Saturday, February 21, 2015

MPASI - part 1



Baby R baru mulai makan dari umur 6,5bln an. Disaat anak lain disini udah pada dikasih mamam dari 4 atau 5 bulan.  Kenapa kog nunggu lama banget? Karena males sih sebenernya yang jadi alasan utama. Soalnya sehari2 aku udah sibuk buat ngurusin makanannya suami jadinya mau nambah bikinin si baby kerasanya makin rempong. Selain itu juga karena alesan bingung mo gimana ngasih makannya klo anaknya blum bisa duduk. Tapi akhirnya dijalanin juga karena ngga mungkin donk ini anak kecil ngga dikasih makan. Itu aja aku udah diceramahin banyak orang karena anakku katanya kelaperan & kacian banget *katanyaaaa ya* hahaha. Untungnya pas banget dia cepet bisa duduk setelah aku ajarin dua tiga minggu gitu, jadi marilah kita mulai mamam.

Apa yang terjadi selanjutnya??? Disaster hahaha. Anakku emang bener kelaperan. Trus akunya salah nangkep penjelasan yg dikasih di kelas mpasi dikantor kecamatan... Disuruh ngasih dikit tapi ternyata aku salah takaran jadinya beneran dikit banget. Jadilah anakku ngamuk2 beberapa hari karena ngga puas. Asli rewel banget sampe keriting mamanya.

Baru sadarnya waktu nanya temen yg punya baby seumuran. Makanannya komplit & ngga cuma secuprit, plus anaknya hepi. Jadi aku coba deh banyakin porsinya & ternyata si baby R nya juga seneng dikasih mamam lebih banyak. Walaupun kadang2 harus drama dulu pake nangis bombay cincang klo didudukin di high chair. Sampe kudu dipindahin di pinggir jendela biar ngeliat kejalanan sekali2(padahal winter buka jendela sampe menggigil dianya ketawa ketiwi).

Tapi emang perjuangan juga ya ngasih makan anak. Bikinnya ampe pegel, kadang dilepeh, kadang disenggol sampe tumpah, kadang ud diangetin anaknya nangis kudu ditenangin dulu trus udah terlanjur dingin (diulang 3x), angkat - dudukin di high chair juga sampe berkali2 kadang klo nangis. Cucian juga makin nambah(baju ama perkakas). 

Tapi menarik juga ngeliatin anak kecil ini yang dari hari kehari berubah terus. Ngeliatin ekspresinya nyobain makanan baru juga priceless banget. Kadang kocak banget sampe disemburpun mamanya masih bisa ketawa2. Kadang juga jengkel tapi mo marah juga ngga guna karena anaknya ngga ngerti, jadi cuma bisa ketawa2 aja deh.

Trus untuk memudahkan hidup... Aku bikinin stok makanan baby sekaligus trus dibekuin biasanya. Menunya ngikutin ala jpn punya. Awalnya cuma bubur(1:10), trus lanjut ke lauk satu jenis, baru setelah beberapa kali & ngga ada alergi buat bahan tertentu, lanjut 2 lauk atau di mix. Katanya sebisa mungkin kasih coba semua rasa & untuk awal2 yang cocok biasanya yang model umbi2an. So far baby R masih mau nerima semua yg disodorin kemulutnya biarpun itu pait atau asem, kecuali klo ngga bisa dikunyah aja.

Trus untuk masaknya sendiri aku ngga pake panci atau kompor, tapi pake microwave trus sayurnya taruh di kotak steamer atau mangkok yg ditutup plastic warp. 3min udah mateng tanpa perlu pake aer, jadi kadang perlu tambah aer buat diencerin juga. Selanjutnua tinggal dialusin pake blender atau saringan. Jadi ya lumayan juga sih hemat waktu, tapi tetep klo harus nyaring yg berserat pegel juga yak.

Abis sebulan ini rencana lanjut dengan makan 2x dengan macem2 variasi. Moga2 akunya ngga males bikinin si baby, supaya dia bisa nyobain semua & ngga pilih2 makan dianya ntar klo gede. Kebetulan juga dikasih buku resep mpasi ama temen & ngeliat instagram mami2 jpn, menu mpasinya menarik jg, jadi sedikit lebih semangat *dikit doank*


Jadi minggu depan menunya apa ya?? Lobak, teri, kentang, brokoli??? *semoga ngga males*


7 comments:

  1. Wah pinter n doyan makan ya R. Nge, invest di hand blender aja. Worthhhh banget. Gak usah saring2 lagi. Biarin seratnya masuk ke badan anak krn bagus juga untuk pencernaan dia. Jd melatih tummynya. Yg penting halus banget aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw ada blender le.. cuma karena disuruh alusin lewat saringan abis blender ya disaring lagi... soalnya seratnya itu beneran ngga bisa kemakan, jadi gw yg makanin deh. itu aja seret hahaha :p Tapi moga2 gedean udah jago ya.

      Delete
  2. Thats nice kalo Rahel mau makan banget :))) Ethan as this point, lagi ga mo makan sama sekali..huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya el.. untungnya sih masih banyak mau nya daripada engganya. Kadang klo ga mau ya udah gw skip. Ngurus anak tu beneran deh ya...keriting hahaha.

      Delete
  3. g makanan Zio di blender ga pakai di saring lho! wakakakakak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha hebat pit klo gt...
      Mungkin ini ajaran di jpn ya soalnya mereka makan dari 4 atau 5 bulan. jadi ada 3 step gitu : yg cair(saring), sedikit tekstur(ditumbuk), kunyah beneran(kaya org gede). Jadi per2bulan gitu naek level sama frekuensinya juga 1x, 2x, 3x... Klo diindo kayanya beda, soalnya anaknya cici gw langsung full course makan seharian gt klo menurut anjuran dokternya. Klo disini engga gitu.. Jadi beda2 lah yg penting sehat ya :)

      Delete
  4. Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    Salam.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...