Saturday, January 11, 2014

Tahun Baru, Berita Baru

Bingung mau mulai cerita dari mana, tapi sebelumnya Selamat Tahun Baru 2014 dulu deh buat yang mampir kemari. Mungkin ini bakal jadi cerita panjang yang agak-agak membosankan, jadi siap-siap ya. Tadinya aku ngga terlalu niat buat nulis blog lagi, tapi rasanya sayang juga karena kalau ngga ditulis pasti bakalan lupa nantinya.



Jadi menjelang akhir 2013 ini, aku jadi jarang online, nulis blog, blogwalking bahkan ninggalin komen ditempat temen termasuk henpon sendiri pun kadang lebih sering aku biarin abis batere tergeletak entah ada dimana dengan message yang mungkin udah ngga tau numpuk banyak banget bahkan terbengkalai. Mungkin ada yang mikirnya aku sibuk kerja atau lagi traveling kemana gitu.... Sebenernya aku sih ngga kemana-mana karena hampir dua bulanan itu keluar rumah juga kalo ada hal yang kepepet banget atau kalau pas harinya ke gereja sama kunjungan ke dokter. Selain itu dirumah aja selama 24 jam. Trus kalau ada yang mikirnya aku sakit parah, ya engga juga... soalnya ini bukan sakit sebenernya tapi sesuatu yang wajar. Jadi kalau ada yang nebak hamil, nah ini bener hahahaha... (ayo kasih tepuk tangan).

Akhirnya kan....

Ini pertama kalinya bikin pengumuman ditempat umum. Bahkan di FB atau di sosmed lainnya aku sendiri ngga bikin pengumuman. Cuma temen2 yang disini sih udah banyak juga yang tau karena yang biasa "sok eksis" tapi tiba2 menghilang gitu aja dari peredaran bahkan ga bisa di hubungin karena henponnya dicuekin, terpaksa si suami yang klarifikasi. Sampe ampir semua undangan acara atau message yang dikirim ke aku kadang aku suruh si K yang ngecek & balesin(pokoknya aku ngga perduli~). Nyokap aja sampe khawatir karena dicuekin anaknya sendiri. Jadi ucapan selamat natal & tahun baru ampir semuanya telat dibales deh....

Ini ceritanya dimulai dari waktu adekku dateng kesini. Sebenernya udah ada feeling sih, tapi kita cuek aja karena sibuk juga ama acara jalan-jalan dan belum terlalu berharap lebih karena bulan sebelumnya itu udah beli TP hasilnya negatip, jadi mo nunggu aja sampe telat banget. Tapi trus si bu dokter alias adekku ini, nyuruh beli aja buat tes begitu balik dari Kansai soalnya sempet flek dan emang dah telat 3hari(berhubung jadwalku tu teratur banget). Dan seperti biasa, yang pergi beli TP itu si K(saking istrinya cuek gini)... 
Cukup sekali aja, hasilnya ada dua garis dan ngga pake test lagi udah yakin lah kita karena hasilnya emang beda banget ama yang bulan sebelumnya. Jadi yang pertama kali tau berita ini, adekku ama suaminya. Dan Pas harinya dia balik ke Indo, kita nganterin mereka trus langsung mampir ke klinik. Soal pilih klinik ini juga, yang survei tentu saja si K..... kenapa? Soalnya aku pake alesan aku mumet klo baca website Jepang. Jadi semuanya dia yang cari tau, klinik ama RS dideket tempat tinggal kita trus reviewnya gimana dan lain sebagainya, terutama untuk orang asing ya.

