Wednesday, May 14, 2008

Mengeluh

:argh:Mengeluh, siapa sih yang ngga pernah ngelakuin hal ini. Aku sendiri bisa dibilang orang yang selalu ngeluh sama segala hal. Dari hal sepele yang ngga penting, sampai masalah gede yang sebenernya mungkin terlalu dibesar-besarin. Atau mungkin karena terlalu kritis, jadinya selalu merasa sesuatu itu kurang, tidak sesuai ukuran, tidak pada tempatnya dan tidak logis. Mungkin juga ini sifat dari Tipe A yang memang sukanya serba perfeksionis.

Balik lagi ke masalah mengeluh dan juga komplain. Kalau mau flashback ke belakang (dari jaman aku kecil dulu), aku mungkin satu-satunya anak mama yang paling sering ngebantah, marah-marahin ade-kakak dan juga mom(karena papa pendiem jadi aku ngga pernah ngerasa di-‘annoying’-in). Aku ngebantah karena ngerasa diperlakukan ngga adil, marah karena keinginan aku ngga pernah didengerin atau diturutin. Dan yang aku inget, aku bener-bener bisa jadi kasar banget, tapi bukan berarti aku ini brutal karena gini-gini aku juga cengeng & perasa(soalnya tiap kali dd/kk aku ada yang diomelin atau dipukul aku pasti lari masuk kamar trus tutup kuping & kalo mereka nangis aku juga nangis deh).

:devilishgrin:Selalu ngerasa “Kenapa sih kok seperti ini? Kenapa orang lain bisa dapet lebih bagus? Ah nyebelin! Emang ga bisa ngertiin aku apa? Duh, kog harus aku sih?”. Terlalu banyak ngeluh ngga cuma ke orang sekitar aku tapi juga ama yg Diatas. Tapi aku biasanya nyalurin keluhan-keluhan aku ke orang-orang yang memang deket & ada disekitar aku, buat orang yang ngga deket biasanya aku cuma nerima-nerima aja dan cenderung ngga bisa bilang “No” yang akhirnya kena imbas ke orang-orang terdekat buat nerima keluhan aku.

:ayokona:Kalau inget mom ama pa, aku bisa bilang mom itu cerewet tapi mom jarang banget ngeluh ama keadaan hidup kita dulu kekita-kita anaknya begitu juga pa. Padahal kalo aku pikir-pikir sebenernya kita anak-anaknya ini adalah sumber dari kesusahan, bayangin aja punya 4 anak yang dulu masih kecil-kecil & rewel, harus dibiayain makan, sekolah, les ini itu, dll, tapi sebenernya keadaan ekonomi juga ngga gitu bagus. Waktu kecil aku ngga pernah mikir kalo kelakuanku buat minta uang jajan tiap hari ke-papa, selalu minta dijemput kalo pas ke skul ato kemana aja & ngomel setiap papa jemputnya lama saking dah kelaperan kalo pas pulang skul itu sebenernya nge-rewelin, tapi papa ga pernah bilang kita anaknya bawel. Mom ngga punya uang aja masi sempet kasi anaknya makan, trus kalo makanan ngga enak kita yang selalu ngeluh & ngga mau makanin tu makanan, masi nyuruh kita sekolah tinggi-tinggi ditempat jauh padahal biayanya aja mahal, tapi tetep aja terkadang aku masi bisa mengeluh ngerasa ngga puas(pengennya sekolah diatas langit kali ya).

Waktu udah gede, kalo pas lagi kambuh, aku bisa ngeluh seharian tanpa berenti dan udah pasti yang diomongin tu semuanya yang jelek-jelek padahal aku sendiri kadang ngerasa ngga mungkin keadaan sejelek itu tapi mungkin karena lagi sebel jadinya pikiran aku ngelantur kemana-mana. Tapi ada saatnya aku ngga bisa ngeluh lagi keorang-orang sekitar, dan cuma nerima aja kenapa kog kayanya hidup tu menderita banget. Kalau udah gini ngeluhnya pasti pindah ama yang Diatas.

Sebenernya kalo dipikir-pikir, seandainya pikiran aku masi seperti kertas polos, aku pasti ngga bakalan nganggep segala sesuatu itu ngga indah ato ngga perfect dan udah pasti juga aku ngga bakal mempermasalahkan segala sesuatu yang aku terima. Tapi mungkin karena udah terkontaminasi ama keadaan sekitar, terkadang jadi timbul rasa iri & ngga puas. Itu sebenernya yang jadi masalah. Kalau aku bisa ngerasa lebih bersyukur ama apa yang aku punya, dan ngilangin yang namanya negatif thinking, aku yakin keluhan-keluhanku selama ini pasti berkurang banyak.

:anongnangyari:Aku mengeluh karena tak suka hari hujan, tapi seharusnya aku bersyukur karena dengan begitu sawah-sawah masi bisa diairi.
Aku mengeluh karena pekerjaanku membosankan, tapi seharusnya aku bersyukur karena masi memiliki pekerjaan dan mendapat nafkah.
Aku mengeluh karena tidak bisa menjadi sehebat teman aku, tapi bukankah kesuksesan di dunia tidak menjamin kebahagiaan surgawi.
Aku mengeluh karena merasa tidak diperlakukan adil, tapi seharusnya kamu percaya bahwa Yang Maha Adil pasti akan memberikan keadilanNya diakhir nanti.
Aku mengeluh karena nilai ujianku jelek, tapi tidak pernah belajar bahwa sifat malas aku sudah waktunya dibuang jauh-jauh.
Aku mengeluh karena membayar tagihan bulanan yang sepertinya terlalu mahal, tapi tidakkah bersyukur karena bisa mandi air hangat, memakai pemanas, tidak gelap-gelapan, dan juga ngobrol dengan keluarga yang jauh lewat telepon.

Mungkin kalo diterusin, listnya bakalan menuhin blog ini. Jadi intinya aku perlu lebih cuci hati & pikiran bahwa ngga semuanya itu buruk.

:hilo:

2 comments:

  1. good point.
    kayanya gua juga musti berenti ngeluh neh. :P

    ReplyDelete
  2. hahaha, just start a day with positive think that something good could be happen today & berenti ngeluh dipagi hari paling ngga menunda keluarnya keriput buat 1/2 tahun huahauha (klo ini boongan^^)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...