Tuesday, July 21, 2009

Ngirit di JPN - Part 1(Transport)

Semua orang mungkin udah tau kalo JPN itu salah satu negara yang "apa2x serba mahal". Bahkan sekaleng coca cola aja bisa seharga 200yen=Rp.20,000. Tapi sebenernya, ada trik2x khusus buat ngedapetin sesuatu yang lebih murah dari yang mahal2x ini. Ini ada beberapa tips yang bisa dicoba tapi kalo ada cara yang lebih murah lagi, boleh di share bareng2x.

1. Transport

※Kereta

Transport di JPN emang efisien banget atau dalam bahasa JPN-nya itu (便利=benri). Tapi mungkin saking benri-nya itu, jadinya mahal(berbading lurus deh antara harga ama fasilitas). Nah ada beberapa cara buat ngakalin biaya transport yang lumayan banget ini.

Untuk subway daerah Osaka & Tokyo, mereka ada jual tiket yang namanya 1day free pass. Harganya sekitar 710-800an Yen. Nah buat yang mau jalan seharian ke banyak tempat sih enaknya pake ini(kira2x minimal dengan 3 tujuan berbeda), soalnya subway biasanya ngehubungin ampir semua titik di dalem kota. jadi kalo toh berhentinya ngga pas ditempat yang kita mau, ya paling2x jalan dikit lah^^. Tapi ini biasanya ga bisa dipake buat daerah pinggiran, jadi lebih baik cek jalur perjalanan dan cocokin dengan peta subway nya.

Laen lagi buat yang perginya ber-rame2x. Kalo ini ada yang namanya Kaisuken(回数券). Misalnya Machida-Shinjuku one way harganya 360yen, nah kalo misalnya kita pake Kaisuken ini berarti harus beli seharga 3600yen tapi nanti dapet tiketnya bukan 10 tapi 11lembar untuk weekdays atau 12lembar khusus weekend dan bisa dipake dari arah sebaliknya(Shinjuku-Machida). Jadi kalo diitung2x untungnya sih ga seberapa, cuma beda beberapa puluh yen aja. Tiket ini ngga harus dihabisin dalam sehari/sekali pakai, tapi bisa sampe kira2x 3bulan dan tentu saja selembar tiket cuma untuk sekali jalan. Tapi yang perlu dicatet untuk weekdays, tiket ini cuma bisa dipakenya mulai dari siang(karena mungkin untuk ngebedain dengan tiket langganan bulanan). Jadi, selain bisa dipake untuk beramai2x, tiket Kaisuken bisa juga dipake sendiri misalnya untuk orang2x yang setiap weekend-nya selalu pergi(nongkrong) ketempat/daerah yang sama. Perlu dicatet juga, kalo ternyata Shinkansen termasuk yang ada kaisuken dan sepertinya berlaku untuk setaun *CMIIW*

Nah, gimana dengan orang yang biasanya pergi sendirian dan seandainya tiap weekend dia perginya ketempat yang beda2x? Jawabannya sih : "belilah tiket di Kios2x tiket murah). Biasanya kios tiket murah ini ada buka ditempat2x ramai. Jadi sebenernya, sistem yang mereka pakai adalah mereka menjual Kaisuken secara eceran jadi ngga harus beli 11lembar sekaligus. Cuma jadinya harga yang mereka tawarin sih lebih mahal sedikiiiit dari Kaisuken, tapi masih lebih murah dari tiket yang kita beli di mesin. Cuma jangan harap ada untuk semua tujuan, karena mereka untungnya juga ga seberapa jadi biasanya mereka ngga mau ambil resiko dan cuma ngejual tiket dengan tujuan yang memang kira2x ada pembelinya.

Nah karena tadi aku ada bilang kalo Shinkansen termasuk yang bisa Kaisuken, otomatis tiketnya juga dijual di Kios2x ini. Dan aku lebih recommended kalo beli tiket Shinkansen di tempat murah ini aja(semakin jauh diskonannya semakin gede). Tiketnya bisa dibeli jauh2x hari, nah setelah itu bawa aja tiketnya ke kantor reservationnya JR(JR窓口) buat ditukerin ama reserved seat. Kalau seandainya ga ditukerin, otomatis tiket kita berlakunya untuk non-reserved seat yang artinya kita kudu rebutan kursi digerbong tertentu(jam naiknya sih bebas). Nah daripada udah bayar mahal2x tapi ga bisa duduk, mending dari jauh2x hari tiketnya kita tukerin aja supaya udah pasti jam keberangkatan dan kursinya(kalo mefet2x suka keabisan kursi). Kalo seandainya pengen pindah jam juga ga apa2x, tinggal telpon aja atau dituker lagi di kantor JR(tanpa dikenakan biaya). Nah kalo seandainya kita telat/pengen naek kereta buru2x tapi males nukerin tiketnya ya ngga apa2x cuma jadinya tiket kita berubah jadi "non-reserved" lagi dan berlaku selama 2hari.