Pertama kali dateng ke klinik, disuruh isi form pertayaan & test urine. Oh ya, yang sempet bikin aku kaget diformnya itu ada pertanyaan "apa mau melanjutkan kehamilan ini?", kalau orang yang jawab engga trus gimana ya? masakah?.... Abis itu kita nunggu buat dipanggil ketemu dokter. Disitu kita dikasih tau kalau hasilnya memang positif. Nah selanjutnya si dokter bilang kalau bakal check lebih lanjut.... buat yang udah ada pengalaman, pasti tau kalau masih dibawah 10w biasanya diperiksanya seperti gimana kan? Aku bengong donk, tapi manggut2 aja trus dianterin ama susternya buat siap2. Untungnya ngga seserem yang aku bayangin dan ngga malu-maluin juga karena ada tirainya(jadi aku ngga bisa liat prosesnya gimana) plus susternya juga ramah2. Jadi si dokter jelasin pemeriksaannya bakal kek gimana trus ditempat masing2 juga ada monitor sendiri2 jadi dia ngomong dari seberang tirai sambil kasih mark di monitor dan aku bisa liat sendiri dilayar tempat aku duduk. Sebentar doank sih dan ngga sampe horor gimana, mungkin karena ni dokter mukanya tu kaya obat penenang.

Untuk pertama kali ini, dokter bilang masih 5w... dan itu itungannya juga plus minus ya karena yang keliatan itu baru ada penebalan, jadi disuruh balik lagi 2minggu berikutnya. Jadi cuma gitu doank, ngga ada dikasih vitamin dll trus bayarnya lumayan~ Nah ternyata ya, kalau masih awal2 gitu, dianggepnya kaya masih belum bener2 hamil. Jadi mereka bisa kasih jaminan hamil itu kalau udah keliatan denyut jantung dan beneran survive janinnya. Jadi kaya semacem nunggu seleksi alam gitu, dan ngga bisa klaim asuransi juga karena bukan sakit dan statusnya belum dihitung hamil. Pantes adekku bilang klo periksa ke dokter kadang nunggu telat 2minggu aja sekalian daripada ngga keliatan trus disuruh balik lagi.

Waktu balik 2minggu berikutnya, periksa dalem lagi. Disini baru mulai keliatan ada rongga(sebelumnya cuma ada penebalan), trus diujungnya ada titik kecil banget yang kedip-kedip. Waktu ngeliat layar monitor rasanya gimana gitu, jadi ikutan dag dig dug seneng ngga nyangka kalau manusia itu awalnya cuma sekecil itu. Dokternya bilang semua oke, trus rahimnya juga bersih jadi tinggal tungguin perkembangan selanjutnya. Mulai dari sini, kita udah boleh claim ke kantor pemerintah supaya dapet tunjangan buat Ibu hamil. Jadi kita dapet buku catatan Ibu & Anak, dapat buku penjelasan dan tanda untuk digantungin di tas kalau pas jalan-jalan(jadi kalau dikereta ngga sungkan buat duduk di bagian priority seat).

Diminggu2 awal ini aku masih sehat bugar banget loh. Bahkan saking aktifnya aku udah plan mau begini begitu buat acara Christmas sampe numpuk jadwalnya yang memang udah sempet sibuk dari bulan Nov. Tapi ternyata oh ternyata, itu ngga berlangsung lama... ngga tau ada angin apa tiba-tiba aja gitu aku mulai deh lesu-lesu kaya ga enak badan trus muntah-muntah ngga karuan sepanjang hari. Aku lupa pastinya dari minggu keberapa, tapi yang jelas jadi ngga bisa makan minum sampe laper & haus banget, begitu diisi ngga pake lama langsung keluar lagi(bener2 dalam itungan detik), dan ngga diisi juga tetep muntah(serba salah). Mending klo cuma hoek sekali trus selesai, tapi yang ini ngga selesai2 bisa lama banget, rasanya kaya semua isi perut itu disedot jadi biarpun udah ngga ada isi tetep ketarik keluar sampe sakit banget perutnya. Kata mertua sih emang klo mualnya orang hamil tu beda ama orang mabok darat dan sejenisnya. Itu sehari minimal 3x lah, dan kalau ngga muntah rasanya keajaiban banget buat minggu2 itu.

