Saturday, May 19, 2012

Jalan - jalan Jepang (Part I)

Di Jepang setiap akhir bulan April & awal Mei ada beberapa hari libur National yang kalau waktunya pas banget bisa libur lumayan lama. Liburnya sendiri tanggal 29April, 3-5Mei, tapi biasanya di bablasin jadi libur satu minggu.

Buat kali ini, karena nemenin tamu dari Indo yang lagi liburan kesini, jadinya agak padat merayap jadwalnya. Selama seminggu ngga sempet tidur/leha-leha sampe siang(banget), yang ada tiap hari jalan terus & jarang dirumah. Sayangnya cuaca lagi ngga terlalu bersahabat jadi lumayan sering turun hujan minggu lalu.

Aku pengen bagi beberapa contoh itenerary harian buat yang jalan-jalan sendiri ke JPN(terutama Tokyo) tanpa ikutan tour. Dan ini mungkin lebih cocok buat yang low budget atau demen jalan kaki ya, karena memang bakalan banyak jalannya. Aku bakalan kasih beberapa kombinasi, tapi ngga dipatok harus seperti ini karena tiap orang pasti punya interest & speed & ketahanan buat jalan jauh yg beda-beda ya.

(I) Tokyo Sky Tree - Asakusa - Ueno - Akihabara/Ginza
Tokyo Sky Tree, turun di (Hanzomon Line - Ungu) Oshiage station atau Tokyo Sky Tree Station lalu jalan sekitar 3-5min.
Tokyo Sky Tree mulai dibuka dari bulan Mei ini, tapi untuk masuk ke atas towernya harus reservasi dulu lewat official website mereka. dan berhubung harganya yang agak lumayan, kalau seandainya tidak masuk kedalam, mungkin bisa foto dari sisi luar tower.

Dari Sky Tree untuk ke Asakusa bisa dengan jalan kaki(30-40min) atau naik bus(200Yen). Kalau aku lebih suka jalan kaki, karena bisa sambil lihat pemandangan seperti dibawah ini :


 Di Asakusa, ada kuil yang cukup terkenal yaitu Sensō-ji Temple. Di sepanjang jalan masuk ke kuil ini banyak sekali penjual souvenir, makanan tradisional dan barang-barang bernuansa JPN. Ngga cuma di jalan utamanya saja, tapi di sisi samping kanan kirinya juga banyak sekali lorong-lorong dengan toko-toko menarik. Yang mungkin harus dicoba, dessert tradisional, Meron-pan(di bagian dalam kuil belokan kanan yang terakhir di dekat patung2 batu), kue manju & beberapa makanan kaki lima lainnya. Ngga lupa disini juga ada satu amusement park yang udah cukup tua sekali, letaknya disisi kiri dalam dari kuil.


Lalu lanjut ke Ueno dengan Metro Ginza Line atau bisa dengan jalan kaki sekitar 30min dengan ngelewatin Kappabashi-dori(jalan yang jualan peralatan dapur & sample makanan).

Di seberang Ueno station, ada daerah yang disebut Ameyoko. Tempat ini selalu rame karena memang bisa dibilang daerah pasar, banyak yang jual bahan makanan, hasil laut dan teman-temannya, pakaian, sepatu, dll. Disini kita juga bisa jalan sekalian ngemil dengan nyobain Taiyaki, kebab, xiao long bao, dll. Ada beberapa toko oleh-oleh yang juga jual makanan instant & snack JPN dengan harga murah. Kalau tidak suka jalan-jalan di pasar, mungkin bisa lanjut ke Ueno Park, tempat ini populer banget kalau musim sakura karena memang bagus banget tapi sayangnya pasti selalu rame. Didalemnya ada Ueno Zoo(600Yen) dan beberapa museum(Art Museum, Natural Science Museum, etc - ada biaya masuk).


Dari Ueno Station, bisa dilanjutkan dengan dengan Hibiya Line untuk ke Akihabara(bisa juga dengan berjalan kaki 30min) atau dengan Ginza Line apabila ingin ke Ginza. Akihabara ini terkenal sebagai pusatnya toko-toko elektronik sedangkan kalau di Ginza lebih ke daerah toko-toko Fashion.

Apa yang bisa dilihat di Akihabara? Tentu saja toko elektronik macam Yodobashi, Sofmap, Laox, lalu ada Gundam Cafe & Maid Cafe, Donki Hotte.

