Tuesday, February 24, 2009

Ngegembel itu Hobi

Lagi males update...males ngetiknya sih huhuhu...Plus skrg lagi sibuk banget kerjaan. Itu postingan ttg HK & Macau yg ada di draft aja ga dipublish2x sampe basi dan jamuran[dan aku juga udah males nginget2x ngapain aja waktu itu huahuhaua....]

Aku mau cerita apa ya.....Cerita tentang keadaan disini aja deh.

Dijaman susah kaya sekarang[kayanya kog jaman susah melulu ya?]...Ya pokoknya sekarang2x ini nih. Kayanya lagi susah banget buat nyari makan, apalagi buat mereka yang pekerjaannya juga ngga tetep. Dan jangan dikira kalau negara Jpn yang udah masuk jejeran G7, G8 entah G berapa ini ngga ada orang susahnya juga. SALAH banget uii. Menurut aku dimana2x juga sama aja. Ada golongan atas ada golongan bawah. Ada yang hidup seneng, ada yang hidup susah. Cuma skalanya aja yang beda dan standard kemiskinannya pun beda.

Skrg disini lagi masuk masa krisis, entah berapa persentase pengangguran diJpN skrg ini[bentar ya googling dulu...] : 125,000 part-time workers will lose their jobs by March. Labour officials cannot follow what happens to all those who lose their employment, but of 45,800 who have been tracked, 2,700 became homeless. [diambil dari sini] Dan bakalan ada sekitar 2.7Jt orang yang bakalan berhenti bekerja. Kenapa kog dihitungnya perbulan Maret? Karena bulan April itu adalah waktunya musim semi, yang berarti awal ajaran baru, awal pekerjaan baru(pekerja tetap ngelamar kerja dari setahun sebelum mereka lulus kuliah supaya bisa masuk kerja di bulan April tahun berikutnya). Jadi, kita liat nasib ku sampe akhir maret nanti ya.

Tapi karena ekonomi JpN(terutama untuk bisnis otomotif lagi ancur banget), terpaksa banyak pegawai kontrakan/part time yang di tendang. Belum lagi para sarjana yang udah berharap banget untuk jadi 社会人(pekerja) terpaksa gigit jari karena ada beberapa perusahaan yang menutup penerimaan karyawan baru termasuk membatalkan penerimaan beberapa calon karyawannya. [wong yg udah kerja aja dipecat, apalagi mo nerima pegawe]. Ga lupa, motongin gaji pegawe, termasuk menghilangkan bonus dan uang lembur+lemburnya[horeee boleh balik tenggo terus dunk^^].

Ngeliat temen2x disekitar aku...Aku udah nemuin semuanya dari apa yang aku sebut disana, tapi Thx God karena aku ngerasa orang Indo tu lebih banyak persiapan dibandingin org JpN[CMIIW]. Kenapa aku bilang begitu? Karena aku ngeliat, orang disini lebih milih untuk menikmati apa yang mereka punya sekarang tanpa terlalu perduli kemungkinan2x terburuk. jadi intinya : gajian-senang2x/muasin hobi/shopping/untuk keluarga-habis duit-nunggu gajian lagi^^. Nabung? Ngga semua orang Jpn Nabung. Dan temen kerjaku sendiri juga bilang, kalo dia nabung pasti untuk tujuan jangka pendek n' lebih kearah pemuasan diri[e.g : jalan2x, beli barang mahal] Tapi bukan untuk mikirin "gimana kalo sampe aku jadi pengangguran dan ga punya kerja?".

Kenapa mereka ngga terlalu mikirin hal2x yang jauh kedepan n' diluar dugaan seperti itu, alesannya karena di negara seperti ini tunjangannya banyak....Beda dengan Indo yang kalo dulu aku mau kedokter aja dah pusingg setengah mati saking berapa kali pengalaman ke dokter harganya gila2xan ampe duit makan sebulan amblas[jadi mikir kalo ga ada duit gimanaaa coba?]. Sedangkan disini tunjangan kesehatan[kalau ikutan] Ada, dana pensiun Ada, trus kalo kerja kantoran transport ditanggung, tempat tinggal juga bisa jadi murah. Jadi mending mikirin untuk seneng2xnya aja kan^^. Toh juga kalo sampe dipecat tinggal cari kerjaan lain aja.

