Thursday, November 12, 2015

Tokyo Toy Museum

Bulan yang lalu R kadatengan temen sebayanya yang lagi maen kesini. Awalnya bingung mau ajakkin kemana karena yang satu udah bisa jalan & yang satunya belom bisa. Akhirnya aku coba ajakin ke Tokyo Toy Museum (English) di Yotsuya. Stasiun terdekatnya di Yotsuya San Chome. Sebelum kesana kami lunch dulu di Shinjuku karena kepikiran kalau-kalau ngga ada tempat yang oke di Yotsuya sanchome, tapi ternyata ngga juga karena ada saizeriya & beberapa resto lainnya juga. Tempatnya ini ngga jauh dari Shinjuku, jadi kalau mau jalan kaki juga bisa sih kalau buat yang demen jalan kaki :)

Waktu nyampe disana, si R malah molor.... Sedangkan untuk masuk kedalam kita ngga bisa bawa stroller. Soalnya gedung TTM ini sebenernya bekas gedung sekolahan yang dipakai lagi buat kegiatan macem-macem dan salah satu bagiannya diubah jadi TTM ini. Jadi dari luar memang beneran keliatan seperti gedung jaman dulu & ada playground sedikit dihalaman depannya.

Akhirnya, yang lain masuk duluan sedangkan aku nungguin R bangun dulu. Untungnya dia tidur ngga lama-lama banget, mungkin karena agak adem juga. Jadi begitu melek langsung aku angkut ke dalem. Pintu masuknya ada di lantai dua. Beli tiket yg pair 1,200JPY buat anak & dewasa trus langsung disaranin buat maen kedalem dulu aja baru liatin tokonya karena TTM tutup jam 4PM sedangkan tokonya sampe jam 5PM.

Beberapa ruang pertama setelah pintu masuk banyak dipajang maenan untuk anak-anak. Mainan yang ada disini kebayakan tipenya adalah mainan dari bahan kayu. Sebagian besar bisa kita coba untuk mainin. Biarpun cuma dari kayu, mainannya menarik semua tapi karena mainan kayu untuk pembuatannya memang perlu dengan cara-cara khusus jadinya agak lebih mahal. Di TTM ini juga beberapa pengrajin kayu atau mainan Jepang ikutan menyumbang supaya orang-orang bisa lebih tau banyak hasil bikinan mereka.

Di TTM dalam ada dua tempat yang dijadikan arena bermain yaitu wooden baby room & wood toy forest. Kami awalnya coba masuk ke Wood Toy Forest dulu. Tempatnya tidak terlalu luas tapi enak buat main anak-anak kecil. Terutama yang sudah bisa jalan, tapi untuk baby juga masih bisa menikmati. Berhubung nemenin anak kecil ini maen, aku ngga sempet ngambil foto yang bagus jadi seadanya yang aku dapet aja yang aku pajang disini ya, sisanya bisa lihat langsung di websitenya TTM. Foto-foto ini yang wood toy forest :


Setelah main lumayan lama di wood toy forest, kami lanjut ke wooden baby room. Ini dikhususkan untuk anak-anak bayi atau yang 3tahun kebawah. Didalemnya juga ada banyak mainan yang boleh dimainin semuanya. Ngga hanya mainan dari kayu, ada juga beberapa mainan handmade khas Jepang yang aman buat bayi. R sendiri seneng sekali ditempat ini & dia jadi berasa anak gede karena udah bisa jalan juga. Beberapa mainan disini juga ada di Jidokan yang biasa kami pergi. Tempatnya kurang lebih seperti foto dibawah ini :


Sudah puas maennya, kami buru-buru lanjut keruangan yang lainnya sebelum tutup. Sama seperti ruangan dideket pintu masuk, ruangan berikut-berikutnya juga jadi tempat pameran mainan termasuk mainan tradisional Jepang juga ada. R sendiri masih agak kecil, jadi belum begitu ngerti. Kalau menurut penjelasan di web TTM, daerah yang diluar tempat bermainnya tadi cocok untuk anak yang lebih besar. Ada beberapa bagian cocok untuk anak usia 3-5tahun lalu untuk anak SD ada bagian dimana bisa ikutan event khusus untuk buat percobaan atau bikin sesuatu.



Terakhir sebelum pulang, kami mampir di toko souvenir yang lebih cocok jadi toko mainan sebenernya. Disini dijual mainan yang ada dipamerin didalem atau mainan edukasi lainnya juga ada. Tapi memang harganya lumayan banget tapi secara kualitas mereka ngga jual yang sembarangan. Banyak yang sebenernya bikin ngiler termasuk meja kursi & perintilan buat anak-anak, tapi akhirnya cuma cukup cuci mata aja :) Dan sebelum jalan pulang, R sempetin maen di playground yang ada dihalaman depan. Sebenernya ngga terlalu ada apa-apa disini kecuali perosotan. Tapi namanya anak-anak biasanya seneng dikasih lari-lari & manjat sana sini. Pulangnya langsung molor lagi deh dia karena kecapean maen.

2 comments:

  1. Wah sayang banget kemarin ini gak lebih lama di Tokyo. Kalau lebih lama bisa lebih tanya2 kamu soal tempat yang cocok untuk Abby. Museum ini kayaknya pas banget ya untuk segede Abby dan R juga. Bagus banget deh! Mainan kayunya juga keliatan solid dan kuat. Pasti Abby betah banget dan nggak mau pulang.

    ReplyDelete
  2. Kalo di Jepang kayaknya banyak banget ya tempat buat anak2 eksplorasi. Dari park, main air sampe museum. Asik dan bersih banget. Jadi ga bingung ajak anak kemana. Kalo di Surabaya sih...kayaknya terpaku sama mall. Mau ke taman...panasnyaaaa, mau main air....ya di kolam renang bebayar, mau kemuseum anak....ga ada. hehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...