Friday, December 27, 2013

Selamat Natal 2013



Apa kabarnya ya dunia blogger, pasti sekarang sedang pada sepi karena sudah masuk musim liburan. Kangen pengen nulis banyak, tapi kayanya lagi banyak halangannya sampe aku alergi online. Tapi nanti aku ceritain kalau udah normal lagi deh. Jadi setelah hampir sebulan akhirnya baru sekarang komputerku nyala. Ini yang hidupin juga si K karena dia mau cari software yang dia ngga punya, dan seperti biasa kalau udah switch on ngga pernah di matiin lagi ama dia. Jadi iseng-iseng aku mampir lagi kesini deh.

Seperti biasa, tanggal 25 Desember di Jepang bukan hari libur kecuali kalau jatuhnya di hari Minggu :) Tapi untungnya kali ini aku & si K bisa lewatin Christmas bareng dengan tenang, santai, dan hikmat plus bahagia dunk ya tentunya. Ngga seperti tahun-tahun sebelumnya dimana kalau akhir tahun kita pasti dikejer kerjaan seabrek yang bahkan buat kegereja aja sampai harus nyolong jam lunch kantor atau kabur diem-diem dari jam lembur :P Pokoknya kali ini beda lah.... Beda juga karena sekarang udah jadi suami istri, ngga pake kirim-kiriman kartu atau hadiah segala bisa langsung shopping bareng.

Mau cerita yang lain soal Christmas disini. Sebenernya penduduk JPN yang kristen mungkin hanya 1% atau mungkin lebih sedikit dan 70% yang bahasa gampangnya tidak beragama. Tapi suasana Natal di kota-kota besar di JPN itu meriah banget. Ada pohon Natal, pelayan toko berbaju Sinterklas, bunga2 poinsettia, Christmas wreath, dsb. Pokoknya setelah selesai Halloween hampir semua hiasan diganti dengan tema Natal termasuk barang yang dijual juga. Jadi Natal dan Sinterklas itu terkenal banget disini biarpun ngga beragama mereka juga tetep ngucapin Merry Christmas dan bahkan nyanyiin lagu2 Natal.

Yang menarik kalau ngeliat berita TV belakangan ini, cerita tentang Secret Santa di beberapa tempat selama bulan Desember. Yang sempet aku nonton beritanya itu ada tiga. Yang pertama cerita tentang Secret Santa di Hokaido. Ada seorang kakek yang datang ke toko buku, trus bermaksud untuk ngirimin hadiah natal berupa buku ke anak-anak tapi secara anonim. Akhirnya ada 3 sekolah yang dapat kiriman hadiah buku-buku ini dan semuanya baru(macem2 mulai dari buku pengetahuan sampai hiburan) sebanyak 3ribu buku untuk diisi di perpustakaannya. Jumlah yang dibayarkan sang Secret Santa untuk semua buku-buku ini sekitar 600MAN JPY = 6,000,000 JPY = 600 juta rupiah lebih. Dan anak-anak disekolahan itu senengnya luar biasa banget karena bisa baca buku-buku terbaru, yang mana sebelumnya ngga mungkin karena budget disekolah mereka cuma mampu untuk beli beberapa buku per tahun.

Yang kedua, tentang Secret Santa yang nyumbangin beberapa tas sekolah(tasnya Nobita) ke kantor daerah waktu Christmas Eve. Sebenernya ada Santa2 lain juga yang pernah nyumbangin tas sekolahan seperti ini ditempat lain. Kenapa kog tas sekolah? Soalnya tas nya ini memang MAHAL. Kalau pergi ketoko bagian anak-anak, ngeliat harga "rata-rata" aja bisa sekitar 5MAN JPY atau 5juta rupiah. Ada sih yang lebih murah tapi yang lebih mahal juga banyak. Makanya sumbangan tas ini juga berarti banget apalagi sampe beberapa biji(11 kalau ngga salah).

