Thursday, October 17, 2013

Misteri Nasi Ngga Enak



Minggu kemarin-kemarin, aku sempet sakit trus dari pagi cuma tiduran aja. Karena ngeliat aku ngga enak badan, si K nawarin mo bikin bubur. Tapi pas banget hari sebelumnya beras dirumah abis, jadi pergilah dia ke supermaket dibawah tempat aku biasa belanja, beli beras... trus dimasakkin bubur.

Hari-hari berikutnya, giliran aku yang masak. Aku berasanya kog ada yang aneh ama nasinya. Jadi klopun nih lauknya pas enak, aku ngerasa pas makan semuanya jadi blahhhh(susah dijelasin deh rasanya) karena nasinya yang ga enak. Cuma aku ga enak mo ngomel bilang ke si K, curiga klo berasnya laen. Perasaan sih laen, cuma warna kemasannya aja mirip. Jadi aku cuma nyenggol dikit nanya dia beli yg harga berapa? Trus ini sama ngga ya ama yg dulu? Rasanya agak beda(tp ngga bilang klo ga enak).... :P  Jawabannya sih beras yg sama seperti yang sebelumnya. Ya sudah....

Sampe hari kemaren. Pas mau masak nasi, aku iseng ngangkat kantongnya keluar lemari. Trus pas banget yang keliatan pertama itu, bagian penunjuk cara masaknya. Kog perasaan aneh, ditulis kudu dicuci 3x plus ada gambarnya. Akhirnya aku yakin 100% ini beras yang lain. Sambil aku puter2 kantongnya buat nyari kata2 keramatnya.

Pantes aja nasi ini ngga enak, ngga alus, baunya jg ga enak. Ternyata yang ini tu bukan 無洗米(musenmai=beras yg ngga perlu dicuci). Jadi karena selama ini aku selalu beli yg musen, udah ngga pernah nyuci2 lagi. Makanya waktu liat petunjuknya berasa aneh dan setelah diselidiki, ini beras yang biasa.

Trus aku bilang ke si K, dia langsung cek kemasannya juga baru percaya klo salah beli. Dan waktu masak lagi yang berikutnya, aku cuci dulu trus bilang klo ini udah dicuci masih ngga enak berarti emang jelek dari sananya.... Hasilnya setelah dicuci : enak dan wangi donk!!! 

Aku sendiri ngga nyangka beras dicuci sama engga itu beda banget rasanya. Trus karena kebiasaan klo pas ada yang musen dengan harga sama, aku pasti pilih yang musen karena praktis. Untungnya aja sadar, klo engga selama sebulan makanan kita bakal berasa ngga enak terus :)

16 comments:

  1. baru tau kl ada beras yg gak perlu di cuci. selama ini di indo ya namanya beras kudu dicuci, padahal mah gak pernah liat instruksinya lagi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo nasi indo perlulah di cuci hehe.. disini emang ada yg khusus soalnya.

      Delete
  2. gue sebenernya ga tau sih kenapa beras mesti di cuci sebelom di masak, cuma ikutin instruksi nyokap aja. ga perna test jg apa kah nasi nya bakal jd ga enak kalo ga dicuci dulu beras nya, jd penasaran hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya kotor kan pi... apalagi klo beli di pasar gitu yg kita pilih sendiri jenisnya. Nah klo disini itu kemasannya udah beda banget & higenis lah jadi klo yang musen juga ngga perlu dicuci udah OK.

      Delete
  3. wah emang beda ya rasanya... selama ini nyuci beras tu buat ngilangin kotorannya *kata orang2* nurut aja si... hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, klo bukan beras yang ngga perlu cuci memang harus dicuci :)

      Delete
  4. Hah? Ini pengetahuan berharga banget buat gw. Gw hampir gak pernah nyuci beras. Alasan: males aja. Ternyata bisa bikin beras jadi enak ya?? Thanks Nge... Gw seneng banget baca blog lo deh. Penuh pengetahuan & hal-hal indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah gw ga tau klo di ausie gimana ya di. Tapi ini maksudnya di cuci itu cuma di tuang aer, aduk2 buang, trus ulang lagi sampe bbrp kali. Cobain deh beda ato engga, kalo kemaren punya gw ini kerasa banget bedanya.
      Aduh, jadi malu lu tulis gt di hahaha... ga selalu indah kog~

      Delete
  5. gw baru tau nge ada beras yang ga perlu dicuci. kalo gw sih masak nasi, berasnya pasti selalu cuci hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin cuma di jpn cin, soalnya gw nemu jg emang disini sih....
      dulu jg waktu awal dateng selalu nyuci, cuma trus ada yang bilang klo ada versi ngga perlu di cuci jadi nyoba deh.

      Delete
  6. kalo disini sih beras harus dicuci buat ilangin debu dan kotoran lainnya hehhee..
    kalo disana mungkin udah dicuci sama pabriknya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seingetku klo di indo kan karungnya aja atau plastiknya itu ngga terlalu bersih. Apalagi klo beli yg 10kg keatas. Klo debuan kan otomatis perlu dicuci ya. Klo di jpn skrg banyak yg udah dicuci krn memang ada mesinnya, jadi kadang beli sayur jg maunya pilih yang udah cling ga ada tanah atau kotoran :)

      Delete
  7. nge...gueh udh pindah ke lombok, jadi beras yg enak disini merk apah??
    hahahahahaha
    g penting banget pertanyaan gueh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeee.... gw ga tau perberasan di lombok ada apa aja hahahaha...
      lu tinggal dimana?? ntar mampir lah tempat nyokap gw trus tanya2 gitu klo perlu hahahaha.

      Delete
  8. Baru tauu nihh.. Selama ini memang selalu nyuci dulu, kan kotor yah dari pasar.. Tapi dari penggilingan sndiri kalo dr rumah juga tetep dicuci, air cuciannya buat nyirem tanaman soale..heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, klo di indo haruslah dicuci.. klo disini emang ada yg khusus ngga perlu dicuci.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...