Masa-masa ini juga, namanya pergi keluar rumah itu kaya momok buat aku. Soalnya jalanan jepang kan bersih banget tuh, klo pas mual dijalan ntar gimana coba? Trus muntahnya masih super lebay juga... pernah kejadian aku baru pulang dari gereja turun dari kereta mabok banget rasanya. Udah mual gitu, berusaha nahan supaya cepet sampe dirumah yang cuma semenit dari stasiun aja ga keburu, jadi pas ketemu si K dijalan aku langsung melipir cari got buat muntah(maap ya jorok), pause bentar trus lanjut lagi dirumah. Pernah juga didalem stasiun sendirian, pas transfer kereta tiba2 mual banget dan ga WC didalem(harus keluar ticket gate), aku sampe stress banget antara nahan mual atau mau keluar lagi tapi ngga bisa ngomong(karena lagi mual) ke petugasnya buat keluar gate mana harus naek2 tangga.... (ini lebih parah lagi) terpaksa telen lagi.

Padahal waktu itu masih sempet-sempetin kerja, tapi mungkin karena ada pressure & stress juga mau ga mau harus bertahan ga boleh mual-mual jadinya masih bisa ditahan. Tapi jadinya kalau malam aku ngga bisa tidur. Tadinya si K udah sempet bilang, apa aku harus sering2 keluar rumah supaya ngga mual2.... Soalnya begitu kelar dari kerjaan yang ini, aku balik kerumah trus keadaanku balik lagi dan kayanya makin menjadi-jadi deh(udah kaya zombie dirumah cuma bisa meringkuk di bed atau sofa). Tapi kayanya semenjak itu keluar rumahpun udah mulai ngga mempan, kayanya sih karena cuaca udah mulai dingin banget dan aku ngga tahan. Makanya yang parah itu kalau udah mulai malem, muntahnya makin menjadi-jadi deh padahal kata orang kan harusnya morning sickness ya. Jadi tiap hari aku cuma bisa baring2 lemes kalo ngga di kamar ya disofa trus bolak balik WC buat muntah. Anehnya udah muntah juga bisa-bisanya diare, padahal makanan yang masuk aja ampir ga ada... Jadinya ya lemes banget & pusing. Sejak itu juga akhirnya kita pasang heater sampe polll dirumah, trus beli tambahan heater juga supaya anget.

Aku sampe suruh si K survei, nanyain orang2 juga harus gimana supaya bisa makan & minum. Tapi kayanya pengalaman tiap orang beda2 ya. Udah dicobain semua tapi ngga ada yang mempan. Sampe aku sempet sedih banget karena takut anak kita kenapa-kenapa. Soalnya keliatan banget berat badanku udah mulai turun terus, kita sampe beli timbangan akhirnya. Trus perutnya juga makin mengecil(biasanya agak2 buncit gitu soalnya klo normal), paha ama lengan juga jadi menciut... sampe kadang klo pas lagi showeran aku malah nangis loh, soalnya klo ngga hamil trus kurus sih ngga apa2 ya, tapi ini kog malah serem banget rasanya.

Saat-saat gini, aku bersyukur banget punya suami kaya si K. Dari pagi sampe malem, dia yang ngurusin aku & semua pekerjaan rumah(nyuci baju, piring kotor, ngevacuum, buang sampah, dll).... Dari bangun tidur udah dibawain minuman anget ama sarapan, ditanyain mau makan apa hari itu dan dia bakal pergi beli buat aku(biarpun akhirnya mubazir juga karena lebih sering dimuntahin lagi), sebelum tidur udah disiapin heater disisi tempat aku tidur. Kalo pas muntah pun seringnya ditemenin di WC, diambilin minuman anget sambil gosok2in punggung. Tapi waktu minggu2 itu, karena aku hampir eneq dengan semua jenis makanan, akhirnya cuma makan croissant, kentang rebus atau kentang McD(aku tau junk food ga baek tapi drpd ga makan), buah & minuman juga harus dirotate gitu 2 hari karena setelah 2 hari aku bakal eneq banget ama minumannya plus masih ngga bisa minum aer putih. Gitu terus deh selama sebulanan kira2nya. Dan berat badan ini sedikit demi sedikit bukannya naek tapi turun terus mungkin sekitar 3-4kg gitu.

