Tuesday, February 10, 2009

Miso

Ceritanya kemaren senin aku nekat beli sekotak miso. Buat yang ngga tau miso itu apaan, umpamakanlah miso itu sebagai terasi, atau mungkin sambel(ya anggeplah begitu tapi ngga pedes). Cuma sebenernya miso ini adalah bumbu jadi tradisional jpn yg asalnya dari fermentasi beberapa jenis bahan. Jadi, kalo di Indo ada bermacem2x bumbu2x dasar untuk memasak seperti merica, pala, kunyit, jahe, ketumbar, asem, etc. Nah di jepang sendiri bisa dibilang bumbu dasar mereka itu cuma Soyu(kecap asin), Sato(gula), Sake ato mgkn Mirin(klo ini manis), plus Miso ini. Dan kata sensei aku dulu ada urutan untuk masukin keempat bumbu tadi. Tapi sebenernya ngga cuma ini doang kog, terbukti masih ada dashi, garam + merica, sichimi, dll. Selain itu asinan Jepang juga lumayan populer sih.

Nah balik kecerita, kenapa aku tiba2 beli Miso sekotak gede gitu. Alesannya karena pertama aku ngga mau beli yang bubuk instant dan yang kedua adanya emang pas yang gede2 doang(walaupun kecil juga mahal). Jadi setelah bengong lama banget didepan rak supermaket, aku akhirnya mencomot sekotak ShiroMiso(Miso yg warnanya terang, shiroi = putih).

Terinsipirasi dari salah satu makanan kesukaanku dikantor, sampe sekarang aku ga bisa nebak bumbu apa yang mereka pakai karena ga pernah nemu yang mirip dengan masakan sendiri. Akhirnya aku berasumsi klo bumbu yang mereka pakai itu adalah miso. Jadi aku nekat pengen buktiin. Dan hasilnyaaa.....mirip! walaupun masih beda sih, tapi aku ngerasa nemuin persamaannya dilidah karena ada rasa asin yang agak beda dari garem biasa. Sebenernya makanan yang sering aku makan itu sebenernya cuma "Sayur tumis (kadang + babi atau juga telor)" kalau diterjemahin.

Nah ini dia tumisan yang aku bikin :
1/4buah kubis (potong kasar)
1buah wortel (iris tipis)
100gr tauge (pokoknya sebungkus aja)
daging ayam atau babi
Miso
Garam
Merica

Cara membuat :
Tumis semua sayuran dan daging. Berhubung klo numis kubis atau taoge malah jadinya suka beraer, minyaknya dibanyakin aja(heuheuhe ya klo engga dikeringin dulu deh). Masukin dagingnya dan kalau semua udah mulai keliatan sedikit layu dan dagingnya sudah berubah warna. Tambahin aja 1sdm miso. Klo Misonya terlalu kentel cairin aja di sedikit air. Trus icipin aja, klo seandainya rasanya kurang boleh tambahin garam dan merica.

Jadi deh....

GudGampang kan........(kaya bikin cap cay - Ho...vin, ga demen cap cay yaCekikik)

Aku jadi cinta nih ama si Miso^^, cuma untuk nemuin rasa yang pas ama lidah kita, kayanya harus sering2x nyobain Miso mana yang paling enak.

Ok, next time aku bakalan coba buat soup dengan si Miso ini.

HiHi

Ps : Sorry foto makannya ga menarik, soalnya itu bukan yg fresh tp udah aku masukin kulkas baru hari ini tak foto wkaakakak...ups
Congrat

12 comments:

  1. Iya niy lagi gak suka capcay... :D
    Nge, gw tau nya Miso Soup doank, dan rasanya mirip tauco gitu ya tp lbh light, bener gk?? Kalo boleh saran, numisnya jgn maen cemplungin semuanya barengan kali.. dr wortel dulu, tunggu 3menit baru masukin, kubis dan toge, trus mungkin misonya jgn berair, karna tanpa air tuh kubis sm toge suka berair, jd kurang enak dan berbau... itu kata gw loh... hehehehe Makanan lo kayak asinan gitu, penampakannya... jadi pengen asinan betawi, slruppp ;p

    ReplyDelete
  2. hauhauhau.....
    tulll, aku males nulisnya aja. tapi emang wortel masukin dulu trus kubis ma toge baru terakhir dagingnya(ini wkt aku bikin)..
    itu emang suka beraer tu makanya klo kemaren si aku langsung sendokin aja tu miso ke sayurnya hehehe cm kan lengket gitu, jd klo mo merata ya diencerin aja di 1sdm aer gitu trus numisnya pake api gede(dgn harapan biar nguap) hahaha...n iya rasanya asin2 gt.
    thx ya vin^^

    ReplyDelete
  3. Nge, jangan2 itu air dari dagingnya kali yaa??? coba dagingnya duluan aja ditumis, sampe airnya habis baru sayurnya, hehehhe, namanya juga usaha, sapa tau mendekati yg lo contek itu, hehehe...

    ReplyDelete
  4. bukan vin, dr sayurnya itu...
    soalnya kan daging masukin terakhir tu... sebelum itu dah beraer...
    makanya sebel tu kalo bikin orak arik suka ga garing jg...soalnya si kubis nya emang suka beraer klo dimasak.....

    ReplyDelete
  5. err... yang punya dapur omongannya berat banget yah!! wakakakaka...

    ReplyDelete
  6. Nge, ada 1 cara lagi, hehehe, agak sok tau dikit... tuh sayuran semua sebelum di tumis, direbus dulu, trus ditirisin, nah abis itu jd kan tumisnya cuma aduk2 aja, dan udah gk ada airnya, ngaruh gk yaa? hehehhe... namanya juga usaha... ;p

    ReplyDelete
  7. Ide bagus juga vin, lagian bisa ngurangin minyak ya klo dah dimasak duluan. Nanti aku coba^^ thx

    ReplyDelete
  8. @ pitshu : huahauha...dapurku pinjeman kog pit^^

    ReplyDelete
  9. Inge, mau nanya... itu kan dagingnya dimasukin terakhir, berarti dagingnya mesti diiris tipis ya?? Yang kaya shabu2 gitu kah?? Atau malah daging cincang jangan2 ya??

    ReplyDelete
  10. Masukkin pertama juga gpp kog di kalo seandainya dagingnya tebel. Iya itu pakenya daging yang kaya sabu2 itu yg lembaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuuu :) Aku udah coba... Berhubung di rumah ga ada daging, so I tried without any meat. Kaya tumisan doang, hehehe^^

      Delete
  11. Boleh tau gak beli pasta miso dimana? di jual kah di supermarket seperti lotte? atau hero?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...