Thursday, April 23, 2015

9 Bulan Baby R


Sebenernya 9bulannya si baby udah lewat lama. Tapi karena baru minggu ini ada pemeriksaan lagi ke dokter(3bulan sekali), jadi aku catet aja deh sekalian di blog.

Perkembangannya biarpun bobotnya ngga naik berbulan2 atau belum bisa merangkak atau berdiri, tapi kata dokternya masih normal & baik-baik aja. Jadi aku tenang-tenang aja sih meskipun kadang-kadang ada rasa khawatir juga, solanya newbie soal anak. Cuma aku jarang pergi ke dokter belakangan, bahkan kalo dia pas sakit juga aku ngga pergi soalnya dari awal udah dibilangin kalo ngga perlu dikasih obat kalo ngga emergency, trus dokternya juga antri mayan parah & ngga gratis walaupun murah sih(soalnya kalo yang didaerah Tokyo pada gratis, tapi obatnya sih sama2 gratis).

Trus selama check up kali ini, ditanyain ritme sehari-hari dirumah itu gimana & ada kekhawtiran atau keluhan apa ngga? Sebenernya aku juga bingung mau nanya apa aja tapi klo pas keinget ya udah aku suruh asistennya catetin. Pertanyaanku itu kurang lebih kaya dibawah ini :
- Apa ada efeknya kalau anak jarang ketemu orang?(maklum kita biasa cuma berdua karena ngga ada sodara).
- Baby R ada bintitan dimatanya tapi ngga meradang.
- Berapa jam waktu tidur buat anak seumuran dia.
- Kalau ngga mau makan, cuma dikasih makanan yang dia seneng aja apa boleh.
- Baby R susah pupup kalo ngga dilepas popoknya, jadi biarpun udah ngeden beberapa kali sehari, kalo ngga dibukain popoknya kadang pupupnya ngga keluar.

Soal ketemu orang itu kata dokternya ngga terlalu gimana-gimana, tapi memang ngaruh juga sih ke si anak. Jadi misal ngaruhnya ke soal makan. Karena dia jarang liat orang makan, jadi ngga terlalu mau makan juga jadinya. Sedangkan kalo aku paksain makan banyak-banyak didepan dia juga bisa tapi sambil akunya makan sambil nyuapin dia juga jadinya ribet, jadi agak susah kata dokternya. Trus anak makan apa itu juga tergantung mamanya, karena apa yang kita ngga suka tapi mau kita paksain kedia ya juga ngga bakal kemakan. Jadi harus bikin sesuatu yang menurut mamanya enak & mungkin bisa tunjukkin pas makan ke anaknya. Udah ngga terlalu ada batasan soal makanan karena dokternya sendiri dari bayi udah dikasih makan kimchi yang pedes-pedes kata dia(ampun deh), sama kaya orang india makan kare kata dia. Jadi kalo mamanya makan kadal atau belalang, ya suatu hari anaknya juga makan itu karena udah ke set diotaknya itu enak pengaruh mamanya :P Ekstrim juga ya.

Soal makan ini aku test hari berikutnya pas ada persekutuan ibu-ibu. Si baby aku suruh liatin orang makan sambil akunya juga makan dulu. trus baru dia aku kasih makan. Beneran makannya banyak banget malah sampe kurang karena aku cuma bawa lebihnya sedikit. Memang bener hasrat pengen makan anak(terutama baby), kadang bukan timbul karena dia sadar kalau laper tapi kepengen makannya itu kalau udah liat orang laen makan baru otaknya ke switch "laperrrr". Dan sehari itu aku terpaksa makan sambil ngiming2i dia dulu jadi seharian porsinya double terus. Seneng deh jadinya. Cuma susah juga ya kalo harus gini terus karena maklum kita cuma berdua dirumah.

Soal tidur dokternya ngga bilang gimana-gimana, cuma aku ada kebiasaan tidur dia sambil digendong kalo pas siang. Cuma disuruh berenti supaya ngga keterusan tapi cara laen buat tanda mau bobo semacem ada handuk khusus buat dibawa bobo atau dinyanyiin. Beginilah nasib kalo kasih asi, anaknya kan jadi nemplok kaya perangko. Tapi karena 2mingguan ini kalo siang aku emang udah berjuang disiplinin dia buat kembali tidur di bed, ya lumayan juga sih. Tapi kalo pas aku ngga telaten ya digendong juga. Cuma sekarang pokoknya pagi tidur sekali, siang/sore sekali itu pokoknya taruh di bed setelah nyusu atau makan. Trus kalo dia kebangun & nangis2 bentar, aku diemin aja biasa dia bakal bobo lagi sendiri atau kalo udah jamnya bangun ya dia bakal mereda sendiri.

