Friday, March 27, 2009

Counter

Bingung ga baca judulnya??...

Harap dimaklumi, karena aku ngga tau mau ngasih nama apa[belum sempet googling].

Klo tukang sensus penduduk, pasti udah pada tau donk. Yang dateng dari rumah ke rumah, RT ke RT ato entah lah darimana kemana saja yang penting nyensus aja. Nah, di Jpn juga ada orang yang kerjaannya ngitungin orang juga. Cuma bedanya mereka ini bukannya berkunjung dari rumah kerumah tapi duduk dipinggir jalan atau ditempat2x yang emang sudah ditentukan.

Trus ngapain klo cuma duduk....

Aku sebenernya ga tau pasti mereka itu ngapain aja, yang pernah aku liat :
1. Mereka duduk dipinggir perempatan jalan. Ngga lupa ngitungin berapa banyak pejalan kaki/mobil yang nyebrang dari Utara ke selatan dan sebaliknya, Timur ke barat dan sebaliknya, Timur ke Utara, Timur ke selatan, pokoknya semua arah deh.

2. Di dalem stasiun waktu Rush Hour. Sambil ngitungin berapa banyak pengguna kereta di jalur A yang keluar dari pintu 1, pintu 2 turun lewat eskalator, lift, dsb.

Ya emang paling sering ketemu si tukang sensus ini kalo di jalan. Terutama dijalanan yg rawan macet + daerah yg banyak dilanggar lampu lalu lintasnya.

Kan sering tu ada jalanan kecil yang dikasih lampu merah, cuma kalo emang sepi gitu biasanya pada lenggang kangkung aja nyebrangnya. Nah itu diitung juga ama dia[tapi klo pas ada tukang sensusnya pada ngga berani ngelanggar, jadi ga valid deh].

Menurut aku kerjaan mereka ini bener2x ngebantu banget. Ibarat pengumpul data untuk sistem analyst. Nantinya hasil perhitungan mereka bisa dijadikan bahan dasar buat mutusin : Apa perlu nambah 1 gerbong kereta lagi, memberi petunjuk gerbong yang rawan kepadatan, nambah jumlah pintu keluar, memperpendek jeda waktu lampu merah, memperlebar jalan, merubah jalur kendaraan, dll.

Makanya jangan heran kalo baca ceritanya si greatrendyman klo dia waktu berangkat kantor tiap jalan dari stasiun lampu setopannya bisa ijo2x terus jadi ngga berenti2x^^[mungkin ini juga ada hubungannya]. Karena bisa jadi ada perhitungan antara jadwal kereta sampai lampu setopan supaya ngga terjadi kepadatan.*CMIIW*

Kadang sering banget klo kita lagi berkendara dan disaat2x rush, padat + terburu2x, pengennya semua lampu setopan bisa jadi ijo teruss ga pake merah. Cuma terkadang yang bikin kesel tu kalo baru aja kena merah, jalan sebenetar lampu berikutnya juga merah, merah terus lah pokoknya sampe jadi macet banget ga karuan.

Nah baru2x ini dideket rumah juga begitu. Jalanannya jadi aneh banget lajurnya. Bayangin aja jalan 4jalur, 3jalurnya itu untuk yang searah, sedangkan dari arah berlawanan cuma dikasi 1jalur doang[dideket perempatannya]. Trus ke-3 jalur nya itu lampu merahnya beda2x semua, ga barengan. Jadi belok kiri dulan, trus tengah, trus kanan. Jadinya klo udah kena merah jadi lama + ijonya cuma bentar banget. Belum lagi begitu merah, baru jalan ampe perempatan berikut juga merah. Lama2x bete karena jadi macet banget kalo pagi2x naek Bus.

Dan sekarang ini[mungkin ini juga berkat perhitungan si counter], udah ga gitu lagi. Jadi lampu ijonya agak dilamain untuk jalur yg macet + lampu2x berikutnya juga ikutan ijo juga[jadi ga harus berenti2x]

Seandainya di Indonesia ada sensus beginian, kira2x bisa nolong ga ya buat ngatasin macetnya jkt. Kalo perlu yg ngelanggar lampu setopan disuruh isi quisioner kenapa ga bisa tertib...

Jadi sekali lagi, thx God krn ada si counter yg udah bantuin mengatasi sumpeknya ibukota negara ini.

3 comments:

  1. bener sekali, kebetulan saya orang teknik sipil dan hal2 seperti bagian dari bidang saya spesialisasi transport. Saya juga pernah jadi counter seperti itu lho. DI indonesia sudah ada malah mungkin sudah umum di kalangan engineer tapi biasanya hanya di jalan2 protokol...

    ReplyDelete
  2. di jakarta yg bisa ngerangkap jadi counter entu si pak polantas kali yaa..

    pan dia biasanya tau daerah mana yg macet gara2 lampu merah

    tuh di harmoni, dulu lampu merah yg dari arah tomang ke juanda sebentar banget..padahal jalanannya sempit..jadi macet panjaannnggg...sekarang udah mendingan, rada lama lampu ijonya, tapi tetep aje macet...

    ReplyDelete
  3. @Heri : oooo...hahaha.. aku ga tau sih soalnya yg beginian. thx Infonya^^

    @Apostrophed : Yup2x bener juga sih keknya. Tp mgkn counternya ya cm ngira2x aja kli ya *pokoknya yg macet aja*^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...