Waktu ini juga beberapa temen udah pada tau... responnya sih macem2 ya tapi banyakan yang pada kasih semangat buat menghibur, trus banyak yang nawarin mo dimasakkin apa(klo ngidam)?... sayangnya aku ngga ngidam & lagi ngga terlalu bisa makan jadi ngga kepikiran gitu. Tapi emang ya klo hamil itu aer liurnya parah banget sampe kadang gemes pengen nyiapin ember ama selang. Tapi ya ada juga yg kayanya gimana gitu, mungkin kesannya aku ngga makan jadi kurus trus apa aku ngga usaha buat makan atau bahkan ada yang kesannya itu seperti kita yang ngga ngarepin anak(ngga siap)..... Mungkin aku yang nanggepinnya lebay ya, tapi dalem hati rasanya gimana gitu... Udah pengen marah sebenernya tapi aku cuma jawab, kalau udah berkeluarga ya harus siap lah punya anak(trus merengut). Memang kadang kita punya rencana, tapi aku selalu percaya klo rencana Tuhan itu lebih besar jadi kita selalu terima itu dengan suka cita dunk ;) Termasuk anak ini... nanti kapan2 aku ceritain deh hal luar biasa laennya yang aku sendiri ngga kebayang sebelumnya....

Salah satu yang bikin tenang juga, kalau pas ketemu dokter.... Dokternya ini emang mukanya kaya obat penenang banget. Waktu 9w kan masih mual parah, trus timbangannya juga masih turun... Karena keseringan muntah juga aku jadi kena radang tenggorokkan trus jadi flu(mungkin kurang asupan gizi juga + dingin). Dokternya pas periksa bilang masih ngga papa, soalnya si anak pasti kuat trus dia tunjukkin kalau udah mulai ada lingkaran putih yang jadi sumber gizi buat si baby jadi aku ngga perlu khawatir biarpun ngga bisa makan. Jadi sempet disuntik juga sih(gantinya infus), buat ganti kalau ngga bisa makan... sebenernya kalau sampe parah banget(sekeliling bibir udah putih), harus masuk RS. Disuruh ganbatte, sampe sebulanan lagi bakal kemungkinan mualnya masih lanjut tapi disuruh jangan terlalu paksain diri juga jadi klo udah lemes dateng aja minta disuntik.

Minggu ke 11, pas banget dengan Christmas.... udah mulai mending karena udah bisa makan biarpun ngga banyak dan muntah juga berkurang banget(mungkin udah mulai jago buat nahannya). Waktu ke dokter, dikasih denger suara detak jantung babynya. Aku sampe ketawa2 trus dokternya terpaksa ulang record lagi, alhasil foto yang dibawa pulang jadi burem2 deh :P btw dari awal & tiap kunjungan kita pasti dikasih bawa pulang hasil fotonya. Kata dokter udah tambah gede, 37mm gitu. Berat badan masih ngga naek2 & kadang masih turun tapi perutnya udah mulai keliatan sih.

Minggu ke 13, kurang lebih masih sama kaya waktu 11w. Udah bisa minum aer putih, makan juga ngga terlalu milih lagi kecuali yg baunya menyengat/bawang2an & udah benci ama kentang McD. Mualnya masih ada tapi lebih bisa dikontrol jadi ngga tiap hari muntah, cuma berat badan aja yang ngga naek2, jadi ada alesan buat makan es krim ama cake. Aku sempet khawatir karena kayanya yg sebelum ini si baby kecil banget, tapi waktu periksa lagi udah gedean sih mungkin udah mau ampir 6cm. Ini si bapaknya ga bakat baca grafik malah nyeletuk "oh 60cm ya dok..." si dokternya jadi ketawa2 trus bilang "itu klo udah lahir ya pak"... Jadilah karena kali ini gantian dokternya yang ketawa2 fotonya juga burem lagi deh :P Tapi karena kita dikasih yg 4d bisa keliatan bentuknya, kayanya sih idungnya ga jauh2 dari bapaknya. Oh ya, karena pake tunjangan pemerintah & asuransi, kadang kita periksa2 gini termasuk USG ama test darah tu murah banget bayarnya(ngga kaya waktu pertama kali) bahkan waktu dapet foto 4d dan yg usg ini kita cuma bayar 610JPY, ini juga bayar kayanya gara2 aku minta obat sembelit :D