Yang terakhir, ada Secret Santa yang pakai nama Kepala Sekolah Dumbledore ninggalin amplop berisi 100MAN JPY = 1jt JPY = kurang lebih 100jt rupiah, di kotak pos salah satu klub anak-anak di daerah. Isi suratnya supaya uangnya bisa dimanfaatin para pengurus & anak-anak di klub itu.

Kalau ngeliat berita-berita seperti ini jadi bikin hepi ya :) Soalnya biarpun dibilang JPN negara maju tapi tetep aja ada problemnya disana-sini dan ada banyak juga anak2 yang jadi korban atau ngga terlalu beruntung, jadi semoga dengan hadiah ini mereka bisa sedikit terhibur.  Dan moga-moga ngga cuma selama event Natal tapi disaat lain juga banyak orang-orang seperti ini ya :D

Selamat Natal buat teman-teman yang merayakan, semoga disana sini juga banyak cerita yang bikin hepi ya~

Tuesday, November 19, 2013

Trip Bersama si Adek - 3 Hari Kansai

Mau ngerekap acara jalan-jalan yang kemarin, sebelum terlanjur lupa lagi. Sebenernya rencana awal yang pergi ke Kansai itu cuma aku doank, tapi waktu last minute mau booking tiket kereta dan hotel akhirnya dijadiin perginya bareng si K juga. Rencananya kita tiga hari di Kansai tapi udah termasuk perjalanannya juga. Agak ribet waktu nentuin schedule kereta karena paketan yang kita pake itu udah ngga bisa diutak atik, sedangkan yang pada pake JR Pass baru bisa book setelah sampe di JPN. Tapi untungnya sih dapet semua jadwal yang kita mau.

Hari pertama berangkat dari Tokyo jam 10am. Perjalanannya kurang lebih 3 jam, jadi untuk menghemat waktu supaya pas nyampe di Osaka bisa langsung jalan jadinya buat lunch kita makan bento dikereta. Makannya giliran sambil jagain si bocah yang ngga mau bobo tapi pengen lari-lari dilorong kereta.

Sampe Shin Osaka, tadinya mau langsung ke hotel tapi trus ditengah jalan ngeliat kereta ke Universal Studio. Akhirnya si K ngajakkin buat langsung jalan aja dan semua setuju, jadi kita langsung lanjut jalan dengan bawa-bawa koper. Tapi emang jalan-jalan kali ini kita udah antisipasi buat bawaannya jadi satu keluarga cuma satu tas doank. Sampe di Universal City, pada foto-foto trus lanjut ke souvenir shop. Kita memang ngga rencana masuk ke USJ karena si bocah belum bisa maen plus bumilnya juga :) Jadi nunggu 2014 aja sampe Harry Potternya jadi(kastilnya sih udah keliatan). Jadi selama pada shopping souvenir, aku nemenin si bocah kecil ini yang lari terus kesana kesini saking senengnya nemu tempat luas buat maenan.
 
 
 

Udah kelar shopping, kita naik kapal dari Universal City Port menuju ke Osakako yaitu lokasinya Kaiyukan(Osaka Aquarium). Disini si bocah demen banget ngeliatin ikan-ikan trus maenan aer tapi jerit-jerit kalo disuruh pegang ikannya karena dianya geli.

 

Selesai dari Kaiyukan, kita check in ke hotel trus lanjut jalan-jalan dan dinner disekitar Shinsaibashi dan Namba. Kayanya malem itu, demi memuaskan hasrat karena udah lama juga ngga ke Osaka, jadinya kita makan takoyaki yg diseberang Horai, trus beli Horai juga trus lanjut makan Okonomiyaki. Untung ngga nambah ramen segala.

Hari berikutnya kita ke Kyoto. Berangkatnya agak telat dari schedule tapi karena perjalanan hari itu lancar banget jadinya ngga masalah. Buat ke Kyoto ini emang udah direncanain buat perginya bukan pas weekend. Soalnya sekarang ini Kyoto rame banget apalagi udah mulai musim Koyo/Momiji. Pertama-tama kita ke Inari Fushimi, karena memang deket banget dari Kyoto station. TAPI..... keretanya jarang-jarang banget, jadi begitu miss lama deh nunggunya. Jadi pas banget waktu kita sampe keretanya 1min lagi berangkat, tapi masih pada ngantri di lift. Akhirnya pas udah keluar lift aku suruh lari buru-buru, diikuti rombongan kakek2 & nenek2 yang juga mau ngejer kereta. Untungnya masinis keretanya baek jadi tetep ditungguin.

