Thursday, September 22, 2011

Badai Pasti Berlalu

Ini bukan judul sinetron, tapi akhirnya badai nomer 15 berlalu juga walupun efeknya luar biasa. Selama ini udah cukup biasa dengan datangnya taifu setiap akhir musim panas, tapi rasanya kali ini cukup besar juga efeknya walaupun lewatnya cuma beberapa jam saja.

JPN termasuk negara yang lumayan banyak persiapan untuk menghadapi bencana alam, apalagi badan meteorologinya terhitung canggih karena biasanya ramalan cuaca itu berdasarkan perjam & sudah bisa dilihat dari seminggu berikutnya(walaupun akhir-akhir ini sering meleset juga). Jadi kalau kemarin si No 15 arahnya bakal kemana, sampai jam berapa, itu sudah bisa diprediksi dan kebetulan saja yg No 15 ini bukan Taifu labil seperti Taifu sebelumnya yang No 12 karena arahnya & kecepatannya serba ngga jelas mau kemana. Yang no 15 ini ngga pake malu-malu langsung terjang ke daratan.

Jadilah banjir &tanah longsor disana sini, padahal efek dari si no 12 masih belum sempet diberesin. Waktu si No 12 datang, banyak sekali tanah longsor di daerah Wakayama & yang longsor itu bener-bener parah sekali sampai di bilang tsunami tanah, mampetin sungai, ngilangin bukit, bahkan sampe bikin dam baru. Yang ditakutin nantinya air yang mampetin aliran sungai ini kalau suatu hari rubuh bakal bikin banjir bandang.

Belum selesai beres-beres dari si No 12, si No 15 sudah datang & lumayan bikin heboh. Terutama karena Tokyo juga dilewatin. Jadilah semua kereta berhenti & kejadian seperti waktu gempa kemarin terulang lagi. Semua orang ngga bisa pulang & ga mungkin pulang kalau hujan anginnya kenceng banget. Aku waktu nonton tipi antara kasian ama lucu ngeliat reporternya harus ngelaporin keadaan diluar sampe berdiri aja ngga bisa(doyong2) trus helm nya juga terbang2 mulu. Cewe2 yang pada pake rok juga kebingungan antara mau pegangin tas, rok, atau payung. Yang pasti pake payung udah ngga mungkin banget deh.

Semalem semua stasiun utama penuh orang, bus stop juga penuh, nungguin taksi juga ga ada, bahkan beberapa line kereta juga stop sama sekali. Sampe orang-orang pada duduk-duduk dilantai dengan muka kuyu saking udah cape kerja & cape ngelewatin hujan badai buat ke stasiun tapi ngga ada kereta akhirnya mereka cm bisa bilang. 都市・東京弱いな - antisipasi bencana di ibu kota ini lemah..... bete sih ngeliat kereta yang ga dateng2 tapi ngga ada orang yang marah2, karena mau ngamuk juga si penjaga pintunya bukan supir keretanya :P

Tapi ada hal menarik dari badai kemarin. Begitu si badai lewat, langit langsung cerah & berbintang, seakan-akan ngga ninggalin bekas kalau tadi ada badai(kecuali ngeliatin sampah yang berceceran di jalanan). Temenku malah sempet foto pelangi yang gede banget waktu lagi dijalan. Dan entah kenapa aku selalu suka sama cuaca sesudah badai.

Kadang aku mikir, badai ini kaya hidup kita ya. Kalau lagi ada masalah bertubi-tubi yang berat banget, setiap orang punya pilihan :
- menerjang badai dengan resiko kehujanan, payung rusak, tapi kemungkinan bisa pulang lebih cepat tapi bisa jadi tetep ketinggalan kereta.
- persiapin diri lalu pulang lebih dulu & menghindari badai.
- dengan sabar duduk manis menunggu si badai lewat baru pulang tapi resikonya pulang kemaleman.

Aku orangnya panikkan, kemarin aja sudah hampir pengen cepet2 pulang, tapi ga punya persiapan. akhirnya temen-temen pada nyuruh nunggu sampai si badai lewat drpd mengorbankan diri pengen cepet-cepet pulang tapi basah & ngantri keretanya parah banget. Akhirnya aku santai2 aja jalan keluar trus beli sandwich buat dinner & nungguin kereta ditempat yang agak sepi. Akhirnya bisa pulang deh~ Ternyata dari 3 pilihan itu aku jadi mikir kalau ngga selamanya kita "ngoyo/kerja keras" bisa membuahkan hasil yg OK mgkn sudah waktunya kita take it slow & coba relax buat mikirin hal lain dulu... bener kalo dibilang kekhawatiran hari ini ngga akan menyelesaikan masalah besok tetapi justru menghilangkan kesenangan saat ini....

Apapun masalahmu hari ini ingatlah kalau badai pasti berlalu....

PS : Happy Long weekend..soalnya besok aku libur nih hahaha :P


9 comments:

  1. Betul Nge.Terkadang kitanya yang udah wara wiri, heboh sendiri yah, hehehe. Good to hear you're ok!

    ReplyDelete
  2. yah... badai di g masih lom berlalu nich walaupun udah di terjang *curcol* hahahaha

    ReplyDelete
  3. nge, boleh minjem kata2nya utk taro di blog xanga gw ga??

    ReplyDelete
  4. @dadachan : hohoho thanks~ untung aja dah lewat nih^^

    @pitshu : hajarrr... *loh* hehehe. Tenang aja pit. Klo emang susah, duduk diam sejenak sambil berdoa aja dulu :D

    @^zai^ : silahkan zai :)

    ReplyDelete
  5. Iya Nge.. kadang memang kita perlu aga rileks dikit.. ga bole terlalu panik.. Gw juga sama kaya lo.. :p
    tapi syukurlah lo baik2 saja :)

    ReplyDelete
  6. Bener, Nge. Makanya kita kadang harus belajar dari alam juga ya:)

    ReplyDelete
  7. beteweeee Ellice ama Once in a lifetime laen org yak? sorry aku suka salah & kebalik2 klo ada yg namany mirip tu yg manaaaa gitu hahaha...

    Ellice : iya, ga boleh panikkan nih... tarik napas fuh fuh fuh hehehehe...

    Once in a Lifetime : Yes..kita bisa belajar darimana aja ^^

    ReplyDelete
  8. "kekhawatiran hari ini ngga akan menyelesaikan masalah besok tetapi justru menghilangkan kesenangan saat ini...."

    sumpah, gw suka kata² ini!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...