Tuesday, November 19, 2013

Trip Bersama si Adek - 3 Hari Kansai

Mau ngerekap acara jalan-jalan yang kemarin, sebelum terlanjur lupa lagi. Sebenernya rencana awal yang pergi ke Kansai itu cuma aku doank, tapi waktu last minute mau booking tiket kereta dan hotel akhirnya dijadiin perginya bareng si K juga. Rencananya kita tiga hari di Kansai tapi udah termasuk perjalanannya juga. Agak ribet waktu nentuin schedule kereta karena paketan yang kita pake itu udah ngga bisa diutak atik, sedangkan yang pada pake JR Pass baru bisa book setelah sampe di JPN. Tapi untungnya sih dapet semua jadwal yang kita mau.

Hari pertama berangkat dari Tokyo jam 10am. Perjalanannya kurang lebih 3 jam, jadi untuk menghemat waktu supaya pas nyampe di Osaka bisa langsung jalan jadinya buat lunch kita makan bento dikereta. Makannya giliran sambil jagain si bocah yang ngga mau bobo tapi pengen lari-lari dilorong kereta.

Sampe Shin Osaka, tadinya mau langsung ke hotel tapi trus ditengah jalan ngeliat kereta ke Universal Studio. Akhirnya si K ngajakkin buat langsung jalan aja dan semua setuju, jadi kita langsung lanjut jalan dengan bawa-bawa koper. Tapi emang jalan-jalan kali ini kita udah antisipasi buat bawaannya jadi satu keluarga cuma satu tas doank. Sampe di Universal City, pada foto-foto trus lanjut ke souvenir shop. Kita memang ngga rencana masuk ke USJ karena si bocah belum bisa maen plus bumilnya juga :) Jadi nunggu 2014 aja sampe Harry Potternya jadi(kastilnya sih udah keliatan). Jadi selama pada shopping souvenir, aku nemenin si bocah kecil ini yang lari terus kesana kesini saking senengnya nemu tempat luas buat maenan.

Udah kelar shopping, kita naik kapal dari Universal City Port menuju ke Osakako yaitu lokasinya Kaiyukan(Osaka Aquarium). Disini si bocah demen banget ngeliatin ikan-ikan trus maenan aer tapi jerit-jerit kalo disuruh pegang ikannya karena dianya geli.

Selesai dari Kaiyukan, kita check in ke hotel trus lanjut jalan-jalan dan dinner disekitar Shinsaibashi dan Namba. Kayanya malem itu, demi memuaskan hasrat karena udah lama juga ngga ke Osaka, jadinya kita makan takoyaki yg diseberang Horai, trus beli Horai juga trus lanjut makan Okonomiyaki. Untung ngga nambah ramen segala.

Hari berikutnya kita ke Kyoto. Berangkatnya agak telat dari schedule tapi karena perjalanan hari itu lancar banget jadinya ngga masalah. Buat ke Kyoto ini emang udah direncanain buat perginya bukan pas weekend. Soalnya sekarang ini Kyoto rame banget apalagi udah mulai musim Koyo/Momiji. Pertama-tama kita ke Inari Fushimi, karena memang deket banget dari Kyoto station. TAPI..... keretanya jarang-jarang banget, jadi begitu miss lama deh nunggunya. Jadi pas banget waktu kita sampe keretanya 1min lagi berangkat, tapi masih pada ngantri di lift. Akhirnya pas udah keluar lift aku suruh lari buru-buru, diikuti rombongan kakek2 & nenek2 yang juga mau ngejer kereta. Untungnya masinis keretanya baek jadi tetep ditungguin.