 
 
 

Kita di Inari ngga lama, trus balik lagi ke Kyoto Station buat lunch dulu. Lunchnya di Hakata Ikkousha(Isetan lantai 11), ini karena request dari si K soalnya dia belum pernah. Waktu pada ngantri resto, aku pergi beli one day pass buat bus sekalian ngecek jadwal berangkat karena kali-kali aja busnya cuma setengah jam atau satu jam sekali kan males nunggunya kalau ngga pas. Tapi kakek-kakek yang tugasnya ngasih informasi di halte baek banget, jadi dia langsung kasih rekomendasi yang aku mau supaya aku ngga nunggu. Oh ya, kalau keluar kota gini... aku suka blank ngomong ama orang yang pake bahasa daerah. Kadang ngga ngertinya bener-bener ngga ngerti sama sekali, dan biar aku reply pake bahasa yang wajar tetep aja dibalesnya pake logat daerah :P Termasuk kakek yang di halte bus ini, dia bahkan jelasin busnya itu bakal stop dimana(semua disebutin), trus ntar begini begitu padahal aku nanyanya cuma mana yang lebih cepet :P Oh ya, buat yang nyari info jalur bus klo jalan-jalan di Kyoto, liat di japanguide aja. Referensinya lengkap dan bagus banget. Tapi gara-gara ini juga kali ya orang jadi terpaku dengan jalur yang itu-itu doank, jadinya padet banget busnya.

Selesai lunch, kita foto-foto bentar di stasiun trus naik bus ke Kinkakuji alias Golden Temple. Perjalanannya sih lancar jadi setengah jam nyampe. Trus sampe disana, aku ama si K nemenin si bocah maen sedangkan bapak ibunya masuk kedalem buat liat-liat.

Kelar dari Golden Temple, kita mau lanjut ke Kiyomizudera. Tapi betenya bus(sesuai yang tertulis di website itu), ramenya gila-gilaan karena banyak anak sekolah yang lagi study tour. Jadi setelah dua bus lewat, kita random aja ambil bus yg kearah Ginkakuji trus ntar transfer ditengah. Untung banget lah kita random pilih bus ini jadinya malah sepi banget. Tapi sebenernya kalau bisa baca map yang dikasih di tourist information itu banyak rute alternatifnya sih(kalau ngga salah ada yg versi Inggris).

Kita sampai di Kiyomizudera udah menjelang sore tapi belum gelap. Jadi masih ada cukup waktu buat jalan-jalan cuci mata, ngemil, liat toko-toko lucu di Kitano baru masuk ke kuilnya. Jalan dari bus stop sampe ke kuilnya itu sebenernya lumayan banget ya. Buat yang ngga kuat jalan di tanjakkan bisa dengan naek ricksaw atau taksi sih :)


Terakhir, setelah dari Kiyomizudera kita pergi makan sushi buat dinner. Ini tadinya ngga direncanain, kita juga ngga tau gimana rute yang oke buat pergi ke resto sushi ini. Tapi sekali lagi gara-gara bus didepan tempat wisata itu rame banget dan kita ngga berani nekat naik karena bawa anak kecil, jadinya pas ada random bus yang sepi banget kita langsung naek aja. Dan ternyata waktu di dalem bus kita coba ngecheck jalur busnya bakal kemana, ternyata dia bisa langsung ketempat yang kita mau pergi. Dan bus ini ngga ada di map yang dikasih dari tourist information itu. Jadi harus search di internet dan itu juga ngga semua bus stop ditulis. Jadi bisa dibilang kita lucky banget, bisa duduk manis, ngga perlu desek-desekan langsung sampe ke tujuan tanpa ganti-ganti kereta juga. Jadi hari terakhir di Kyoto kita makan sushi trus balik ke Osaka.

