Friday, June 12, 2015

Alergi Makanan

Cerita di bulan lalu yang berawal dari stok makanan si baby yang udah abis. Berhubung weekend aku niatin bikin stok yang baru karena hari Minggu udah pasti diluar seharian & perlu bawa bekalnya dia. Trus kepikiran karena dia belum pernah nyobain telor, sekalian aja nyoba makan telor supaya nantinya jadi bisa makan macem2. Jadilah aku masak telor yang setengah dibikin stok buat dadar & setengahnya lagi dicampur ama daging & lobak. Trus aku bikin sup ikan buri(yellowtail fish) juga. Jadi menu makan siang dia hari itu seperti foto yang ini :


Waktu setengah makan, seperti biasa dia mulai cranky. aku kira udah mulai bosen & pas disuapin juga dia ngga mau. Waktu itu telor yang kemakan kurang lebih yang dipojok kanan, itu ngga sampe 1/10 bagian dari telor yang aku masak karena yang lain udah aku simpen dikulkas buat makan besok2. Terus sempet ngeliat ada ruam merah tipis yang hampir ngga keliatan dideket mulutnya, seperti foto dibawah ini :


Waktu ini, si baby jadi agak lesu(diem aja & ngga banyak gerak). Waktu itu aku sempet sms si K bilang klo dia alergi telor. Trus karena tadi makannya baru sedikit, aku tawarin pisang. Biasanya satu pisang bisa dimakan lahap, kali ini makannya ogah2an & ngga abis. Jadi aku pikir anaknya ngantuk, ya udah lanjut nyusu aja supaya bobo gitu. Tapi anaknya ngga gitu mau nyusu & mulai agak nangis2. Jadi aku gendong-gendong. Trus selanjutnya..... dia sempet batuk2 dikit & ngga lama muntah nyembur banyak banget.

Baru deh aku mulai kepikiran kalo bakal gawat(gara2 sering liat acara di TV), takut dia sesek nafas kalo sampe saluran nafasnya bengkak. Tapi aku sendiri bingung harus ke RS atau ke dokter atau kemana karena hari itu Sabtu & kebetulan lagi sendirian dirumah. Panik banget trus ngabarin suami, sambil buru2 gantiin baju si baby ama bajuku yang kena muntah(sambil anaknya udah lemes tapi nangis2). Trus aku jalan kaki ke tempat praktek dokter anaknya tapi ternyata sedang break, karena tirainya ditutup atau mungkin udah jamnya tutup. Aku bingung mau ke RS mana tapi langsung naek taksi udah nyebut RS yang paling deket tapi pas banget si K nelp nyuruh ke RS yang lain jadi langsung ganti haluan.

Selama perjalanan ke RS, anaknya udah lunglai bengong, muka merah banget & badannya udah panas. Sampe di RS langsung ke emergency karena weekend. Tapi klo emergency gitu, juga ngga langsung ditangani kecuali diliat sekilas emang udah gawat banget. Jadinya disuruh nunggu sambil cek suhu & kadar oksigen. Karena yang ngantri banyak, jadinya lumayan lama kami nungguinnya. Sampe akhirnya si baby kayanya udah ngga tahan banget ama gatelnya dia digendongan udah meronta2 sambil jambakin rambutnya(mungkin kepalanya gatel banget), trus karena ngga tahan dia nangis sambil teriak2 & ngga mau berenti biarpun aku goyang2 atau susuin. Akhirnya baru dipanggil buat ketemu dokter & itu juga cuma cek bentar masih disuruh nunggu lagi(karena dokter yang senior lagi ngga ada sepertinya).

Sampe hampir sejam & si baby udah lemes banget baru akhirnya dia di infus buat netralin efek alerginya. Begitu di infus ngga lama panas & ruam di badannya udah mulai berkurang & dia akhirnya bisa tidur. Nafasnya juga udah ngga ngos-ngosan, jadinya dia relax banget & tidur lumayan lama. Akhirnya setelah infusnya abis & di liat kondisinya udah baik, dibolehin pulang kerumah. Cuma sempet ada kejadian waktu ngelepasin jarum infus, perawat yang sepertinya masih baru agak kewalahan ngadepin si baby yang banyak gerak. Jadi dia sempet missed trus sampe darahnya keluar & beleber kemana-mana sampe kena baju jg. Trus dia jadi panik & ngga enak ati sampe bilang maaf berkali-kali.....



Tapi puji Tuhan pengalaman pertama yang sempet bikin panik ini semuanya boleh berjalan lancar. Aku sendiri ngga nyangka kalau efeknya bakal sampe begini, karena aku & K ngga ngerasa ada alergi aneh2... Tapi belakangan aku baru tau dari mamaku kalau aku juga alergi telor waktu kecil. Trus baby R sendiri pernah ngga sengaja nyomotin kue atau makan makanan apa gitu kayanya so far selalu baik2 aja. Tapi ternyata aku salah banget... karena beneran biarpun cuma makan dikitttt banget, kalau sampai tahap yang lebih gawat bisa jadi jadi sesak nafas & nyawa melayang atau organ internal yang bengkak bisa rusak.

Sekarang aku jadi lebih hati-hati... tapi tetep aja kecolongan klo pas sedang meleng :P Dan sampe sekarang sebenernya yang jadi suspect masih antara ikannya atau telornya, itu ngga di test karena dokternya bilang ngga perlu. Jadi disuruh nyobain makan lagi & baru dilihat efeknya gimana. Mungkin sebulan lagi baru kita coba lagi ya nak...

5 comments:

  1. Aduh kasian si R. Tp dokter gue emang blg... kalau bisa telor itu dihindari sampai umur 2 tahunan. Kalau mau dicobain jgn langsung tp misalnya dlm campuran bread dulu aja *jd dikitttt telurnya*. Semoga jangan sampai kejadian lagi ya Nge.

    ReplyDelete
  2. pantes aja Dsa g sempet kaget pas 6M zio udah g kasih kuning telor, padahal telor tuh pemicu alergi, ikan pun udah g kasih pas MPASI, cuma udang, kepiting nih yang lom berani ngasih, walo g enggak ada alergi ama udang kepiting, tapi cici ama dd g ada, so... masih mikir-mikir mau kasih Zio udang nih :) Baby R sehat slalu yah ~

    ReplyDelete
  3. Nge, marco dulu alergi susu sapi beserta olahannya (keju, yoghurt), ikan n telur. Pas alergi itu keluar ruam2 merah yg gatel tp cuma sedikit2 di muka dan ga sampe pake demam sih. Nah dsa nya bilang biasa di umur 1 tahun alergi ini ada yg bs ilang sendiri tp ada jg yg terus sampe gede. Kebetulan marco pas 1 tahun emg ilang alergi nya dan uda dipesenin kalau konsumsi terlalu banyak tetep bs keluar lg. Kemarin ini sempet keluar lagi karena konsumsi telur kebanyakan hihihi. Dan yg gua baca katanya kalo alergi telur biasa pake telur organik sih aman. Jadi marco selama ini makan yg organik, tp gara2 sehari makan telor sampe 2 butir jd merah2 lg deh.

    Semoga alergi nya R pas 1 tahun juga hilang yahh ;)

    ReplyDelete
  4. waduh,..ngeri Nge......semoga cepet ilang alergi nya...

    ReplyDelete
  5. Paling ga tega liat anak kecil sakit :( Semoga kedepannya ga lagi2 ya, Nge.. amin..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...