Kita di Inari ngga lama, trus balik lagi ke Kyoto Station buat lunch dulu. Lunchnya di Hakata Ikkousha(Isetan lantai 11), ini karena request dari si K soalnya dia belum pernah. Waktu pada ngantri resto, aku pergi beli one day pass buat bus sekalian ngecek jadwal berangkat karena kali-kali aja busnya cuma setengah jam atau satu jam sekali kan males nunggunya kalau ngga pas. Tapi kakek-kakek yang tugasnya ngasih informasi di halte baek banget, jadi dia langsung kasih rekomendasi yang aku mau supaya aku ngga nunggu. Oh ya, kalau keluar kota gini... aku suka blank ngomong ama orang yang pake bahasa daerah. Kadang ngga ngertinya bener-bener ngga ngerti sama sekali, dan biar aku reply pake bahasa yang wajar tetep aja dibalesnya pake logat daerah :P Termasuk kakek yang di halte bus ini, dia bahkan jelasin busnya itu bakal stop dimana(semua disebutin), trus ntar begini begitu padahal aku nanyanya cuma mana yang lebih cepet :P Oh ya, buat yang nyari info jalur bus klo jalan-jalan di Kyoto, liat di japanguide aja. Referensinya lengkap dan bagus banget. Tapi gara-gara ini juga kali ya orang jadi terpaku dengan jalur yang itu-itu doank, jadinya padet banget busnya.

Selesai lunch, kita foto-foto bentar di stasiun trus naik bus ke Kinkakuji alias Golden Temple. Perjalanannya sih lancar jadi setengah jam nyampe. Trus sampe disana, aku ama si K nemenin si bocah maen sedangkan bapak ibunya masuk kedalem buat liat-liat.

Kelar dari Golden Temple, kita mau lanjut ke Kiyomizudera. Tapi betenya bus(sesuai yang tertulis di website itu), ramenya gila-gilaan karena banyak anak sekolah yang lagi study tour. Jadi setelah dua bus lewat, kita random aja ambil bus yg kearah Ginkakuji trus ntar transfer ditengah. Untung banget lah kita random pilih bus ini jadinya malah sepi banget. Tapi sebenernya kalau bisa baca map yang dikasih di tourist information itu banyak rute alternatifnya sih(kalau ngga salah ada yg versi Inggris).

Kita sampai di Kiyomizudera udah menjelang sore tapi belum gelap. Jadi masih ada cukup waktu buat jalan-jalan cuci mata, ngemil, liat toko-toko lucu di Kitano baru masuk ke kuilnya. Jalan dari bus stop sampe ke kuilnya itu sebenernya lumayan banget ya. Buat yang ngga kuat jalan di tanjakkan bisa dengan naek ricksaw atau taksi sih :)

Terakhir, setelah dari Kiyomizudera kita pergi makan sushi buat dinner. Ini tadinya ngga direncanain, kita juga ngga tau gimana rute yang oke buat pergi ke resto sushi ini. Tapi sekali lagi gara-gara bus didepan tempat wisata itu rame banget dan kita ngga berani nekat naik karena bawa anak kecil, jadinya pas ada random bus yang sepi banget kita langsung naek aja. Dan ternyata waktu di dalem bus kita coba ngecheck jalur busnya bakal kemana, ternyata dia bisa langsung ketempat yang kita mau pergi. Dan bus ini ngga ada di map yang dikasih dari tourist information itu. Jadi harus search di internet dan itu juga ngga semua bus stop ditulis. Jadi bisa dibilang kita lucky banget, bisa duduk manis, ngga perlu desek-desekan langsung sampe ke tujuan tanpa ganti-ganti kereta juga. Jadi hari terakhir di Kyoto kita makan sushi trus balik ke Osaka.

Hari terakhir di Osaka, tadinya ada rencana mau ke Kobe tapi kayanya kalau buru-buru rasanya ngga tenang gitu. Akhirnya kita nyantai-nyantai aja, trus ke Osaka Castle. Disini lagi-lagi aku ama si K nemenin bocah yang masih bobo sedang bapak ibunya kedalem sekalian foto-foto pake baju ala Jepang. Lumayan lama sih mereka didalem, jadi pas si bocah bangun, kita harus entertain dia lari keliling castle ngejerin burung dara.

Kelar dari Castle, udah siang banget menjelang sore. Tapi karena pada ngga rencana mau shopping, jadinya kita lanjut ke taman yang lain sambil bawa makanan gitu. Berhubung aku ngga pernah tinggal di Osaka, jadinya agak kurang tau taman yang hit itu apa aja. Tapi waktu lagi search di google, aku tunjukkin beberapa ke si K dan yang udah pernah dia kunjungin ya dia bilang biasa aja. Jadi akhirnya aku pilih satu random aja dari yang belum pernah.

