Saturday, October 12, 2013

The Easiest Gateau Chocolate

Ini mungkin kue tergampang yang aku pernah bikin, serius!!! Dan beneran boleh dicoba sendiri kalau ngga percaya ya. Tadinya karena hari ini aku janjian mau pergi ketaman ama temen-temen, aku pengen bawa bekal atau kue.. tapi antara niat dan ngga niat banget, karena hasrat masih pengen tidur lagi setelah pagi-pagi nganter suami pergi keluar kota yang cuma sebates pintu rumah doank sebenernya. Akhirnya waktu balik ke tempat tidur, aku buka-buka cookpad trus ngetik keyword "kue coklat gampang". Yang keluar beneran gampang bin gampil semua sampe aku bangun lagi trus coba scroll kebawah-klik resep berikut-berikutnya lagi-dst....

Semuanya mirip banget dan boleh dibilang sama. Jadi sambil ngitung-ngitung waktu karena aku cuma punya waktu 50min buat bikin kue, mandi, dandan dan milih baju akhirnya aku nekat deh. Keluarin dua butir telor terakhir yang aku punya sama meises coklat merek cere*s yang udah mau expired. Trus meises nya aku coba lelehin di microwave tapi malah ampir kebakaran karena ternyata ga bisa leleh tapi keluar asep parah banget sampe aku guyur aer akhirnya supaya mangkoknya berhenti berasep, sambil harap2 cemas alarm kebakarannya jangan sampe bunyi. Untung masih punya stock meises lagi, akhirnya aku cairin lagi di pake wajan dan ternyata emang meises itu ga bisa dicairin ya, pantes aja tadi gosong di dalem microwave. Akhirnya supaya cair aku campur pake susu dikit(nekat) dan untungnya teksturnya berubah jadi kaya coklat cair juga akhirnya. Jadi tolong tehnik ini jangan ditiru, kita ikutin aja yang sesuai aturan aslinya.... ini dia :

Bahan :
3 butir telor
3lembar coklat masak(manis)

Ini menurut resep tapi sebenernya perlunya itu jumlah coklat yang sama dengan telor, tapi karena di JPN itu berat coklat lembaran kaya meiji dan kawan2 yang biasa dipake masak itu ampir sama kaya sebutir telor makanya ditulisnya 3 butir dan 3 lembar. Tapi karena aku cuma punya 2 butir ya aku timbang telornya trus coklatnya aku sediain seberat telor yang aku punya. Jadi buat yang dinegara laen dimana selembar coklat itu ngga sama dengan sebutir telor, resepnya jadi "berat telor = berat coklat". Gampang kan? (padahal bahasanya aja sudah sok njilmet)

Cara membuat :
1. Pisahkan kuning telor dan putihnya. Lelehkan coklat.
2. Campurkan lelehan coklat dengan kuning telur dan aduk sampai rata. Kalau males ngaduk boleh dimixer dikittt aja ya. Siapkan oven dengan suhu 180 derajat Celcius.
3.  Buat meringue, caranya kocok putih telur dengan mixer(high speed) sampai berbusa dan KAKU. Jadi ini harus beneran kaku kaya foam rambut gitu. Kalau masih ragu, coba cari gambar meringue di google ya :P (biasanya klo yg dingin, kakunya lebih yahud dan tahan lama)
4.  Campurkan meringue ke campuran kuning telor dan coklat sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula sampai rata. Jangan diaduk kelamaan juga ya! Lalu tuang kedalam loyang.
5. Panggang dengan suhu 180C selama 25min.

Dan hasil jadinya ngga kalah enak dengan yang versi njelimet dikit dari yang sebelumnya pernah aku bikin. Tapi akhirnya kue ini ngga jadi aku bawa, karena keluar oven masih panas banget padahal aku udah buru2 ngejer kereta. Jadinya bingung mau ditaruh ditas nya gimana cara dan ga sempet mau potong2 juga, akhirnya aku tinggal deh :( Dan baru dicobain waktu tadi sampe kerumah. Terus karena hasilnya ngga mengecewakan, akhirnya aku nulis resep ini deh.

Selamat mencoba....."kegagalan ditanggung pihak masing2 tapi kalau enak jangan lupa dikasih komentar dibawah ini" :D


5 comments:

  1. waaaa pengen nyoba ngeeeeee.. jadwal minggu depan deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus coba fan!!! Jadi ada bukti beneran bisa jadi atau engga hahaha ;)

      Delete
  2. Iya yahh gampil beneerrrr.. Klo pulang rumah nnti bisa banget dah dicobain.. Dikosan g ada oven.hiks..

    ReplyDelete
  3. wah keliatannya gampang.. jadi pengen coba cuma di rumah kaga ada mixer haha.. gw beli mixer dulu d..

    ReplyDelete
  4. Klo ga ada mixer hrs manual tp pegel bngt klo bikin meringue hahaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...