Hari terakhir di Osaka, tadinya ada rencana mau ke Kobe tapi kayanya kalau buru-buru rasanya ngga tenang gitu. Akhirnya kita nyantai-nyantai aja, trus ke Osaka Castle. Disini lagi-lagi aku ama si K nemenin bocah yang masih bobo sedang bapak ibunya kedalem sekalian foto-foto pake baju ala Jepang. Lumayan lama sih mereka didalem, jadi pas si bocah bangun, kita harus entertain dia lari keliling castle ngejerin burung dara.


Kelar dari Castle, udah siang banget menjelang sore. Tapi karena pada ngga rencana mau shopping, jadinya kita lanjut ke taman yang lain sambil bawa makanan gitu. Berhubung aku ngga pernah tinggal di Osaka, jadinya agak kurang tau taman yang hit itu apa aja. Tapi waktu lagi search di google, aku tunjukkin beberapa ke si K dan yang udah pernah dia kunjungin ya dia bilang biasa aja. Jadi akhirnya aku pilih satu random aja dari yang belum pernah.

Tadinya aku pikir taman ini bayar, karena ada infonya waktu check di website gitu. Tapi waktu jalan kesana kita ngerasa buat sampe ke entrancenya aja udah mayan jauh dan luas. Jadi daripada bayar, mending kita mainnya di tempat yang gratisan aja karena waktunya udah nanggung juga. Eh tapi waktu iseng jalan ke sisi yang lain, ternyata kita dibolehin masuk bebas. Trus karena dikejauhan ada keliatan bagunan kaya kincir angin, kita iseng-iseng aja jalan kesana. Ternyata tamannya bagus banget, jadi ada beberapa blok taman dunia gitu yang temanya sesuai dengan negaranya masing-masing. Tapi yang paling bagus sih yang bagian Belanda ini ama kebun mawarnya. Dan taman ini gede banget, jadi kita ngga sempet muterin semua. Mungkin mirip-mirip ama Showa Kinen Koen, klo yang ini namanya Hakuhana Kinen Koen, atau Tsurumi Ryokuchi Park tapi ini versi gratisan.

 

Terakhir sebelum balik, kita mampir ke Shinsekai dulu sebelum balik ke Tokyo. Sampe di Tokyo, ngebut ngejer last train buat ke pulang rumah.


PS : Fotonya ngga banyak karena sibuk ngejagain anak kecil :P Tapi nanti aku posting foto lainnya dari hape.

Sunday, November 17, 2013

Friday, November 15, 2013

Orange Cosmos

Foto diambil dari taman di deket rumah.

Saturday, November 9, 2013

Trip Bersama si Adek



*Judulnya ngga banget ya....*

3 Hari ini, aku ke Kansai buat nemenin tamu jalan & sekaligus refreshing bareng si K jugs. Tapi ini sebenernya tour keluarga dan memang aku bikin itinerary yang flexible banget buat anak kecil. Jadi kita lebih banyak pergi ketempat yang ada playground dan luas supaya si bocahnya bisa maen sampe puas. Yang jelas banyak pengalaman seru & ngga terduga(salah satunya foto yang diatas itu). Nanti aku ceritain kalau udah ngga terlalu sibuk(udah mulai stress dengan jadwal akhir tahun yang padet banget nih)....

Monday, November 4, 2013

Atraksi Untuk Anak Kecil (Disney Tokyo)

Tadi lagi bikin itinerary buat adekku yang bakal dateng besok :P Berhubung begitu nyampe langsung ke Disney jadi mikirin, sebaiknya mereka ke Disney Sea dulu atau Disneyland. Padahal ini ada batita ama bumil, rempong deh suaminya. Tapi ngga masalah sih harusnya karena kalo cape tinggal balik hotel buat istirahat. Jadi aku sempet nyariin list atraksi yang bisa mereka mainin bareng selama disana. Sebenernya di websitenya sendiri juga udah ada listnya...