Selain cara2x diatas, mungkin masih banyak lagi cara buat ngedapetin tiket murah. Bisa jadi lewat travel agent yang lagi promo, tiket musiman seperti seishunjuhachikippu(青春18切符), promosi kantor, harga khusus pelajar/manula, termasuk promosi buat yang sedang berulang taun. Jadi tergantung pinter2xnya kita ngeliat kesempatan. Ngga lupa buat yang tiket langganan bulanan juga kalo belinya sekaligus 3bulan atau 6bulan jadi semakin murah, ditambah promosi kartu kredit bayarnya bisa dicicil atau mungkin dapet point.

Kalau untuk orang asing yang yang berlibur ke sini, ada yang namanya JR pass. Ini cuma bisa dibeli diluar JPN, harganya sekitar Rp. 2.8jt-an. Tiket ini berlaku selama 7hari sejak hari pertama dipakai dan termasuk untuk semua JR line + Shinkansen(reserved seat juga) tapi tidak termasuk Shinkansen tercepat(Nozomi). Saran aku, ini lebih cocok buat mereka yang jalan2xnya emang pindah2xnya jauh(ex : Tokyo-Osaka/Fukuoka PP). Kalo cuma jalan2x di Tokyo doang sih ga perlu coz ini sebenernya cuma untung kalau kita naek Shinkansennya aja.

Notes : Ongkos transport di Tokyo/Kanto ternyata lebih murah daripada di Kansai(baik JR maupun Subway).


※Bus

Untuk Bus, info yang aku dapet masih belum terlalu banyak. Tapi yang pasti bus juga ada Kaisuken atau dengan beli Bus Card(misal kartu seharga 5000円 berisi 5850円). Sedangkan untuk bus malem bisa dengan mendaftar sebagai member(supaya dapet point), atau pesen lewat internet aja(jadi bisa ngebandingin harganya).

Selain itu juga ada one day pass(ini aku pernah pake waktu di Kyoto). Dengan kartu seharga 500円 kita bebas naik bus mana saja kemana saja disekitar Kyoto. Ini lebih praktis karena ga semua tempat terjangkau dengan kereta.

Ngga lupa, kios tiket murah juga jualan tiket Bus. Tapi tiket bus yang seperti apa aku juga belum pernah beli, tapi bisa dicoba tanya2x dulu buat perbandingan.

Jadi....kapan ya jalan2x lagi^^

Bersambung....

*foto diambil dari wikipedia*

3 comments:

  1. buat shinkansen:
    kalo ga keberatan naik kodama, ada namanya puratto kodama, yg wkt itu gw naikin ke osaka. pasti dapet tempat duduk dan softdrink cuma 10rb lho.

    bus:
    gw sering dengar iklan silver pass di atas bis. ga tau itu buat org2 tua aja ato buat semua org. bisa dipake di bus kanto (saitama, tokyo, chiba, yokohama).

    trus, gw sering beli tu toei one-day pass. bisa buat semua chikatetsu toei dan semua bis toei serta arakawa streetcar (busway yg kita liat di ouji) - 700 yen. tp gak bisa buat tokyo metro. chikatetsu toei mahal tau ga, per stasiun 170 yen, dan tiap 2 stasiun naik harganya, gak kayak tokyo metro yg murah meriah.
    all that aside, bis di tokyo (bkn bis antarkota ato bis bandara ya) gak enak ah, jangkauannya cuma situ2 doang, mesti norikae berkali2 kalo mo jauhan.

    JR Pass berguna jg sih kalo misalnya mau keliling2 kanto, coba, yokohama - chiba aja brp duit tu 1x jalan.

    ReplyDelete
  2. itu gw. tawil. koq namanya random sih >.>

    ReplyDelete
  3. iiih..kapan ya aku bisa kesanaaa...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...