Sekarang, biarpun aku masih lebih banyak dirumah karena ada hari-hari yang emang badan bisa berasa payah banget rasanya, tapi udah mulai terbiasa.... plus terbiasa menerima keadaan badan sendiri yang ternyata kompleks banget. Soalnya kulitku jadi banyak problem, dimuka ini aja jadi ada satu kutil gede banget yang entah kenapa bisa ada disana trus jerawatan juga, dibadan jadi ada bagian yang berulang jadi kaya sunburnt(merah gosong) gitu trus nantinya ngelupas...sakit sih, tapi terimalah kenyataan ceritanya. Masih benci banget ama bau kulkas, makanan mentah, dapur, nasi yg lagi dimasak, bawang, cucian yang kena matahari, dll. Masih susah tidur malem juga, masih sering encok di pundak ama punggung karena dingin. Aku sih cuma berharap musim dingin cepet lewat karena aku sebenernya ngga tahan dingin. Tapi sayangnya tahun ini bakal jadi salah satu tahun yang terdingin.....

Aku sendiri sekarang jadi salut ama ibu-ibu yang udah pada punya anak. Aku juga banyak dapet masukkan & belajar dari ibu2 disini apalagi yang pada jauh dari keluarga jadi segala sesuatu mereka urus sendiri. Ngga kebayang dulu nyokap kek gimana, punya anak banyak trus harus kerja segala sedangkan aku yang sekarang ngga kerja gini aja udah payah banget.... kadang ngerasa bete juga karena berasa useless atau mungkin memang aku yang kurang usaha. Apalagi ngeliat suami sendiri kerja keras banget buat ngelayanin istrinya dan biarpun diketawain karena harus gandeng bumil yg jalannya kek siput & tangannya abis buat dipelintir&diremes2 tiap ngerasa mual banget dijalan. Tapi mungkin aku harus lebih banyak-banyak bersyukur kali ya...... karena mungkin lewat momen2 sekarang bisa buat aku belajar juga. Karena ternyata banyak orang yang baek banget disekeliling aku, harus lebih banyak empati ke orang lain, ngga boleh nyepelein hal-hal kecil(kualat karena awal2 hamil mikirnya bakal ga mabok ama bau2an atau makanan & bisa jadi super woman) tapi kenyataannya lemah banget.

Sekian dulu deh ya postingan yang panjang ini... Mohon masukkannya juga dari para ibu2 blogger yang udah ngelewatin fase2 awal kehamilan supaya aku bisa terus survive dari mual-mual ini hahaha... Buat bumil yang masih berjuang juga tetap semangat ya, tolong doanya juga buat kami berdua yang bakal jadi orang tua dalam beberapa bulan kedepan ;) Dan buat yang masih berjuang buat punya momongan, jangan menyerah ya~

PS : setelah sekian hari, akhirnya kelar ditulis... tekan tombol publish sambil deg2an :)

33 comments:

  1. Waaa congraaaats !!!semoga semuanya lancar sampe lahiran ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks wen...
      btw lu ke jepunk ya? Sorry gw malah ngga inget, sadarnya pas abis new year gitu... jadi ngga ketemuan deh kitaaaa~

      Delete
  2. Ingeeee..tau ga sih kmrn ini g baru bertanya2 sendiri si inge kemana ya udah jarang ngupdate socmed. Instagram jg jarang upload foto baru..pengen nanya tp takut kepo. Akhirnya ketauan juga kenapa..hehehe

    Happy to know it's because of good news.. congrats yaaa..
    Smoga makin kesini pregnancynya makin gampang yaa..
    Smoga sehat2 lancar sampe due date..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah males ngapa2in na, soalnya berasa ngga enak semua hahaha..
      thx ya :D moga2 klo cowo segondrong koko Kenny yg ganteng :D