Tapi ternyata kan ngga seperti itu. Siapa yang nyangka bakalan sampe seperti ini. Dan nyari kerjaan tu jadi susahhh banget. Ngga punya skill dan kepandaian susah[sapa yg mau hire?], kepinteran juga susah[orang ga berani bayar mahal/takut dianggap ngga membayar sesuai skill] belum lagi yang ngelamar banyak gitu. Sampai2x terpaksa dan demi supaya jumlah pengangguran ngga terlalu banyak, diakalinnya dengan "mahasiswanya jangan lulus cepet2x". Jadinya mereka sengaja tetep stay dikampus supaya nantinya kalau situasi membaik mereka bisa lulus dan jadi fresh graduate(soalnya klo ga fresh graduate agak susah kadang). Gubrakkk... bingung kan? Aku aja bingung. Jadinya banyak yang memperpanjang kuliah dengan cara : dikampus[entah ngapain], pergi seminar sampe keluar negeri, ambil course pendek sampe keluar negeri juga, ato cuti kuliah liburan keluar negri juga kali ya [mumpung Yen lagi mahal].

Trus balik lagi ke masalah orang2x yang terpaksa dipecat, dan ternyata ga punya persiapan[simpenan duit] untuk selama jadi pengangguran ini. Aku ngga tau bagaimana cara mereka jalanin hidupnya[mungkin saja masi bisa part time di toko2x]. Cuma bayangin aja buat mereka yang tempat tinggal disupport kantor, kalo udah ga kerja terpaksa angkat kaki deh. Tapi mau cari tempat tinggal baru kemana??? Wong harga sewa rumah disini gila2xan. Akhirnya, banyak yang terpaksa angkat kaki trus keemperan deh.

Orang JpN ngga ada yang ngemis2x minta duit![Ada sih sekali aku pernah liat, tapi trus diciduk petugas]. Jadi, biarpun dah sekarat ngga bisa makan, mereka ngga akan ngemis[paling juga ngerampok toko]. Trus jangan heran kalo liat orang2x homeless disini. Mereka semua rapi dan teratur ngempernya didepan toko.

Aku sempet kaget, karena 2mg lalu waktu nganterin K ke Shinjuku. Di bagian pintu barat dan sepanjang terowongan sampe ke arah government building, penuh banget ama orang yang tidur disana pas udah jam 11PM.[sorry aku ga tega fotoinnya biarpun bawa kamera]. Tapi mereka semua tidur dengan rapi, bikin bilik kecil2x dari kardus, berbagi petak satu sama lain, saling bantuin nyusun kardus2xnya, dan ga lupa saling ngobrol+ngerokok+minum bareng[dan tempatnya bersih loh]. Bahkan ada yang punya tenda kaya tenda pramuka itu. Ngga cuma disana sih, ditaman2x juga banyak. Tapi ini winter jadinya kalau ada tempat yang tertutup bisa lebih baik.

Dulu manajerku pernah bilang kalau Homeless itu 趣味(hobi). Entah bener entah engga. Tapi yang jelas jumlahnya luar biasa sekarang. Sampai2x tadi pagi aku ngeliat ada 1 org yang sedang merogoh2x trotoar dibawah vending machine, demi nemuin uang recehan yang jatuh kli ya. Tapi sekali lagi mereka ngga mengemis!

Trus waktu dengerin cerita temen, kalo pemecatan tu ngga tanggung2x.[Ex boss dia kena cut setelah pindah divisi] AKu jadi mikir, apalagi pegawe rendahan kaya kita ini ya??.. Tapi aku juga masi ngga tau..... Makanya berusaha bersyukur ama apa yang ada skrg. Kalau masih bisa stay disini, aku akan puas2xin nikmatin JpN. Kalau nanti sudah waktunya pulang, aku bisa balik dengan bawa semua memory indahnya aja^^

Sebenernya masi banyak yang pengen aku tulis, tapi bakalan bosen krn ini aja dah panjang. bersambung kapan2x d^^.


*wish me luck ya^^*

-semua yang ditulis diatas cuma opini aku, selegkapnya silahkan periksa disitus2x berita yang terpercaya- ^^

2 comments:

  1. aku setuju sama pemikiranmu..kerja kan buat nabung untuk bekal di masa depan, boleh sih dipake buat senang2 juga, cuma ga langsung ngabisin hasil tabungan gaji bulanan..better save the money for the rainy days.. semangat ya nge, terus berdoa.. :)

    ReplyDelete
  2. yah ampyun.. ternyata bukan di aussie, indo, amrik, dan sing aja yah! di jipun juga begitu yah! sepertinya di beberapa negara banyak pemecatan karyawan, atau pengurangan karyawan hiks...

    semoga semua negara bisa melalui krisis ini yah :((

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...