Monday, October 29, 2012

Nano Nano Japan - 20 (Cepat, Ramah, Jujur, Akurat)

Pengen cerita sedikit tentang Jepang. Semakin lama tinggal disini, aku jadi makin ngga merhatiin hal-hal yang mendetail. Soalnya tipikal orang di Tokyo ini kan cuek banget, jadi misalnya pun ada kejadian apa gitu... jarang banget orang berhenti buat nontonin kecuali ada yang lagi niat perform(yang perform aja suka dicuekin kadang2). Tapi ada beberapa hal yang kadang masih bikin aku amazed karena ngga pernah tau sebelumnya.

1. Disini kalau bangun membangun rumah atau gedung itu kayanya cepet banget. Aku sih ngga tau ya perencanaannya berapa lama, tapi begitu areanya ditutup sampe bangunannya jadi itu biasanya cepet banget(klo rumah sekitar 3bulan & gedung apartemen 8bulan mungkin). Dan itu bersih banget karena dipasang penutup(setinggi bangunan yang mau dibangun) jadi kita ga bisa liat dalemnya, jadi tiba2 aja begitu terpalnya dibuka dah jadi gedung. Dipasangin alat pendeteksi polusi suara juga karena mungkin ada limitnya sampe berapa desibel, cuma kadang masih aja keganggu sih karena pas mereka bikin pondasi kan butuh gali2 tanah pake alat berat. Nah itu lumayan berisik & bikin gempa lokal, tapi cepet sih.

Yang bikin penasaran itu, tukangnya sedikit, kerjanya ya cuma jam 9-6 gitu deh. Soalnya klo malem tempatnya udah digembok. Dan kayanya kalau disini tuh, tembok, rangka atap plus genteng dan segala macem tu dah ada supplier khusus yg udah ahli banget trus diitung dulu, dikerjain ditempat laen dan mereka bikin schedule dari awal sampe akhir tu alur kerjanya gimana. Jadi ntar tukang plafon cm dateng bawa plafon & pasang hari itu trus pulang, tukang dinding tinggal bawa tu dindingnya buat dipasang doang. Soalnya ga ada bangun rumah nyemenin batu bata sebiji2 pake 10 tukang, paling-paling kalo pas pasang pager yang pake batako itu aja seorang yg ngerjain. Atau entah karena aku yang sebenernya ga pernah ngeliat langsung kali ya... Tapi tembok rumah disini tu luarnya emang beda, bukan bata yang di semen trus di cat...  jadi lapisan paling luarnya itu entah kaya keramik yg kecil2 atau dari plastik atau kayu.

2. Aku juga masih sering kagum dengan orang-orang disini yang punya kelemahan ngga bisa melihat. Mereka bisa pake baju matching & cakep warnanya. Trus juga kelihatan banget kalo mereja juga ngerawat diri karena  rambut mereka di coloring trus potongannya bagus jadi ngga keliatan beda dengan orang normal lainnya. Trus mereka juga pergi kerja, naik kereta yang sama padetnya, bisa jalan dari platform sampe ke rumah/kantor, naek turun eskalator, dsb. Luar biasa ya :)

Distasiun atau ditempat pejalan kaki biasanya ada bagian lantai yang warnanya kuning & ga rata. Motifnya antara titik2 timbul atau garis lurus. Nah aku perhatiin, mereka bisa jalan lurus dengan point ujung tongkat mereka di celah2 garis itu. Kalau yang motif dot biasanya tanda stop karena mungkin itu dipersimpangan jalan, depan tangga atau eskalator, dsb. Dan seperti aku pernah bilang juga, didepan WC suka ada suara pengumuman berulang seperti "disebelah kiri WC cewe & dikanan WC cowo", jadi supaya mereka tau. Lalu dibeberapa lampu merah, kalau lampu penyebrang berubah jadi hijau nanti ada lagunya atau sekedar pip pip pip... sampe sebelum kedip2 lalu berubah merah. Jadi mereka bisa tau kapan lampunya berubah warna.