      Delete
  3. congratz yah! akan ada postingan bumil nich :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankss...
      pengen posting tapi kayanya bakal bosen klo denger keluhan bumil nih :P

      Delete
  4. ingeeeeee!!!! aih aih aih!!! congrats!!!!!! happy for both of you!!!!!!!!:) hug

    ReplyDelete
  5. aakkk... Ingeee...congrat yaaaa....selamat tahun baru jg buat mu en K...hehehehehe...

    smoga sukses melewati masa-masa mual yaaa,trus sehat terus baby en mamanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... semoga ini yang berat2 udah lewat, tinggal makan yang enak hahahaha :D

      Delete
  6. congrats ya Ngeeee ^^
    Sehat sehat :)

    ReplyDelete
  7. Inge!, udah lama gak mampir, tau tau nya udah hamil....congrats yak!
    semoga lancar dan sehat-sehat terus...

    ReplyDelete
  8. baca postingan sblmnya yg bilang kamu lagi alergi online, aku sambil nebak2 jgn2 hamil, pas liat postingan ini ada judulnya berita baru, kayanya tambah yakin, eh eh ternyata aku benar hahahha.
    congrats yaaaa, smoga ibu dan baby diperut sehat2 selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... sayangnya yang nebak bener ngga dapet hadiah ya ini ^^
      Thanksss ya :D

      Delete
  9. Congrats ya... Terrnyata perjuangan ibu itu udah dimulai dari sejak hamil... Tapi beruntung banget dapet suami yang pengertian..sehat selalu ya sampe delivery ntar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, tadinya juga ngga ngerti gimana perasaan temen2/sodara yang udah pernah hamil. ternyata oh ternyata.... Thanks ya :D

      Delete
  10. Kyaaaa congrats nge! *pengen jump up n down tp ni lg nyusuin baby E haha* ganbatte yah! Gw pas baru pulang dr lombok jg tiba2 morning sickness ampe sempet mikir ga mau hamil lg lol tp in the end the baby is worth every discomfort n pain :D
    Waa jd ikutan excited *big hug*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Klo morning sickness nya boleh di skip aja yaaaa....
      Kata bapaknya, gimana ini kita mau punya anak banyak hahahaha....
      Btw thanks ya va, ntar si dede bisa maen bareng klo ketemu koko E ^^

      Delete
  11. congratz inge! sehat2 terus ya ampe lahiran nanti :)

    ReplyDelete
  12. Selamat yah Inge dan K :) gpp, namapun awal2.. Temen sebelah gw nih lagi hamil, sama dia juga waktu awal2 mual muntah terus. Dan syukurnya gw org nya ga jijian, jadinya cuek aja. Ishh.. Siapa tuh yg ngomong dirimu ga siap, ga usah didengerin.. Selalu aja ada komen2 geje kek gitu yah..

    Yang penting sehat dan nikmati masa2 ini.. Turut berbahagia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...klo udah ada temen yg hamil duluan, belajarlah banyak2 supaya bisa ngertiin... ngga kaya gw, mikirnya ga bakal susah2 & pasti gampanglah malah tepar akhirnya :D

      Thanks ya Py :D

      Delete
  13. congrats!!! pengen tau inge dulu priksa awal2 kayak gmn? dimasukin ato diusg? *tanya ga jelas hahahha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. yang itu Pin *wink* pokoknya klo dibawah 10w itu yang selain usg perut ya *ngerti kan* hehehe...
      Thx ya~

      Delete
  14. Ingeee! Congrats yaaa :) semoga masa mual2 nya cepet berlalu, baby dan mama nya jg sehat2 terus ;)

    ReplyDelete
  15. Congratss Inge, percayalah semenderita2nya pasti berlalu.. Udah 2 kali begini soalnya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, semua suruh sabar2 sampe 15w... untung dah lumayan lah skrg ini. ^^
      thanks ya el.

      Delete
  16. inge congratz yahh , sehat2 lo an si jabang bayi sampe lahiran nanti

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...