa kecil diajak ke daerah terpencil yang ada sungai2 tak terjamah gitu, soalnya bisa buat berenang saking beningnya dan itu bukan sungai-sungai cetek buat maen aer tapi bener2 dalem. Entah sekarang mungkin udah pada butek kali ya aernya.

Waktu lagi ngaso di berugaq sekitaran aer terjun, kita ngeliatin orang pada bawa bekal nasi bungkus trus makan disana. Duh ternyata yang dibeli itu Nasi Rarang, Nasi yang isinya Ayam pelecingan(ayam dimasak pedes). Asli bikin ngiler banget... Ini bisa dibeli di Lombok Timur karena aslinya dari sini, tapi rumah makannya ya begitu lah, jadi mungkin lebih baek di bungkus. Nasi Rarang ini, udah ada dari jamannya si Engkong dulu(waktu dia masih kecil/muda tinggal di Lotim sana)... Jadi entah udah berapa keturunan itu.


Terakhir, kita jalan pulang ngelewatin Pantai Tanjung. Ini pantainya bukan yang pasir putih, tapi memang sepi dan ombaknya itu ampir ngga ada. Jadi sebenernya lebih enak buat berenang sih buat para beginner :P Macam di Senggigi jaman dulu gitu ceritanya. Disini juga asal muasalnya yang jualan Sate Ikan, salah satu dari jenis sate-satean yang kudu di coba kalau pas ke Lombok. Karena udah keburu sore, kita ngga mampir buat makan sate ikan hari itu tapi untungnya udah sempet makan waktu acara engagement karena si nyokap bela-belain beli ke tukang sate langganannya ;). 

Jadi dari Tanjung, kita ngebut lewatin bangsal & Pusuk buat ke Rembiga, apalagi klo bukan buat makan Sate Sapi Rembiga. Sayangnya aku ngga ada foto karena gelap. Tapi ini emang tempat langganan juga karena deket rumah. Ini Ibunya yang jualan katanya jarang senyum hehehe... Dulu cuma jualan kecil2an gitu(krn sebenernya banyak juga penjual laennya), tapi entah kenapa akhirnya yang paling laris cuma satu ini sampe tempatnya jad luas(cm tetep remang2 gitu). Si K demen ama pelecing yang ada disana. Dulu biasanya nyokap suka beli bawain ke JKT bahkan sampe bawain aku ke JPN, tapi pernah sekali pas udah pesen tapi pas dateng ngambilnya kemaleman, malah satenya dijual keorang lain wakakaka parah banget (padahal udah dibayar), jadinya kasian deh adek sepupuku yang di JKT udah ngiler2 nunggu nyokap dateng bawa sate malah ngga kesampean. Sebelum cau dari Lombok, kita sempetin buat makan disana sekali lagi & karena rute perjalanan sampe ke JPN masih jauh, jadinya ga diimport deh kali ini......


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...