Wednesday, October 16, 2013

Nano Nano Japan - 24 (Yuru Kyara)

ゆるきゃら=Yuru Kyara, ini singkatan dari ゆるいマスコットキャラクター(Yurui Masukotto Kyarakuta-). Ada yang udah bisa nebak ini apaan?.... Ini tu artinya Mascot Character. Dan karena bentuknya seperti stuffed toy, jadinya dikasih embel-embel yurui alias lunak.

Boneka Maskot ini biasanya buat representasi dari "sesuatu" dan dipake buat promosi. Jadi misalnya nih pengen promosi tentang gunung Fuji, dibuatlah maskot yang bisa menggambarkan gunung Fuji. Atau kalo misalnya nih, kita punya bisnis jualan Pisang Ijo... buat promosi untuk narik pembeli, bisa aja dibikinin maskot berbentuk Pisang pake warna Ijo yang tugasnya mejeng didepan toko misalnya. Jadi Maskot ini memang tugasnya buat promosi jadi harus dibikin semenarik mungkin.
Kebanyakan maskot yang dibuat itu cenderung kaya anime atau kartun. Jadi anak-anak biasanya demen banget kalo ketemu Yuru Kyara ini. Oh ya, si Brown yang di Line kaya foto dibawah ini sebenernya juga termasuk Yuru Kyara loh. Tapi ini Yuru Kyara-nya punya perusahaan bisnis gitu(punyanya si LINE).

Selain Yuru Kyara milik perusahaan, disini juga ada Local Yuru Kyara. Jadi hampir semua daerah di Jepang punya Maskot mereka masing-masing. Dan biasanya maskotnya ini juga menggambarkan tentang daerah yang dia wakilkan, jadi ngga sembarang bikin. Jadi misalnya untuk Ueno, disana ada kebun binatang dan kebetulan binatang yang paling populer itu Panda jadilah maskot mereka bentuknya panda(Ueno Panda Kun). Trus ada juga Chibakun, maskot anjing yang ngewakilin Chiba. Anjing ini kalo diliat dari samping bentuknya seperti wilayah Chiba kalau dilihat di peta. Ada Juga Unarikun, ini maskotnya Narita yang mana disana ada airport jadi maskotnya berbentuk pesawat. Ada juga Gunmachan dari Gunma Ken yang terkenal sebagai wilayah horsebreeding waktu jaman dulu.
Dan sejak tahun 2010, ada Yuru Kyara Grand Prix. Jadi semua maskot ini, entah yang punyanya perusahaan atau pemerintah(lokal) di lombain buat jadi yang paling favorit. Tapi biasanya kalau udah menang sekali, tahun berikutnya udah ngga boleh ikut lagi sih. Ini yang boleh ikutan voting itu semua orang asal daftar di websitenya. Nanti setiap hari boleh voting sekali.

Juara tahun 2010 itu Tabokun, dari Shiga ken. Tabokun ini sebenernya ilustrasi dari Takanori Nishikawa(T.M Revolution) yang asalnya dari Shiga ken dan jadi ambassador untuk pariwisatanya.  Lalu tahun 2011, pemenangnya adalah Kumamon dari Kyushu(yang mana disana ada daerah yang namanya Kumamoto ken). Maskot ini sebenernya untuk promosiin JR Shinkansen Kyushu. Si Kumamon ini bahkan sampai sekarang masih eksis banget dan banyak yang suka juga. Jadi sekarang barang-barang dengan gambar Kumamon banyak yang koleksi dan dijualnya juga sampe keluar Kyushu, alesannya sih biz trip sambil promosi gitu. Trus yang terakhir tahun 2012, pemenangnya adalah Barysan, dari Ibari Shi Ehime Ken. Jadi Imabari ini terkenals sebagai kotanya Yakitori(sate ayam), makanya si Barysan bentuknya ayam. Trus crown dikepalanya itu sebenernya buat ngelambangin Jembatan Kurushima Kaikyo, yang menghubungkan kepulauan Shikoku(wilayah Ehime) dengan Honshu(wilayah Hiroshima).
Tabokun
Kumamon
Barysan
Grand Prix untuk tahun 2013 sedang berlangsung. Pesertanya ada 1500an kalo ngga salah. Itu juga termasuk maskot dari luar negri yang ikutan. Kira-kira tahun depan, Indonesia mau ngirim Ondel-ondel ngga ya? Oh ya sayang banget untuk yang tahun ini si ふなっしー(Funassyi) ngga ikutan, padahal maskot yang satu ini lagi lumayan terkenal karena heboh banget gerakannya. Sampe-sampe persaingan antar maskot ini juga bikin dia di-iri-in ama maskot yang lainnya. Padahal bentuknya itu peyot-peyot gimana gitu, trus kadang bau juga kalo kata artis2 di tipi kemaren hahahha.


6 comments:

  1. Replies
    1. ada yg ngga lucu jg sebenernya mel... cuma gw males nyariin satu2 yg aneh2 gitu hehe

      Delete
  2. Oh ternyata maskotnya sengaja dibuat dalam bentuk kartun yah biar menarik anak-anak.
    Kalau tiap jalan-jalan ke daerah-daerah di Jepang beli souvenir Yuru Kyara gini kayaknya bisa ngumpul satu lemari ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biasa ada korner yg jualin goodienya si maskot2 ini. klo yg koleksi biasanya suka sampe bela2in hunting kedaerah asalnya.

      Delete
  3. Lucuuu2 banget yah Nge :D Emang Jepang terkenal anime nya sih yah, jadi udah lihai soal2 bgini.. Jadi pengen foto2 dehh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo foto kadang harus rebutan ama anak2 loh py :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...