Thursday, October 10, 2013

Crochet & Knitting

Bulan lalu, aku & K sempet jalan-jalan ke stasiun tetangga buat nyari kado. Kebetulan banget disana ada tempat perbelanjaan yang didalemnya ada bagian buat kerajinan tangan. Karena ngiler ngeliatin barang-barang yang ada, akhirnya aku minta dibeliin satu buku. Isinya tentang crochet sama knitting.

Sebenernya kalo crochet, aku udah bisa dari kecil dan disini juga udah beberapa kali beli kit yang isinya udah termasuk pola & benang. Cuma kadang aku males aja bikinnya kalau udah jadi satu biji, karena udah ngerasa puas gitu aja. Tapi akhirnya kemarin-kemarin ini aku niatin bikin sampe benangnya abis dan jadi juga tatakan gelas satu set.


Gara-gara beli buku ini juga aku jadi belajar knitting(sampe melintir). Perlengkapan & benangnya aku beli di toko 100Yen kaya Daiso, Can do ama Seria. Soalnya kalau beli ditoko yang khusus kerajinan harganya lumayan mahal padahal aku masih pemula. Jadi misalnya stick buat ngerajut itu, aku beli 105JPY bisa dapet dua ada yang dapet 4 batang tergantung toko. Kalau beli di toko kerajinan itu harganya 780JPY, kerasa banget kan bedanya. Trus benangnya juga, mahal banget kalau yang bagus. Jadinya kadang harus milih2 sampe lama banget karena aku ngga suka yang kasar tekstur benangnya, biarpun hasil jadinya tuh  jatuhnya bagus.

Mungkin nanti kalau udah jago banget, pengen punya yang set lengkap. Kalau sekarang sih berusaha bikinnya barang-barang yang bisa kepake trus sebisa mungkin pake ukuran yang sama, jadi ngga perlu beli stick yang beda ukuran lagi. Mahal soalnya beli perlengkapannya, mending beli mesin jait sekalian malahan :)

Dan selama nyobain ngerajut atau crochet ini, kadang rasanya seneng tapi kadang frustasi juga. Soalnya kalau pas niat pengen dikerjain ya enjoy, tapi kalau udah jenuh ngga kelar-kelar kaya waktu bikin syal itu rasanya gemes banget, ditambah kalau ada yang salah-salah juga. Trus sebel juga kalau pas baca atau ngeliat instruksi tapi ngga ngerti, soalnya ngga ada yang bisa ditanyain kog begini kog begitu. Apalagi buku bahasa jepang itu istilahnya kadang kebalik kalau sama yang bahasa inggris, jadi kadang kalau lagi lemot aku suka bingung ini maksudya tuh yang mana. Trus kalau udah stress banget, aku biasanya nyuruh si K yang bacain bukunya sambil aku berusaha ngebayangin & memahami dan kalau masih ngga ngerti juga aku suruh dia jelasin tapi abis itu aku yang ngomel-ngomel karena dia juga kagak ngerti... ya iya lah yaaa!


Tapi aku sendiri terheran-heran kog bisa ya akhirnya bikin ginian.... padahal dulu kayanya ngga tertarik sama sekali. Sekarang hasil prakaryanya ini, aku kasih ke temen2 yang aku temuin. Tapi ngasihnya secara random gitu kalau pas kebawa didalem tas :)

Project selanjutnya nyelesain si mitten yang baru jadi sebelah trus kalau niat lagi mau bikin topi buat si K rencananya karena udah ditagih-tagih mulu.


5 comments:

  1. inge rajinnya dirimuuu :D bikin ginian sebenernya lumayan buat kill time ya. gue dari dulu pengen doang belajar tapi niat nya belom ada hahaha suka liat buku2 nya di toko buku tp kadang banyakan yg tulisan jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo buku jpn ya, paling cuma liat pola.. tp kalo ga bisa baca susah jg hehehe. paling kalo mau belajar awal2 coba intip youtube deh pi, banyak yang menarik & gampang

      Delete
  2. rajin banget nge, jadinya juga rapih n bagus deh... kalo gua kayaknya uda nyerah duluan, ga sabaran sih orgnya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gitu jangan bikin syal atau sweater... dijamin bisa gregetan karena lamaaaaa banget sampe agak bosen ngerajutnya haha.

      Delete
  3. Hebatt hebatt.. Masih kudu belajar banyak diriku buat jadi perempuan serajin dan setelaten dirimu Nge... Salut banget..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...