Friday, August 24, 2012

Tilang Sepeda

Dilarang Parkir & Dilarang Merokok
Orang Jepang paling taat peraturan. Naik kereta, bis, eskalator, lift semua kudu baris rapi buat ngantri. Nyebrang jalan juga kalau dijalan gede & rame pasti selalu ikutin rambu-rambu, kecuali kalau pas nekat trus tiba-tiba ada mobil patroli yang dengan kencengnya teriak "Jangan melanggar lampu setopan!!!", itu asli malu banget deh karena suaranya kenceng banget haha.

Tapi ada lagi yang banyak dilanggar............. PARKIR SEPEDA!!! Ini kalau dideket stasiun kadang sampe tumplek plek plek, penuh banget ama sepeda dipinggir jalan.Naruhnya si rapi banget, cuma kan dilarang karena tidak pada tempatnya & ngga bayar parkir yang udah disediain khusus. Biarpun ampir tiap minggu ada razia, tetep aja tuh pada ngga bosen-bosen buat ngelanggar malah semakin nekat pake gembok yang gede banget trus dikunci dipager pembatas jalan. 

Biasanya pas weekdays kalau ada inspeksi, sepedanya diangkutin ketempat penampungan. Trus di posisi TKP di tempelin kertas dengan tulisan tgl diambil & lokasi penampungannya.Nah nanti silahkan deh kalau mau nebus bias bayar sekitar 2rb-an(klo ngga salah) sambil nunjukkin ID, soalnya tiap sepeda ada stiker kecil macam plat nomer supaya bisa dilacak data pemiliknya. Temenku sendiri pernah markir didepan asrama, dicolong orang dan balik 3 tahun sesudahnya karena tu orang markir sembarangan :D

Sepeda yang diparkir-parkir sembarangan ini, semakin mahal harganya semakin gede rante buat nguncinya. Maklum harganya bisa mencapai harga 1 sepeda motor :D Klo yang digembok secara sadis sih biasanya ga bisa diangkut, cuma ditempelin surat peringatan/tilang. Trus sepeda-sepeda yang dipenampungan itu, katanya kalau ngga diambil2 entah terakhirnya bakal dihancurin buat diambil besinya, atau sepedanya direcycle (dijual ke negara lain yang butuh).

10 comments:

  1. pernah baca ceritanya ci will klo ga salah yg sepeda dia di tilang :), bayar tilang na ga seberapa, cuma pas mau ngambilnya sepedanya berjibun wakakakaka :)
    ah.. indo kapan yah bisa tertib gitu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayarnya tu mayan loh pit, klo dirupiahin kan udah 200,000 mungkin ampir 300rb apa ya skrg...
      Dan kadang tempat penampungannya diujung beruk gitu.. trus kudu bawa sepedanya pulang di genjot sendiri hahahaha.
      Diindo kudu digalakkin & klo aparatnya bersih ya bisa :D

      Delete
  2. huaaa sepeda markir sembarangan aja ditilang ya..
    disini mah belum bs kaya gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D Padahal kan klo diterapin lumayan bikin tertib2 plus dari duit denda2 atau tilang itu boleh lah naikin gaji aparat asal ga korup aja... tukang parkir aja kadang korup kan ya.. klo disini ma jujur & galak juga pdhl yg jaga tu kakek2 biasanya

      Delete
  3. keren dong...
    disini yang ge bermotor tuh merasa ga bersalah melanggar lalu lintas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ya sama lah, makanya disini jg pada markir sembarangan gt :P
      Tapi di Indo tu strukturnya emang udah ribet jadi susah mau lurusin benang kusutnya.

      Delete
  4. disini perlu diterepin tilang sepeda juga rasanya, banyak PRC yang sembarangan markir euy ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lu cetak stiker aja el trus tempelin di sepeda2 itu hahaha.. disini jg ditempelin stiker "melanggar hukum!!!" gitu.. tp mgkn ga sampe dipaksa suruh bayar tilang kecuali diangkut itu tadi.

      Delete
  5. jepang teroganizir bgt yak. sampe sepeda ada platnya jadi ilang bisa dilacak. keren :D

    ReplyDelete
  6. ada, tapi kecil ngel.. waktu beli emang dapet keknya dari yang jual.. aku lupa gimana cara registernya soalnya ga pernah beli sepeda cuma dapet hibahan hohoho makanya itu juga pernah ditanyain ini sepeda sapa?? trus tiap daerah warna stikernya beda, maklum maling sepeda lmyn disini :P

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...