Tadinya aku pikir taman ini bayar, karena ada infonya waktu check di website gitu. Tapi waktu jalan kesana kita ngerasa buat sampe ke entrancenya aja udah mayan jauh dan luas. Jadi daripada bayar, mending kita mainnya di tempat yang gratisan aja karena waktunya udah nanggung juga. Eh tapi waktu iseng jalan ke sisi yang lain, ternyata kita dibolehin masuk bebas. Trus karena dikejauhan ada keliatan bagunan kaya kincir angin, kita iseng-iseng aja jalan kesana. Ternyata tamannya bagus banget, jadi ada beberapa blok taman dunia gitu yang temanya sesuai dengan negaranya masing-masing. Tapi yang paling bagus sih yang bagian Belanda ini ama kebun mawarnya. Dan taman ini gede banget, jadi kita ngga sempet muterin semua. Mungkin mirip-mirip ama Showa Kinen Koen, klo yang ini namanya Hakuhana Kinen Koen, atau Tsurumi Ryokuchi Park tapi ini versi gratisan.

Terakhir sebelum balik, kita mampir ke Shinsekai dulu sebelum balik ke Tokyo. Sampe di Tokyo, ngebut ngejer last train buat ke pulang rumah.

PS : Fotonya ngga banyak karena sibuk ngejagain anak kecil :P Tapi nanti aku posting foto lainnya dari hape.

1. Anak kecil ketemu tempat lapang pasti seneng yah lari2.. Kudu siapin stamina tuh yg jaga..haha :p

2. Wahhh seru yaa, jangankan anak kecil ak aja klo ke Universal studio udh kayak anak ilang lari sana sini saking seneng nya wkwkkww...iyaa jagain anak seumur segitu kudu dlm stamina yang okeee

1. Iya, emang klo taman hiburan gitu suka bikin lupa dunia. Nyokap gw aja diajak ke disney ngejerin donal ama mickey trus rebutan foto padahal saingannya anak kecil2 ampe gw omelin hahaha... apalagi yang anak kecil ya, tapi keponakkan gw nangis klo deket2 boneka gede gitu :p

3. Aduh kebun mawarnya bagus banget ya, sepintas mirip tulip aja. Kira2 kalau summer kemaren ada juga spt ini? *nyesel*

1. Itu buka mawar El, yang mawar ada di sisi lain.. yang ini apa ya nama kembangnya lupa tapi di Indo juga banyak hahaha... Cuma klo pas musim tulip emang ditanemin tulip juga pas bulan 5 kalo ga salah. Summer juga ada, cuma bunganya aja jenisnya lain :)

4. ih.. dikau jalan2 terus kok ... iriiiii hiksss~

1. pit, disini kita ngga jalan ke mall sih soalnya.... coba klo banyak mall pasti ceritanya bakal beda hahaha :)

5. Jie, mau tanya.. Kalo dari tokyo ke kyoto selain shinkasen ato bus willer express apakah ada alternatif lain ya? Dan berapa ya harganya untuk itu? Pengen bgt bs ke tokyo-kyoto tapi shinkasen mahal sekali >.< trims sebelumnya jie

1. Mo naek kereta biasa? :D Beli "Seishun Juhachi Kippu" 11,500JPY bisa buat 5hari atau 5orang. Jadi kira-kira 2,300JPY kemana aja.
      Tapi klo diitung2 ya, abis satu hari trus rempong banget ngejer kereta ganti2nya itu apalagi klo bawa tas. Klo bisa dapetin yg moonlight train sih enak ya(irit hotel semalem), tapi susah banget krn begitu mulai dijual udah keburu abis & kamu jg harus di jpn gitu buat booknya. Jadi mau ngga mau ya ngeteng naek yg biasa trus ganti2. Tapi abis waktu dijalan & cuma season tertentu... klo ngga tinggal di JPN, JR Pass udah paling ok sih :)

Atau naek bus malem yang lain aja, ada yg murah kog sekitar 4K JPY, malah kadang2 ada yg 3K one way. tapi ya itu harus check di website jpn. Aku dulu sering pake juga, lumayan jadi hemat hotel semalem juga :P tapi kadang2 ada yang sempit banget sih klo pas ngga lucky. Check aja di rakuten travel buat compare ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...