Tuesday, March 11, 2014

Bersemi Sebentar lagi

Sebentar lagi............sebentar lagi selamat tinggal musim dingin. Tapi biarpun dikata sekarang bulan Maret, katanya ini Maret yang dingin semenjak 30tahun yang lalu karena suhu rata-rata masih dibawah 10C aja. Cuma belakangan ini aku udah agak ngerasa lebih hepi dibandingin waktu awal musim dingin kemaren, biarpun aktifitasnya masih ngga bisa polll banget tapi sedikit-sedikit rumah kita udah ngga terlalu kaya kapal pecah & aku udah mulai balik kedapur lagi. Sempet kepikiran juga(setelah ngeliat acara di tv), mungkin kemarenan kena gejala utsubyou musim dingin :P Semacem sakit mental gitu lah, karena aku ngga ngapa2in beberapa bulan gara-gara bawaannya ngga enak. Jadi tiap hari pengennya cepet-cepet lewat aja, tapi aku ngga bisa tidur klo malem sedangkan siangnya kek zombie. Biasanya jadi baek sendiri kalau udah pas musim semi, tapi bisa jadi juga karena pas banget ngelewatin trimester pertama. Prosesnya sih ngga langsung tiba2, tapi kemaren-kemaren misalnya satu hari seger banget, besoknya KO lagi, gitu terus. Cuma dibilangin obatnya itu "berjemur matahari pagi" ama jalan/olahraga hahaha... Jadilah biarpun lemes, kalo pas hari cerah sambil tiduran berjemur matahari kaya anak kucing.

Nah hari ini kan cerah banget nih, mungkin karena minggu depan udah spring equinox, pagi-pagi kalau kita bangun udah ada matahari. Trus sinarnya itu ngga pelit cuma numpang lewat diselatan pendek banget seperti waktu musim dingin. Makanya tadi pagi jam 6am ya udah silau aja karena tirai yang tebelnya sengaja ngga ditutup jadi alarm alami, malah kemaren si K bangunnya pake acara loncat kaget segala karena dia kira udah telat saking terangnya.

Biasanya kalau kemaren-kemaren, pagi bangun cuma nyiapin sarapan, nungguin suami berangkat kerja trus balik molor lagi sebelum beres-beres..... sekarang aku bisa melek terus dari pagi. Tapi berhubung aku males kalau jalan-jalan keluar karena masih dingin, jadinya nyari2 kerjaan didalem rumah sampe bingung mau ngapain lagi soalnya kan bosen ya kalau nyeterika terus dari pagi sampe sore(dasar org Indo, semua2 mau diseterika....alesannya ngga punya dryer sih~).

Trus kemajuan juga kemaren udah bikin kue lagi stelah sekian lama *yang dimakan sendiri juga haha*. Hari ini rencana mau bikin roti(moga-moga ngga gagal).... iseng2 juga nyari resep baru, ngintipin masakan orang juga di instagram. Ini ceritanya sambil belajar, jadi sebenernya sosmed itu kadang punya info baru yang ngga terduga ya. Kan kalau jaman dulu, resep atau tips&tricks masak itu biasa dapetnya dari turunan orang rumah.... Nah sekarang semuanya bisa dicari diinternet. Trus aku kan penasaran ngeliat makanan orang Jpn yang lauknya pagi siang malem ganti-ganti mulu dan bisa 5jenis padahal jadi ibu RT kan ngga nganggur juga malah ada yang kerja segala, apa ngga makan waktu & capek kan pastinya. Ternyata itu ada ilmunya & emang di tv kadang diajarin sih kalau masak A dalam porsi gede ntar bisa dimodifikasi jadi B, C, dll trus kalau mau disimpen juga caranya gimana & berapa lama.

Akhirnya aku baru tau *gara-gara hashtag instagram sih*, ternyata banyak yang masak tu seminggu sekali. Jadi misalnya nih buat minggu depan mereka bisa siapin sampe 20-30 jenis termasuk side dishes nya, dibikin list dulu trus udah ngitung bahan2nya sekalian beli yang gede atau yang lagi diskon apa aja. Belinya juga kadang mereka ngga ribet ke supermarket karena pasti berat banget, jadinya beli online trus minta dianterin pas menjelang wiken dan biasanya semua habis dimasak atau dikelompok2in(buat yg ngga dimasak) dalam sehari & langsung simpen kulkas buat seminggu.

Abis itu, selama weekdays tinggal ngurusin anak, kerja, cucian, bersih2, ama ngapain deh gitu... ngga ada pusing-pusing mereka masak. Makanya biarpun pagi-pagi, bentonya bisa pada cakep-cakep, sarapannya juga full course(orang jpn klo sarapan menunya luar biasa soalnya *kadang kudu ada ikan bakar*), bahkan kalau ada roti atau kue yang cakep2 itu juga mereka bikin sendiri dan tiap hari ada aja variasinya. Sembah sujud lah ngeliat emak2 jpn ini (yang tanpa pembantupun bisa).... jadi mungkin mulai sekarang, mau coba belajar lagi... belajar masak yang sehat, praktis & efisien. Mungkin ngga sampe seheboh ibu2 jpn itu, karena ini yang makan juga masih berdua tapi sekalian nyiapin diri karena ntar klo udah ada baby pasti bakal sibuk banget, jadi jangan sampe suami terlantar & cuma makan onigiri *masih mending makan onigiri, daripada makan dirumah ce lain ya hahaha amit2*..........

Buat yang ngerti bahasa jepang, mungkin bisa dicari resep yang berhubungan dengan "ไฝœใ‚Š็ฝฎใ", malah ada bukunya yang "masak 2jam untuk 1minggu". Tapi lagi2 resep dijpn mgkn ngga gampang buat dibikin dinegara lain, jadi buat gantinya ya bisa dibikin mirip2 atau belajar tehniknya aja. Sebenernya dulu aku juga sempet bikin yang mirip2 waktu jamannya bawa bento pas kerja(ada di link ini), tapi karena masih ngga ngerti cara yang oke jadinya berasa banget capek. Kalau sekarang banyak banget yang bisa dibikin dalam sekejap pake microwave & alat2 dari 100Yen shop, termasuk masak nasi juga loh.

Btw, ini jadi kemana-mana ya mulai dari ngomongin musim semi, stress & masak... Kapan-kapan lanjut lagi deh, mumpung matahari masih bersinar & sedikit anget mungkin masih sempet buat bikin roti biar bisa ngembang...jadi harus buru2 balik kedapur dulu sekarang.

Ciao~

2 comments:

  1. Masak buat makanan seminggu, Nge? ahhh.. Mauu nyari juga ah.. Kalo pas kerja gini rada males buat bangun pagi trus masak..huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, klo kerja biasa dulu masaknya rombongan pi trus dikotak2in jadi klo pas mau makan tinggal angetin aja.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...