Saturday, June 27, 2015

Roseola


Kemarinan sempet nulis soal Roseola ini, tapi ngga ke simpan hasil ngetik panjang-panjangnya. Jadi aku tulis aja lagi yang versi pendekan.

Jadi setelah kasus alergi yang waktu itu, hari berikutnya yang kebetulan hari Minggu, baby R panas tinggi dari siang hari dan berlanjut sampe malem hari. Tapi dia masih mau makan & gerak, jadi aku pikir ngga terlalu emergency(sesuai pesen dokternya). Seharian itu aku tempelin pereda panas dideket ketiak karena yang panas banget badannya. Aku sempet khawatir ini kelanjutan dari alergi tapi jadwal balik ke dokter masih hari selasa & aku emang ngga punya obat penurun panas. Sedikit beda mungkin dengan di Indo, kalau anak baby atau ibu hamil yang sakit biasanya kami dikasih obat racikan apoteker jadi disesuaikan & kandungannya seminim mungkin klo bisa... Jadi ngga bisa beli obat bebas. 

Hari senin pagi, panasnya udah turun & dia udah makin aktif. Jadi aku pikir udah sehat... ternyata siangnya panas lagi & sampe besoknya panas terus. Panasnya lebih dari 40C, aku udah takut lagi klo dia kejang karena semaleman panas terus. Dan gara2 itu, dia ngga bisa bobo. Dianya cuma mau nemplok aku kaya koala & nyusu terus(bener2 ngga boleh distop biar udah berjam2). Aku udah ngilu juga(plus panas banget karena dianya kan panas tinggi), mau gendong juga udah cape karena dia ngga mau ditaruh, jadinya bapaknya yang gantiin gendong. Paginya abis sarapan dia muntah...

Siangnya kita ke dokter... Dokter sempet curiga Roseola tapi dia belum bisa pastiin 100% sakit apa(lanjutan alergi atau apa gitu), jadi disuruh balik lagi hari jumat & diresepin obat banyak banget(untung aja gratis). Hari rabu udah mendingan panasnya, karena minum obat juga sih. Perjuangan juga ngasih dia makan sambil diselingin obatnya. Dan hari rabu itu juga agak sedikit ada bercak dibadan tapi masih ngga gitu jelas.

Hari Kamis anaknya udah lebih segeran lagi & udah ngga panas, jadi obatnya udah aku berhentiin. Dan hari ini juga dipunggung keliatan ada bintit2 merah seperti biang keringat. Nah kalau ini udah yakin deh kalau Roseola jadi aku udah tenang aja, tinggal tunjukkin ke dokter hari Jumatnya. Dan hari Jumat kita ke dokter dibilangin Roseola & udah dikasih lampu hijau kalau bintik2nya udah keluar.... Lega deh.

Roseola ini penyakit yang ngga ada vaksin kalau aku ngga salah(pernah dibilangin). Trus kenanya ke anak 6bulan keatas sampe 2tahunan. Klo ketularan, biasanya ngga langsung kena besokkannya... tapi sepertinya butuh waktu. Klo aku liat2 kayanya bisa sebulanan deh. Jadi wkatu itu ada anaknya temen yang kena tapi kami ketemuan setelah anaknya baekan, trus baby R giliran kena sebulan berikutnya. Trus waktu baby R panas dihari pertama itu, sempet maen ama baby laen. Nah baby yang ini kena juga sebulan berikutnya. Dan kalo udah sekali kena, ngga bakal kena lagi jadi aku pikir bagus deh sekali aja.

Trus tanda-tanda yang lain selain panas tinggi yang biasanya sampe lebih dari 40C, pupupnya bakal lebih lembek dari biasa atau mungkin kaya diare, radang tenggorokkan(mungkin karena panas). Panasnya kalau dihitung2 dari hari Minggu-Selasa/Rabu berarti sekitar 4harian ya. Nanti begitu panasnya reda, bakal keluar banyak bintik2. Ini yang paling jelas awalnya itu dibagian yang dipakein popok kalau aku ngga salah. Karena aku sempet pikir baby R kok diaper rash lagi(mungkin karena panas). Nanti bintik2nya bakal jadi agak putih atau mungkin ada yang bekasnya jadi sedikit coklat2. Tapi ngga perlu diapa2in ntar ilang sendiri setelah hari ke 6.

Sebenernya kalo kena Roseola ngga perlu minum obat atau pakein obat oles macem2(klo disini), cuma ada kasus yang anaknya ngga kuat klo panas tinggi bisa kejang2 atau sampe ngga mau makan/minum. Klo demam juga takutnya dehidrasi jadi harus rajin2 kasih minum. Dan kalau makannya susah(mungkin karena sakit tenggorokan), boleh kasih yang anak2 suka aja sekalian hiburan dikala sakit... klo anak2 di jpn pas sakit boleh makan dessert yang dia suka :P

Untungnya Roseola ini jadi penutup dari sakit2 bulan yang kemaren setelah pergantian cuaca... jadi sekarang baby R bisa enjoy maen2 lagi mumpung udah mulai panas.

2 comments:

  1. klo anak ga mau makan biasanya g kasih p*diasure, itu kan penganti makanan, photonya banyakin say~

    ReplyDelete
  2. Ic2...
    Gw ni males banget kadang ga mau makan gw biarin aja hahaha... Foto di IG ma FB aja ya pit yg banyak hahaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...