Ada Belokkan kekiri/bisa terus(berehenti dipersimpangan)

3. Disini juga suka ada special season yang diadaptasi dari budaya barat. Misalnya untuk kali ini karena menjelang Halloween, sabtu yang lalu kalau jalan disekitar pusat keramaian di Tokyo pasti bakal nemu banyak banget mahluk aneh. Walaupun sebenernya yang pake kostum ini banyakan orang bule juga. Tapi orang Jepang sendiri ngga mau lewatin momen ini(supaya ngga bosen kali ya), jadi dekorasi toko pada bertema Halloween, paketan buat ngadain Halloween Party, dsb. Kalau beli coklat seperti Kitkat & Pocky pun ada special edition untuk Halloween.

So far kalau berdandan aneh, paling cuma diliatin sekilas, ada yang malu2 minta foto, atau malah dikejer cewe2 tapi sudah dianggep sesuatu yang wajar lah.

Picolo(abis ini diteriakkin & dikejer cewe)
4. Kalau shopping dihari hujan, biasanya shopping bag yang kita terima bakal dilapisin plastik oleh penjualnya. Soalnya shopping bag yang dari kertas kan ringkih banget & ngga mau dunk kalau gara-gara kehujanan trus jebol dan barang kita berceceran dijalan.

Kalau ditanya kenapa ngga pakai kantong yang plastik? Mungkin karena masalah Eco & juga karena kantong-kantong itu ada yang memang trademark nya toko itu sendiri.

5. Kotak Pos rumah suka penuh ama selebaran-selebaran iklan. Entah makanan, kupon salon, poperty, info kerja part time dan juga jasa detektif. Asli yang terakhir ini bikin aku ketawa soalnya ada team untuk membongkar kasus perselingkuhan trus ada foto para membernya gitu. Nanti yang merasa curiga dengan suami/pasangannya boleh konsultasi dulu. Ngga cuma untuk yang selingkuh, mereka juga bisa mencari barang hilang atau info lainnya juga bisa.

Kog semua cewe ya?
6. Weekend kemaren aku pergi benerin kamera. Awalnya aku ke toko tempat dulu aku beli, karena kebetulan punya after service point yang bisa dipake buat biaya reparasi, maklum harga benerinnya ampir setengah harga aku beli dulu kalau ngga salah.

Waktu aku nanya ke bagian reparasi "Murah mana benerin disini ama di maker langsung?", dia ga pake ragu2 ataupun bohong, langsung ngejawab "Jelas di maker lah neng!...." dan aku kaget loh dia jawab begitu karena dia jelasin sendiri klo benerinnya kudu lempar ke maker & tentu aja lebih mahal biarpun aku udah cut point sekalipun. Pantes sepi banget tempat reparasinya hahaha~ karena mungkin orang yang kesana cuma buat masukkin barang2 yang masih ada garansi aja sepertinya.

Tapi aku salut loh karena orangnya jujur banget & ga bete waktu aku nanya gitu, padahal kalau dia mau cari untung bisa aja dia bilang ngga tau..

Sekian Nano-Nano Japan nya, nanti aku bakal post juga tentang weekend peek~

4 comments:

  1. jasa detektif jadi inget komik detektif conan hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. diindo juga ada loh denger2 detektif.
      Klo di JPN aneh2, pernah liat di TV jasa buat nyari org2 cinta pertama yg udah lama pisah gt. Tapi serem ya stalker abis jadinya hehe.

      Delete
  2. ih picolo na kek na keren tuh, sayang kurang jelas yah wakakaka...
    g kadang klo mo benerin barang gitu, klo orang na jujur jadi na cingcai deh! apa lagi klo ke pusat servicenya jauh, mendingan lewat toko aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotonya ngebut pit cuma pake henpon pas papasan di perempatan, dianya jalan gt sama 1 mahluk lg.. ada tukang fotonya trus tiba2 ada cewe jerit2 dr ujung jalan sambil teriak picolooooooooo tunggu!! haha.

      Kmrn gw ga jadi benerin tu soalnya gw dah tanya dipotong point gw juga masih lebih mahal berarti marginnya tu bisa Rp.300rb lebih pit, ya gw langsung mundur teratur dah hahaha. Pas dibawa ke maker aja dah sedih wkt terima bill *lebay*

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...