Friday, March 18, 2011

Aftershock - 3

Hola, aku balik lagi....

Hari ini cuaca cerah sekali walupun dingin. Kemarin karena suhu mulai turun drastis, otomatis banyak orang yang mulai idupin heater. Jadinya penggunaan listrik meningkat tajam. sampai akhirnya harus dikeluarkan pengumuman akan adanya pemadaman mendadak lagi & jalur kereta yang berkurang dari 50%. Jadilah sedikit chaos, tapi masih terkendali sih. Paling stasiun aja yang susah dimasukkin karena orang-orang pada ngantri pengen cepet pulang sejak pengumuman dikeluarkan.

Disaat-saat seperti ini, Facebook ternyata membantu banget loh. Karena mereka terus update & bikin banner khusus buat pengumuman di halaman "Home"(foto nyusul deh). Aku ngga tau apa banner ini keluar disemua member atau hanya khusus mereka yang ada hubungan ama JPN, entahlah. Ditambah lagi, info-info yang diupdate Kak Imelda lewat statusnya dengan menerjemahkan berita dari NHK sangat menolong banget. Semuanya diterjemahkan dengan bagus, singkat, padat & jelas. Jadi biarpun aku ngga nonton berita dari kantor, aku tau perkembangannya. Jadi ngga perlu khawatir sama sekali.

Dan kemarin sempet dag-dig-dug, takut kereta ngga jalan, jadi cepet2 pulang & terpaksa lewat alternatif lain yang sedikit muter-muter dulu. Sampai rumah, langsung loncat kamar mandi karena takut kalau lampu dimatiin bakalan ga bisa mandi deh. Abis mandipun, ngga pake heater & hair dryer, langsung jaketan aja sambil menggigil demi penghematan listrik. Ada beberapa tempat yang akhirnya kena pemadaman termasuk daerah temenku tinggal. Dia bilang mati selama 3jam malem itu. Mungkin buat orang Indo gpp ya kalau ada pemadaman, tapi buat orang JPN ngga biasa banget karena mereka sudah tergantung banget dari listrik dan kemudahan2 yang lainnya. Dan kalau sampai rumahku mati lampu, aku juga ga punya lilin atau senter nih karena dimana-mana sudah habis terjual :P

Akhirnya tidak semua tempat dipadamkan & status pemadaman mendadak akhirnya dicabut oleh pihak TEPCO(PLN Tokyo), karena penggunaan sudah dibawah ketentuan(aku lupa angka yang ditulis Kak Imelda kemaren pastinya berapa). Wah, ini semua berkat semua orang yang berusaha supaya ngirit listrik bareng2.

*interupsi goyang*

Ada banyak orang yang protes dengan sikap TEPCO, apalagi kalau sampai daerahnya kena pemadaman. Dan TEPCO juga sempet ngerasa bersalah karena kali pertama yang dipadamkan justru wilayah yang termasuk tempat pengungsian. Tapi semua orang bener-bener berusaha banget hemat listrik. Aku sendiri lg berusaha ga pakai heater walaupun 2 hari lalu sempet ngidupin jg saking ga tahan. Trus kemaren ditahan-tahanin sampai pas tidur kebangun2 terus saking dinginnya. Aku ngga kebayang deh, mereka yang dipengungsian ga ada listrik & cuma pake baju seadanya gimana ya? Disana pasti dingin banget. Yang aku masih ngga bisa itu, tidur matiin lampu karena saklarnya jauh banget bok klo tidur dilantai bawah & sempet hari keberapa itu gelap2an trus ada gempa, kaget deh :p Tapi malem ini aku bakal berusaha tidur dengan matiin lampu deh.

Oh iya, kemarin akhirnya bisa beli telor wakakaka *norak*... mahal banget tp ngga apa2 deh 10biji. Ntar tiap hari makan nasi ama telor ceplok aja, sama pake sambel botol kli ya. :) Nguping yang pada nanya2 ama penjaga supermarket, kalo mau dapet beras ama yang lain-lain tu harus ngantri dari sebelum toko buka & memang dibatesin 1 orang cuma boleh 1 item aja.

Aku klo ngeliat ini ya : LINK jadi bingung loh, JPN ampir ketutup gempa saking banyaknya titik-titik yang muncul setiap saat. Dan gempa susulannya itu bisa dibilang ngga kecil loh karena sekitar skala 3-6. Lumayan bikin jantungan juga. Nah, bersyukurlah bencana ini ada disini karena mungkin negara ini memang yang tersiap buat ngadepin hal begini. Jadi semoga aja cepat berlalu ya & tolong tetap doakan para korbannya.

Temen-temenku udah banyak yang pulang ke tanah air. Aku pikir terutama yang keluarganya khawatir banget, mungkin lebih baik pulang. Karena kasian juga kalau sampai orang rumahnya nangis2 tiap hari. So far, aku & K ngga ada masalah sih. Aku udah tanya pendapat dia & kita bakal disini aja walaupun si Boss juga ada sempet nanya juga. Ada teman yang dapat tiket dari perusahaan & dicarterin pesawat untuk pulang. Ada yang mau minta cuti pulkam malah diomelin bosnya & dikatain "Kamu hidup dinegara ini ya hadapilah, tapi kalau ngga merasa senasib ya silahkan pergi(mo dipecat maksudnya)". Yang lucu, ada yang biasa "tidak cinta Indonesia", intinya dia ngga suka deh & ga bakal mau buat tinggal di Indo, memuji2 negara luar trus sekarang mengumpat2 ditambah pengen pulang liburan plus bilang "ini bukan negara gw juga, sebodo amat". Aku sih selalu bilang ketemen-temen yang nanya, sebaiknya sih jangan bingung2. Soalnya kalau bingung malah mengganggu ketenangan orang lain. Kalau A ya udah A... mo pulang ya udah pulang(titik). Kalau mau disini ya udah jalanin dengan sepenuh hati. Tapi sekali lagi, jangan menjelek-jelekan apa yang ditinggal. Karena ada pepatah yang bilang begini "Sebaiknya apa yang keluar dari mulutmu itu manis, jadi kalau suatu saat kamu harus menjilatnya kembali tidak akan jadi masalah" :P

Akhirnya, TGIF.... Seminggu setelah kejadian & aku masih diberi kesempatan.

Senin ini tanggal merah, jadinya Long Weekend nih :)



4 comments:

  1. yah bnyk yg pulang krn takut nyawanya lenyap di jipun sana, makanya nyari aman pulang ketanah air, tapi klo menurut pitshu mah hidup mati udah ditangan yang diatas, klo emang udah saat na, mau ngumpet atau nyelametin diri kemana aja juga tetep aja ^^
    di indo orang ga seneng matek listrik krn panas, klo di kasih cuaca yang dingin adem, kek na orang indo ga bakalan teriak2 heboh klo mati lampu deh ^^
    cuma klo kedinginan ampe menggigil juga yah~ jangan yah :) #banyakmaona
    sehat2 yah, irit makan jangan sampe sakit juga :)

    ReplyDelete
  2. nge! take care ya! aku baru bacain twitter orang2 jepang & 50 volunteer fukushima daiichi jadi mellow sendiri di kantor. huhuhu... klo ada org yg pasang lagu arashi 'hero' bisa nangis d aku...

    ReplyDelete
  3. Sori gua telat nih komennya, br pulang. Bener banget yang elo bilang, masing2 bikin aja keputusan terbaik utk diri sendiri, jgn bikin panik dan bingung yang lain. Mudah2an semua cepat teratasi ya, GBU!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...