Attraction for Small Children : Tokyo Disneyland, Tokyo Disney Sea

Tapi dibawahnya masih ada link lagi untuk list atraksi yang ada boarding restriction(dibagian paling bawah masing-masing halaman). Jadi sebenernya harus dibaca satu-satu sih larangannya apa aja.

Akhirnya dapet list seperti ini :

DISNEY SEA
1. DisneySea Transit Steamer Line(Mediterranean Harbor)
2. Venetian Gondolas
3. Big City Vehicles
4. DisneySea Electric Railway(American Waterfront)
5. Turtle Talk
6. DisneySea Transit Steamer Line(American Waterfront)
7. DisneySea Electric Railway(Port Discovery)
8. DisneySea Transit Steamer Line(Lost River Delta)
9. Sindbad's Storybook Voyage
10. Caravan Carousel
11. Blowfish Balloon Race
12. The Whirlpool

DISNEYLAND
1. Omnibus
2. Pirates of the Caribbean *kayanya boleh
3. Jungle Cruise
4. Western River Railroad
5. Mark Twain Riverboat
6. Tom Sawyer Island Rafts
7. Cinderella's Fairy Tale Hall
8. Mickey's PhilharMagic
9. Castle Carrousel *kayanya boleh
10. It's A Small World
11. Alice's Tea Party
12. Buzz Lightyear's Astro Blasters >>bocahnya masih belum bisa kayanya~

Lumayan juga sih ya, daripada ngga maen sama sekali. Tapi kalau ngga maen pun mereka bisa enjoy parade sama foto-foto di tempat tertentu.

Oh i miss Disney too... tapi taun depan deh perginya waktu diskonan :P


Saturday, November 2, 2013

Tamashii Nation 2013

Selama di Jepang, aku jarang banget ikutan event-event kaya nonton konser atau premier atau pameran yang heboh banget antriannya. Paling parah kalo misalnya antrian di Disney gitu kali ya yang sampe 2jam :p Nah, kali ini aku baru betapa hebohnya kalo ada event. Pantes aja ada lowongan baito(kerja part time) buat jadi hall/event staff, soalnya kalau ngga ada mereka udah rusuh kali ya.

Kali ini aku ke acaranya Tamashii Nation 2013, yang diadain Tamashii(Bandai). Jadi kalau denger kata Bandai udah kebayang dunk apa yang terkenal??? Yes, Gundam! Tapi kalau yang belum tau, Bandai itu perusahaan yang bikin mainan dan game untuk anak-anak, biarpun sekarang juga pasarnya banyak yang khusus buat orang gede terutama untuk maenan figure. Nah salah satu yang terkenal itu adalah maenan Gundam yang bisa dirakit sendiri.

Aku sebenernya ngga terlalu ngikutin ginian, tapi karena ada yang ngebet pengen nitip salah satu figure yang khusus dijual di event ini, jadilah aku beli tiketnya buat mampir. Dan karena kepikiran males klo pergi sendiri diantara kerumunan orang yang mayoritas bakalannya cowo, akhirnya aku nawarin si K buat ikutan juga. Akhirnya kita beli dua tiket buat jumat kemaren.

Tadinya mau pergi jam 7, padahal acaranya mulai jam 9. Tapi akhirnya berangkatnya agak molor dan kena rush hour. Rasanya udah lama banget aku ngga naik kereta jam-jam orang pergi kerja. Tapi karena tempatnya ngga jauh, ga sampe setengah jam kita udah nyampe sih, tinggal nyari lokasinya aja. Tadinya waktu sampe kita kira masih sepi, jadi santai2 aja, tapi ternyata salah banget(maklum amatiran soal beginian). Ternyata udah ada antrian masuk panjangggg bngt dan anehnya kog yang ngantri itu segerombolan kakek2 jadi kita kira acara laen gitu.

