Monday, March 18, 2013

Sungai

Tamagawa

Bedanya sungai di Jpn & Indo, klo disini.. lahan kosong disepanjang sungai ngga semuanya dibangun(ada yg dibangun tp dikasih tanggul/dibikin yg dalem). Tapi juga ngga dibiarkan terbengkalai. Kalau di deket rumah yang sekarang, tempatnya dipakai untuk : jogging&cycling tracks, lapangan untuk latihan golf mini, futsal, baseball, tenis, latihan pramuka, piknik, fotografi, main alat musik, memancing, menggambar, buat ngajak doggy jalan2, dll. Banyak banget yang bisa dilakuin disini.

Katanya juga, ada ranking buat sungai terjorok/terpolusi. Jadi daripada malu kalau sampai jadi yang terjelek, penduduk setempat berusaha banget untuk jaga lingkungan sungai mereka, ya walaupun di Jpn memang ga umum namanya buang sampah dijln/dikali... Tapi ada juga sih yang buang. Sedangkan air kotor dari rumah2 penduduk, itu ada pengelolanya... Yang mana kita bayar juga, karena mereka bakal ngebersihin air kotor ini dari, sabun, minyak, dll baru dikembalikan ke alam.

Nah, aku ngga kebayang kalau di Indo terus-terusan seperti sekarang.. Terutama untuk di wilayah Jkt. Itu klo sungainya sampe item2, apa waktu sampai ke laut ngga bikin polusinya jadi meleber kemana2? Ngga kebayang klo harus makan ikan yg ditangkap nelayan lokal...

Sebenernya di Jpn sendiri, dilarang buang minyak goreng ke saluran air. Trus sekarang detergen2, juga banyak dibikin khusus untuk ramah lingkungan juga. Klo di indo, mau bengkel motor, mobil, pom bensin mungkin juga klo pas bersih2, diserok gitu aja ke tanah ngga sih ya? Atau mungkin dibuang ke saluran air gitu aja.

Kalau seandainya ada ikan yang bisa hidup dikali Jkt... Menurut aku sebaiknya jgn pernah nyoba2 untuk dimakan hehehe.... Nah sekarang boleh donk ya berangan-angan, kapan ya negara kita bisa begini juga?


2 comments:

  1. Seandainya ada ikan yang sanggup hidup di sungai-sungai di Jakarta, menurut gw ikannya itu udah mutant kali ya? Udah tahan banting banget... Please lah jangan dimakan. Dia hidupnya udah menderita, masih mau dimakan juga?? Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha hidupnya udah kasian & dimakan... Tapi emang, ga kebayang deh soalnya mereka napas kan nyedot aer kedalem trus muter keluar lagi, otomatis masuk deh itu partikel2 gajebo plus sampah2 tak terurai itu.. kasian deh.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...