Monday, October 21, 2013

Iphone Apps : App Shopper, Receipi, Ekispert, Vsco Cam

Ini tentang beberapa aplikasi yang aku pake di hp-ku. Sebenernya aku bukan pengkoleksi aplikasi, tapi kalau ada yang bermanfaat biasanya aku coba download dulu, terutama kalau pas gratis. Dan sampe sekarang aku berusaha supaya layar hapeku bersih jadi cuma dua perlu dua kali colek aja kalau mau nyari sesuatu. Jadi biasa aku tes kalau ngga OK langsung dihapus, tapi kalau yang jarang turun harga biasanya aku keep sementara.

Ini kalau ada apps yang aku pengenin tapi ngga gratis, biasanya aku taruh disini. Kenapa? Buat memonitor kapan apps nya bakal jadi gratis atau murah. Jadi biasanya aku liat history nya apa ada kemungkinan jadi free atau engga. Kalau engga pernah gratis, biasanya sih ngga bakal beli atau kalau emang kepepet banget ya beli pas harga termurah(tapi hampir ngga pernah sih kayanya). Makanya aku sempet kaget waktu Dian bilang salah satu video editor yang aku pake mahal banget, padahal aku ngga ngerasa pernah beli. Ternyata aku download waktu harganya sedang "free".


2. Receipi (レシーピ)
Ini apps receipt scanner dalam bahasa Jepang. Gunanya buat nyatetin belanjaan secara otomatis lewat foto. Jadi tiap kali beli barang atau jajan diluar, notanya dibawa pulang abis itu difoto pake apps ini. Nanti dia secara otomatis bakal nyatet pengeluaran dan detail notanya termasuk tanggal, nama resto, dll(semacem OCR gitu). Ntar kalau misalnya beli di supermarket yang udah kita registerin, sebenernya dia juga bisa buat compare kaya beli tomat di toko A lebih murah daripada di toko B. Kalau kita masukkin duit yang kita punya & punya goal mau nabung berapa, dia juga bisa ngitungin balance nya. Trus kalau beli bahan-bahan makanan, dia bisa juga otomatis setelah kita foto nota pembeliannya bakal dicariin resep yang sesuai dengan bahan-bahan yang kita beli. Jadi misal aku beli bayam, telur, susu, nanti dia akan kasih rekomendasi resep yang make bayam aja atau kombinasi dari bahan2 yang udah kita beli. Makanya namanya Receipi dari Receipt & Recipe.



Nah kalau yang ini juga dalam bahasa Jepang dan memang buat orang yang tinggal di JPN. Gunanya buat nyari jalur kereta atau kendaraan umum. Jadi kita bisa pilih mau yang paling murah, cepat atau yang efisien. Berhubung disini memang transportasi umumnya sebagian besar make kereta jadinya butuh apps ini buat ngecek jadwal supaya ngga ketinggalan dan hemat waktu juga. Kalau jaman dulu sebelum ada smartphone, biasanya kalau janjian ama temen ketempat yang jauh, aku bakal fotoin jalur yang direkomendasi di internet buat dibawa jalan. Tapi kalau sekarang udah praktis tinggal ngecek dari hp jadi bisa lebih flexible kalau mau ganti2 jalur.


Dan yang terakhir tentang apps untuk meng-edit foto. Ini dulu sebenernya aku beli versi yang sebelumnya. Tapi akhirnya di upgrade jadi versi yang sekarang dan itu dibuat gratis. Agak sebel sih karena ngerasa kecele aja. Tapi aku bakal rekomendasiin apps yang ini karena bagus sih dan memang aku suka. Jadi mumpung masih gratis, silahkan di download dulu aja. Kalau belajar makenya bisa sambil coba2 aja. Sebagian besar fotoku yang di instagram di edit pake ini. Dan kalau aku ngga salah inget, kayanya ini satu2nya apps yang pernah aku beli(versi sebelumnya), karena tergoda pengen punya foto yang keliatan lebih indah.... Tapi ternyata mengedit foto itu juga perlu keahlian ya supaya keliatan bagus :P

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...