Tertipu antrian & bete ngeliatin para calo

Setelah nanya petugas beberapa orang, akhirnya kita ditunjukkin ujung antriannya itu jauh banget dari tempatnya(udah dipinggir jalan diseberang gedung trus belok). Yang akhirnya kita baru tau ternyata itu buat bagiin wirst band jam masuk buat beli special item. Jadi abis ngantri 20min kita dikasih gelang kertas dan dibilangin klo masuknya jam 13:00. Langsung berasa budek, trus nanya si K..."mati kita, kog masuknya siang banget???" dan ternyata si K ngga nyadar klo dibilangin jam 1, trus aku suruh liat gelangnya, dan ternyata bener. Lah ngapain dunk kita masih setengah hari gitu. Ternyata itu yang udah pada ngantri dipintu masuk, udah dari semalem kayanya. Ngga nyangka serame itu.

Akhirnya daripada bengong, kita ngantri lagi ditempat lain yang khusus buat eventnya. Kita pilih yang pendek dulu, jadi bisa masuk agak cepet. Nah waktu antri ini kita ngeliat mereka yang udah berhasil beli2 didalem, ternyata oh ternyata ampir 75% wong cino. Dan itu mereka parah banget ngeborongnya, kayanya sih satu orang di pol pol in sampe batas maximum gitu jatah beli baranngya. Trus yang lebih bikin bete lagi, ternyata ada makelarnya gitu yang nadahin barang-barang ini orang. Jadi dicatetin gitu, soalnya memang acaranya agak strict cuma boleh sekali masuk trus ngga boleh multiple wirst band. Jadi kayanya mereka rekruit orang banyak banget dibayar buat beli2in. Jadi klo ada sekeluarga, semua emak engkongnya pun diajak. Dan semuanya ngomong bahasa dewa, jadi aman dari petugasnya :P

Akhirnya kita masuk juga kebagian pamerannya. Didalem sih ngga boleh foto ya jadi kita liat2 aja, ada figure macam sailormoon, kamen rider, ultraman dan saint seiya juga termasuk yang bakal diliris bulan-bulan kedepan. Sayangnya tempatnya berasa sempit trus klo masuk kan cuma boleh sekali doank. Bentar doank kita didalem, abis liat semuanya kita keluar.

Lanjut ke antrian untuk lantai yang lainnya, agak lebih panjang. Didalemnya ada tetsujin trus Gundam juga. Trus ada replikanya yang gede banget. Tempatnya lebih menarik tapi sempit juga. Trus sempet kebagian yang kita boleh pegang-pegang Gundamnya, boleh dipretelin juga. Tapi harus ngantri mana dempet-dempetan jadinya risih banget karena ampir semuanya cowo gitu, tapi si K malah dengan santainya maenan itu Gundam lama banget padahal cowo yang dibelakang kita udah ngga sabar(padahal ada yang lebih lama dari kita kog).

Abis itu udah cape, jadi kita jalan-jalan aja ke Yodobashi trus lunch. Ngelewatin spot yang biasa dijadiin tempat pameran ama Tamashii, nah klo ini boleh difoto jadi fotoin deh itu figure-figurenya.


Akhirnya kita berhasil masuk ketempat jualannya itu jam 2pm. Itu aja udah ada yang abis. Jadi deg-deg banget takut bagian kita nyampe malah abis kan ngga lucu juga. Padahal kita udah nekat antri sampe mepet banget jamnya karena ngga nyangka bakal sesiang ini, sedangkan si K dalam 1.5jam kedepan udah harus pergi volunteer trip keluar kota(belum siapin tas pula). Puji Tuhan, disaat-saat terakhir jadi cepet banget masuknya dan kita kebagian barang yang kita mau. Langsung ngacir pulang abis itu.

Jujur, kaya ginian capein aja ya :P Trus sempet ada yang bete juga waktu dateng udah ngga kebagian padahal tiketnya cuma berlaku satu hari gitu. Nah klo org jpn tu beli ya seperlunya, tapi ada yang pake calo juga sih. Cuma klo harus saingan ama wong cino, makasih aja deh...


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...