Friday, September 11, 2009

Red Lamp VS White Lamp

Pernah kepikiran ngga kenapa kalo pas lagi Sunset langit tiba2x berubah warna jadi Oranye kemerah-merahan? Sedangkan kalau siang hari kog kayanya sinar matahari biasa2x aja(terang dan putih).

Sebelum ngebahas jawaban dari pertanyaan diatas, kita bakalan bahas hal2x yang lain dulu^^ Jadi ceritanya, kemaren pas lagi dinner sambil petentengin acara TV ngga sengaja nonton acara yang ngebahas tentang Red Light n' White Light. Jangan bayangin tulisan ini bakalan cerita tentang Red Light District, sama sekali ngga ada hubungan ya!

Klo Bingung tentang deskripsi Red Light(RL) ama White Light(WL), bayangin aja bolam lampu : yang satu putih terang(kek lampu neon pada umumnya), sedangkan yang satu lagi agak kemerahan/orange/kuning(kek lampu2x jadul itu). Jadi udah bisa kebayang kan? Nah klo ditanya apa bedanya antara kedua lampu ini? Udah jelas warnanya beda dan kebanyakan org jaman skrg lebih milih WL karena lebih hemat energi + lebih terang. Tapi ternyata, kalo ditanya tentang keuntungan dari kedua lampu ini antara WL ama RL punya kenggulan masing2x yang ngga pernah kebayang sebelumnya. Ini dia info yang aku dapetin dari acara TV semalem.



Liat gambar diatas deh... Itu sekedar penggambaran tentang sunset. Kenapa kog sunset warnanya merah? Itu karena jarak cahaya yang terpancar dari matahari dalam posisi yang paling jauh dari mata kita. dan dari situ bisa kita lihat kalau sebenernya warna2x laind ari matahari akan berpendar n' memantul ke segala arah(entah itu kepantul udara/uap2x air) sebelum sampai ke mata kita. Jadi intinya, hanya cahaya warna merah yang daya jangkauannya paling panjang/jauh. Nah, kalo ditanya kenapa kalo siang warnanya putih/terang, itu karena diwaktu siang hari matahari tepat ada diatas kita dan saat itu jaraknya menjadi paling dekat dengan kita, jadi agak kurang jauh buat merubah warnanya jadi merah. Jadi ini sebenernya tergantung jarak ama penghalangnya(udara,air,partikel2x lainnya).

Nah klo di TV percobaannya yang pertama dibuktiin dengan senter RL n' WL yang dipakai buat berjalan nembus ruangan berasap. Ternyata sinar RL bisa terlihat lebih dulu dari jarak yang lebih jauh dari sinar WL(bedanya sekitar 5m). Percobaan kedua dengan semacem aquarium(sepanjang 2-3m) untuk simulasi bumi. Pertama2x diletakin 1patung kecil diujung kiri aquarium, lalu dibagian atas ditengah2x aquarium dipasang lampu(pake yang agak kuning tapi putih~ binun kan^^). Nah nantinya lampu ini diibaratkan seperti matahari. Waktu lampu ada diatas aquarium, isi aquarium kelihatan putih dan jelas. Nah nantinya pelan2x lampu dipindahkan sampai ada diujung sebelah kanan aquarium(arah berlawanan dgn si patung). Dan entah bagaimana... air yang tadinya berwarna putih akan pelan2x berubah warna seperti gambar diatas. dan dari posisi si patung kecil akan seakan2x melihat sunset dan bagian yang dekat lampu akan tetap putih/terang/silau. Jadi ternyata, sinar yang dipancarin begitu kena air langsung berpendar kemana2x, makanya bagian yang paling dekat lampu bakal keliatan putih menyilaukan, dan cuma cahaya warna merah yang bisa tetep lurus sampai jauh.

Percobaannya ga cuma sebates buat ngebuktiin tentang sunset aja ternyata, tapi berhubungan dengan penggunaan lampu dalam kehidupan sehari2x. Ternyata penggunaan lampu neon biasa, dianggap terlalu menyilaukan buat sebagian orang. Alasannya? karena mata kita sendiri berisi cairan, dan otomatis begitu ada sinar yang masuk cahayanya bakal berpendar kesana kemari sebelum bener2x sampai di retina mata. Nah yang jadi masalah, dengan bertambahnya umur ada kemungkinan cairan2x tsb mengalami pengapuran(semua org pasti mengalami cm kadarnya aja beda2x) dan kalau udah parah akan menyebabkan katarak. Ternyata buat mereka yang menderita katarak, cahaya putih yang terlalu kuat akan membuat mata mereka menjadi sangat silau sampai2x sulit untuk membaca atau konsentrasi. Sedangkan kalau mereka pakai RL, tingkat kesilauannya bakalan jauh berkurang karena sinarnya bisa langsung lurus lebih jauh dan tidak kemana2x.

Ngga cuma itu, dan biar ngga terlalu panjang tulisannya... ternyata WL berpengaruh terhadap indera pengecap, karena ternyata lidah kita menjadi lebih peka dibawah sinar WL. Sekelompok koki coba membedakan teh2x yg dikasi perasa dibawah cahaya WL bisa tepat menjawab sampai kadar gula yg bener2x dikit banget. Tapi begitu dibawah RL mereka jadi bingung ngebedain-nya. Selanjutnya RL ternyata memacu fungsi kerja ginjal, jadi kalau makan di bawah lampu RL bisa tercerna lebih baik. RL dan WL juga dicoba untuk menyinari sekelompok tikus dan ternyata : tikus2x RL jadi lebih cepat tidur bahkan sampai nyenyak banget(ditoel2x pun ga bangun), sedangkan tikus2x WL ga semuanya tidur bahkan ada yang sampai bangun lg pun ada yang belum sempet tidur sedang tetangganya si RL udah pada bobo semua.

Jadi kesimpulannya :
- Lampu dapur sebaiknya WL biar ngga keasinan ato kemanisan.
- Lampu ruang makan sebaiknya RL, karena ginjal bekerja lebih baik + daging n' ikan jadi keliatan lebih enak katanya.
- Untuk orang tua, lampu RL lebih tidak menyilaukan.
- Dan untuk diruang tidur, sebaiknya pakai lampu RL biar lebih nyenyak walaupun dengan nyalain lampu.

Gimana menurut kalian?

4 comments:

  1. Saya pake WL buat dapur..^^v Rasa? ah..sama aja ah. wahaha..
    Lampu tidur..Ga pake lampu..^^; Hemat listrik.. :p

    Ellen

    ReplyDelete
  2. hahaha.. krn itu lu yg masak lu yg makan sendiri len =D
    Klo yg soal lampu kamar itu, sebenernya lebih kearah suasana.. supaya lebih gampang ngantuk aja, klo tidur ma emang lebih bagus gelap kog...

    ReplyDelete
  3. gut, gut.. sekarang gua tau kenapa gua insomnia..
    (ga juga sih) :P

    ReplyDelete
  4. haha.. tdnya gw ga demen lampu warna2x kuning loh. eh Tapi akhirnya malah kebiasaan, jadinya skrg gw dah jarang banget nyalain lampu neon gw kecuali pas mo nyari barang, keknya lebih bikin suasana kamar jd soft~

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...