Wednesday, June 25, 2008

Hanya Sekejap Perjalanan @Kyoto, Part 1

Jumat kemaren sore-sore jam 6an abis selesai kerja(belom kelar sih sebenernya) aku dah ngacir dari kantor dengan alesan yang nipu abis : “Pak, hari ini ngga bisa lembur. Soalnya aku harus mampir kekantor pusat.”. Duh tapi jangan sampe temen aku tau, bisa kena stempel dah nih jidat “Tukang Boong!”. Akhirnya lari ke Omotesando station trus dari situ ambil tas di loker naik kereta sampe Shibuya trus transfer ke arah Shinagawa. Trus sampe sana kek anak ilang yang nyari pintu masuk Shinkansen. Akhirnya gerbangnya ketemu juga. Sampe di platform aku bingung lagi, soalnya beli tiket yang unreserved seat jadi gerbongnya khusus & kalo penuh ya gelantungan deh kaya di Kopaja/Metromini.
Akhirnya nanya ibu-ibu trus dikasi tau kalo yang bisa cuma gerbong1-3. Ternyata yang ngantri banyak & waktu kereta dateng(wew Shinkansen mak!), udah penuh orang. Lah kirain Shinagawa itu 終点(shuten-last terminal) ternyata mereka naik mungkin dari stasiun Tokyo, hikz. Akhirnya sebelum naek aku nanya ama encik2 sebelah aku dengan tampang uun –ku ini :
“Ini keretanya udah penuh ya? Tapi klo saya mau naik masi boleh ngga ya?”
“Boleh” (dengan tampang bingung)
“Trus kalo naik ngga bisa duduk tetep boleh naik?”
angguk...angguk
“Trus kalo naik aku berdiri dimana kira-kira yang boleh?”
“Tuh disana...”, sambil nunjuk celah-celah antar
gerbong.
“Ooo gitu ya.....makasih ya”, sambil loncat ke kereta buru-buru saking takut ditinggal.
Abis naek jadi salting sendiri karena udah ngga ada space buat nongkrong kecuali deket2 WC, thx God ini bukan kereta executive Tasaka apalagi Kereta ekonomi Jkt-Jogja yang udah pasti bau pesing. Sambil membayangkan posisi PeWe si encik tadi ngintip dari luar kereta sambil senyum2 liatin aku(entah apa maksudnya....)gigitjari
Jadi kenapa kog aku bisa sampe ngga dapet tempat duduk, padahal udah beli tiket kereta tercepat seharga tiket pesawat adalah karena tiket untuk Shinkansen ada 2 jenis :指定席(siteiseki-Reserved seat) & 自由席(jiyuuseki-Unreserved seat). Klo yang pertama udah pasti dapet tempat duduk karena udah pasti no kereta dan jam keberangkatannya dan harga lebih mahal tapi ngga lebih dari 1000 bedanya. Sedang denga make tiket yang kedua, aku bebas naik kereta mana saja kapan saja berlaku untuk 2 hari, tapi gerbong yang bisa diduduki(maksudnya kursi yang available) cuma dari gerbong 1-3 ato sesuai tipe kereta. Jadi kalo udah penuh tapi nekat tetep mau naek ya silahkan dengan resiko berdiri atau duduk di celah-celah tadi.
Akhirnya aku dapet posisi PW di antara gerbong 2 dan 3(smoking area). Tadinya mau hunting antara 1 dan 2(non smoking) tapi daripada kehilangan tempat lesehan mending relain deh selonjoran trus tidur. Mana ga ada hiburan pula, gara-gara DS-nya abis batere. Sampe akhirnya di Nagoya setelah 2 jam perjalanan dan 30min lagi sampai Kyoto aku baru dapet tempat duduk di gerbong 3 yang penuh asep. Oh Tuhan apa salahku sampe jadi bau asep & kucel abis kek gembel padahal mau ketemu kekasih tercinta pujaan hati. Jadi ngebayangin kalo dah ketemu dia ampe ga mau deket2 soalnya dia paling benci asep rokok, Hikznangih.
Akhirnya sampai juga di Kyoto, dengan pengalaman pertama naik kereta termahalduit plus lesehan pake asep pula ditambah hujan yang sedang turun diluar sana sempet bikin mood aku jadi jelek sejelek tampangku yang lagi kucel abis. Tapi begitu liat si dia dengan Mister Donuts yang lagi ditenteng, jadi semangat 45.love
Fakta yang terkumpul abis naek Shinkansen :
1. Ternyata masi bisa liat pemandangan diluar, kirain saking cepetnya ini kereta sampe ngga keliatan apa-apa.

2. Keretanya ada yang udah kuno banget, dalemnya dah kuning kecoklatan gitu ichh....

3. Ada pramugarinya juga yang jual makanan(dah pasti lebih mahal).

4. Biar mahal ternyata banyak juga yang lebih milih naik ini kereta daripada pesawat karena langsung berenti ditengah kota.

5. Kenapa Jarak Tokyo-Kyoto yang ampir sama dengan JKT-YK cuma 2.5 jam aja? Karena ngga ada si Komo yang lewat. Alias jalan teros ngga berenti plus ngga ngerem sama sekali.

6. Tiket emang berlaku 2 hari buat yang Unreserved Seat, tapi kalo ngga dipake pas hari H nya udah ngga bisa masuk ke mesin buat ngecek tiket, karena si mesin ngertinya cuma tanggal hari itu doang jadi tiketku sempet ditelen mentah-mentah ngga keluar lagi. Jadi kalo pake bukan pas hari H kudu minta stempel ke petugas.

7. Bayar mahal-mahal cuma buat lesehan emang enak?


PS : ini tambahan aja, ternata si encik yg aku tanya2in wkt diTokyo turun diarah Tonda. Ketemunya pas aku dah nyampe Tonda abis makan malem, jadi mgkn dia nunggu kereta yang masi ada tempat duduk. Tapi kebetulan banget ya tujuan kita sama secara Setsutonda tu cuma stasiun kecil aja.


To be continued...

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...