Friday, August 10, 2012

No Family Name

Di Indonesia, ngga semua orang punya family name. Entah namanya cuma 1 kata atau dari depan semuanya nama dan nama tanpa nama keluarga :P Tapi dikeluarga aku semuanya kebagian Family Name dan khusus buat aku ditambahin nama tengah karena lahirnya di waktu full moon :) Sebenernya nama keluarga ini juga entah asal usulnya dari mana karena papanya papaku ngga pake nama yang sama. Tadinya papaku cuma punya nama Chinese tapi karena pengen lanjutin sekolah(yang akhirnya ngga kesampean), dia bikin surat WNI yang kudu ada nama Indonesia. Jujur aku sendiri seneng aja punya nama berbau Indonesia dan bangga, karena ngingetin tempat lahir beta ceritanya :D Jadi sampai sekarang hampir ga ada yang tau ataupun manggil aku dengan nama Chinese ku, dikeluarga juga engga kecuali anak yang paling gede.

Beda dengan Mr. K. cuma punya nama 1 kata aja. Padahal semua sodaranya punya nama keluarga turunan bapaknya. Kadang-kadang aku ejekin "Ini mungkin udah capek kasih nama anak atau mungkin ga dianggep anakkah sampe dibedain begitu?". Tapi dia bersikukuh kalo namanya dia tu teramat sangat special. Karena keluarganya sengaja ambil nama dari bible, jadi biar sesuai ya sudah satu kata itu aja tanpa embel2. Tapi aku bilang ke dia, itu juga seharusnya "K bin Nama Ayah" kali~ :P Dan dia tetep ngga terima soalnya kagak tertulis katanya.

Eniwei, ngga punya nama keluarga mungkin ga masalah kalau namanya 2 kata atau lebih. Karena anggap saja salah satunya itu family name toh orang lain juga ngga tau. Tapi kalau cuma 1 kata aja??? -RIBET- karena setiap mau ngisi form registrasi pasti bakal ditanyain. Apalagi kalau ngisinya secara online yang sudah di validasi dengan "harus diisi". Kalau sekedar registrasi yang ngga penting-penting amat sih masih bisa dimanipulasi ya dengan taruh nama suka-suka hati karena toh ngga di cek. Tapi kalau macam registrasi kartu kredit atau pesen tiket pesawat keluar negeri? Ngga akan bisa diproses secara online karena fungsi validasinya ngga bakal lolos.

Jadi karena kemaren kita ada register macem2, si K akhirnya taruh di salah satu registrasinya Fullname : "K No Family Name", abis itu baru dia email minta di editin customer service. Sedangkan untuk credit card, jangan ditanya deh... namanya jadi aneh banget karena entah di split entah pake tambahan macem2 suka-suka yang bikin kartu aja. Pesen tiket pesawat pun harus lewat customer service.

Dan gara-gara pesen lewat telp itu gantian si Mr. K yang komplain "Hunniieee... your name tuh ya TOO LONG tau!! Syusah banget mau spell-nya krn orang sini jg susah nangkepnya sampe kudu ngulang2 jadi cape". Hahaha... ternyata nama panjang juga ribet ya. Tapi emang bener klo udah lebih dari 20 char, kadang susah klo mau ngisi kolom registrasi yang berkotak-kota atau kolom nama waktu ujian karena ga cukup. Nama di cetakan rekening pun juga ga muat, sampe buku tabungan juga kudu ditulis tangan karena sistemnya ga support.

Jadi lain kali kalau punya anak aku sudah rikues buat dikasih family name ala Indonesia dan jangan panjang2.

PS: Masalah nama masih berlanjut kemaren setelah tiket dibayar, si K pikir namaku salah jadi dia telp CS nya minta di benerin. Tapi abis itu dia baru ngeh klo ternyata udah bener malah jadi salah, akhirnya telp CS nya lagi minta edit. Untung ga kena denda~

10 comments:

  1. Hahahah... I have no family name too!!! Itu dia kemana-mana pake Leony Leony hihi. Waktu dulu kuliah ditanya mau pakai Leony FNU (Family Name Unknown) atau Leony Leony? Ya aku pilih option kedua laaahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha FNU ntar lagi ada marga FNU :D
      Iya biasanya di repeat sih. Cuma kadang ada yang ga boleh gt krn ga sesuai ID. Tapi ya mau gimana wong beneran ga ada hahaha *sesuatu yg ga bisa diterima orang JPN*

      Delete
  2. gue jg ga ada family name nge. Sama kayak leony, jd nama nya ditulis berulang gt. Kadang kalau isi form online suka gue kasi tanda "-" di last name nya tapi ga bisa :( abis ga demen gue liat nama berulang2 gt :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kmrn dah dicoba dari titik space setrip semuanya ga bisa karena nama org kan ga pake symbol & spasi doank dianggep null kadang. Jadi diisi no family name deh, trus submit baru email ke CS nya.

      Delete
  3. aku juga punya nama asli yang panjang bin susah spellingnya. sampe2 orang yang baru pertama baca namaku pasti salah baca dan aku harus benerin ucapannya:(
    sering kalo lagi ngantri sampe gak sadar kalo udah dipanggil gara2 petugasnya salah ucap nama dan bikin bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terlalu panjang juga ribet ya. Klo isi form sendiri masih gpp gampang isinya. Tapi klo disuruh bacain ke orang JPN, mereka pasti susah nangkep makanya aku juga cape, jadi selama disini namaku dipendekin akhirnya.

      Delete
  4. Aku pun tak ada namanya family!! Elrica elrica selalu! Ribet tapi gw juga bangga ama nama gw, kalo tanya bangganya kenapa? Gw juga ga tau, tapi bangganya aja single name * single name aja bangga ya?* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... tapi nama lu kan unik el, karena ada huruf "L"nya itu jadi ga ada/jarang yang nyamain kayanya.

      Delete
  5. emang bener ga ada nama keluarga
    tapi kenapa anak anakku aku kasih buntut namaku ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. itu cuma dirimu yang tau kenapa begitu berarti :D
      Tapi gpp lah, daripada ngga ada...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...