Sedangkan di Ginza? Sudah pasti Branded Fashion Shop sampai yang umum macam F21, H&M, Zara, GAP, UNIQLO, semuanya ada disini termasuk Dept Store Mitsukoshi, Takashimaya, OIOI, Lumine, Hankyuu, etc. Dan di arah Yurakuchou station ada Biccamera. Sebenernya daerah ini deket juga dengan Hibiya, Imperial Palace, Tokyo Station, tapi mungkin aku split lain kali aja deh untuk alternatif rutenya.

(II)  Tokyo Sky Tree - Asakusa - Odaiba
Untuk rute Skye Tree - Asakusa, sama seperti yang pertama. Trus dari Asakusa ke Odaiba bisa dengan water bus yang tiketnya bisa dibeli di dekat jembatan merah. Harganya bervariasi(silahkan check disini) tergantung jenis kapal yang kita pilih & tujuannya. Saranku, mungkin lebih baik pilih kapal yang Himiko karena kapalnya futuristik & dari sisi dalam kapal sudah di desain supaya gampang lihat pemandangan keluar.


Di Odaiba ada beberapa Mall yang bisa dijadikan tempat tujuan untuk Shopping : Venus Fort(Outlet), Driver Mall(ada si Gundam), AquaCity(ada Daiso), Deck(ada Joypolis). Ngga lupa ada juga Replika si Liberty, Rainbow Bridge & Fuji Television(kalau kesorean mungkin ngga bisa masuk keatas), Oedo Onsen Monogatari.


Nah, itu sekilas jadwal perjalanan untuk 1 hari di Tokyo. Nanti aku coba tulis lagi lanjutannya kalau sudah sempat ya.

PS : Tokyo Tower sebenernya juga masih termasuk dalam list daerah tujuan wisata yang lumayan populer. Sebenernya ada 2 alternatif pilihan buat ngeliat Tokyo Tower, yaitu antara siang hari atau malem hari. Kalau seandainya cuma sekedar ingin foto2 aja dengan latar belakang Tokyo Tower, bisa mampir dulu ke Tokyo Tower pagi-pagi sekali sebelum ke Tokyo Sky Tree. Atau alternatif untuk ke Ginza/Akihabara yang di atas itu bisa diganti dengan mampir ke Tokyo Tower di malam hari.


Jadwalnya ini lumayan padat & banyak jalan, jadi mungkin kalau pengen lebih nyantai bisa dikurangi optionnya. Lalu untuk peta bisa dengan bantuan google-map. Dan kalau ada pertanyaan, silahkan tinggalin komen & sebisa mungkin aku akan bantu untuk jawab.

10 comments:

  1. nge, kalo suatu saat gw bisa kesana & loe masih disana, temenin gw jalan2 ya....gw termasuk tipe yang jalan kaki kok. apalagi kalo hasil nya lebih irit & bisa liat pemandangan. tapi kalo ada jajanan, ya apa boleh buat deh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tergantung lu datengnya pas gw lagi libur ato engga ya cin.. :P
      Kalau libur pasti lah gw temenin jalan :D
      Tapi kadang disini pake one day pass gt kadang ngirit & bisa kebanyak tempat jg kog :D

      Delete
  2. alooow, salam kenal ya. asyiknya bisa tinggal di jepun! ^^ aku demen ama yang berbau jepun (terutama manganya, sih...), makanya pas liat blogmu rasanya asyik banget bacanya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rachel :)
      Thanks ya udah mampir... sebenernya sekarang udah banyak loh kesempatan buat bisa tinggal disini, kali2 someday kamu juga :)

      Delete
  3. moga2 bisa ke jepang suatu saat :D
    Kalo untuk orang yg ngga ngerti bahasa jepang & travelling pertama kali kesana, mending ikut tur atau jalan sendiri aja, nge?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana aja bisa sih ngel... soalnya aku liat pengalaman temen2 aku jg banyak yg kesini tp ga bisa bhs jpn. yg penting modal nekat, tapi paling2 nyasar2 dikit lah hehehe.

      Delete
  4. wahhh senangnyaa...semoga someday pas jalan jalan ke jepang bisa ketemu mbak, jd gak bakal nyasar :D

    ReplyDelete
  5. Halo salam kenal yah... btw kamu bisa ga jd tour guide aku? rencana bulan febuari nih aku mau ke jepang tp ga mau pakw tour soalnya mahal gt hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Erlin, Sorry by next year aku udah ngga terima job lagi kayanya.
      Tapi kalau kamu memang butuh guide aku bisa kasih contact temen yang kira-kira bisa. Email aja tanggal berapa sampai berapa & lokasi di jepangnya nanti. Eniwei sekedar masukkan aja, sebenernya ikut tour juga ada benefitnya kalau harus bayar lebih :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...