Sama kalau pas tidur siang ngga dibolehin dalam keadaan gelap, soalnya begitu gelap ntar badannya langsung respon klo udah malem jadi keluarin hormon apa gitu namanya. Nah ntar kalo gitu jadinya pas malem susah bobo. Jadi kalo malem gelap, siang ya tetep harus terang.

Kalau soal bintitan, kadang perlu nunggu setengah taon sampe ilang.. asal ngga bengkak gimana mungkin ngga terlalu masalah.

Trus soal pupup itu.. Kata dokternya kecepetan juga kalo mau toilet training, dan dia malah nanya apa anak di indo semua pada cepet lepas popoknya. Cuma dia bilang kalau susah pupup ya udah setiap abis selesai makan dianter ke toilet dudukin 5min, jadi sehari 3 kali karena anak bayi memang bisa sehari pupup 3kali. Dan emang si baby R ini suka ngeden2 pas waktunya makan. Mungkin aku juga kelamaan kasih dia makan jadi udah keburu kebelet juga, karena disini dibatesin waktu makan cuma boleh 30min aja dan kalo ngga kelar ya harus diberesin aja.

Nah kebetulan hari berikutnya aku cobain saran dokternya, sampe hari ini juga. Udah 3kali dia pupup sendiri di toilet. Antara seneng tapi takut juga kalo ini cuma sementara... cuma sejujurnya aku sendiri juga kadang males banget mau anter2 dia ketoilet gitu karena biasanya ngga terlalu berhasil. Tapi hari ini selain pupup, dia juga muntah di toilet gara2 ada dahak nyangkut(sia2 deh ngasih makan & nyusu). Tapi moga-moga abis ini aku bisa lebih rajin deh.

Trus soal dia belum berdiri dll, mungkin dibiarin aja dulu karena emang si baby masih belum napak sempurna(masih jinjit). Stress juga karena belakangan dia tu pengen berdiri & ngga mau ditaruh duduk gitu, jadi suka ngerengek dianya. Belum lagi ngesot kesana kemari ngegeratak makanin buku dll, sampah botol wine bapaknya pun di mut ama dia(udah disingkirin di ambil lagi dijilat2 trus dimasukkin mulut lagi). Cuma sekarang aku ngga pernah gendong lagi sambil masak, jadi kadang kalo nangis ya udah dibiarin aja tapi ntar sambil nangis dia ngesot kedapur (kasian banget deh kaya sinetron).

Selain itu, si baby Rjuga demen musik ama joget2 juga, suka liatin buku cerita, suka ngoceh-ngoceh tapi masih belum mau disuruh niru gerakan atau omongan orang.

Sekian dulu updatean yang 9 bulan ini.

6 comments:

  1. belum bisa merangkak kok udah bisa ngesot sendiri ke dapur, Nge? gaya ulet bulu gitu kah? hihhihi.. Eh iya, km berani ya ninggalin baby sendiri buat masak? gw suka ngeri sendiri loh, apalagi kalo gak di crib. kalo di crib ngeri kalo dia lompat atau kejedot..

    ReplyDelete
  2. jayden juga bobonya pake gendong... malemnya pake nenen hahahaha... kadang takut juga jadi kebiasaan, tapi dia ga bisa tepok2 pantat trus bobo... yg ada malah seger melotot matanya....

    ReplyDelete
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  4. Wahh suka joget2 klo denger musik ya? umur segini lagi lucu2nya nihhh..gemesinn

    ReplyDelete
  5. klo jingjit di titah aja, sama kek Zio dulu, duduk aja lom bener banget, tapi mau na berdiri yah di pegangin deh :) hahahaha, ah baby na montok lucu putih... errrr... gemesssss

    ReplyDelete
  6. I wish kita deketan nge!! mari kita saling bikin anak ngileeer..hahaha..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...