Wednesday, June 3, 2009

Nano Nano Japan - 3

Sedikit update tentang nano2x Japan sebelum aku lupa hehehe....

Klo disini, namanya ngasih oleh2x biarpun cuma sedikit banget juga gpp. Tapi klo minta oleh2x itu namanya ga sopan^^[krn org JPN paling anti ngerepotin orang lain]. Jadi ada temen kantor yang demen banget mondar mandir naik kereta dari ujung ke ujung[mirip yg desha Otoko itu^^], dan dia sering banget bawain kita oleh2x dan rata2x semuanya enak meskipun cuma NamaChoco(nama itu kalo diterjemahin artinya mentah, raw/unprocessed jadi mgkn artinya cokelat murni) 1 kotak dengan isi kecil2x yg harus dibagi2x untuk satu ruangan. Jadinya cuma bisa ngambil 1bongkahan(secuil lebih tepatnya) sebesar 1.5cmX1.5cm. Tapi ya udah gpp, ga ada yg protes kog dan emang rasanya enak banget huhuhu. Lagian maklumlah, karena makanan oleh2x di sini emang harganya ga murah karena mereka selalu ngebungkusnya dengan bagus.

Makanya klo pas pulang ke Indo, kita bawa oleh2x pasti pada minta ini itu ini itu belum yg nagih : kog dikit? hahaha... amsyonggg dah^^ Krn jujur rata2x 1 kotak kue standard disini yg enak pasti diatas 1000円 begitu juga untuk teh(makanya kalau punya keluarga besar paling mabok dah). Temenku si abang Ren, waktu balik kampung pernah ampe beli puding yg bentuk dada cewe banyak banget buat temen2xnya hahaha(untung lu ga ditangkep di imigrasi krn menyelundupkan barang tidak senonoh- ga kebayang petugas imigrasinya pas scanning itu tas melotot ga ya^^). makanya paling demen deh kalo adek-ku ditanyain mau oleh2x apa trus dia ngejawab : mentahnya aja deh c^^ Siplah ntar kita shopping bareng...

Trus buat org Jpn juga, kalo kita ngasi oleh2x terlalu banyak malah mereka bakal ngerasa sungkan banget jadinya dan jadi seakan-akan perlu membalas budi huhuhu. Jadi pasti dia bakal ngomong gini berkali2x : "ii no kore?" - "ngga papa nih bener?". Sampe kitanya jadi ngga enak sendiri. dan perlu diinget kalo ngasi oleh2x keorang kantor jangan sampe yg gede2x banget karena mereka pasti ribet bawa pulangnya(apalagi naek kereta pas rush hour).

Duh...tiba2x jadi lupa yg aku mau tulis lagi hahahha....* break dulu bentar^^*

Oiyaaa.....ini dia~

Klo ke supermarket atau Combini(convinient store), hasil survey temanku menunjukan kalo ternyata didaerah makan dan terutama rak berisi roti banyak banget ditempelin tulisan : "防犯カメラ作動中" (kamera pengawas sedang beroperasi). Sedangkan dibagian rak lain ga terlalu banyak. Dan kemaren aku sampe bengong ngeliat begitu banyaknya stiker peringatan ini di bagian rak roti salah satu supermarket. Ini nunjukin tingkat kenekatan orang jepang buat ngutil(万引き) terutama untuk makanan karena mereka butuh makan buat hidup lumayan tinggi.

Disalah satu acara TV malah pernah ditampilin gambar dari salah satu combini di JPN dengan tokoh utama seorang laki2x yg selalu ngutil makanan dijam yang sama dan ditoko yang sama dan dicorner yg sama pula dia selalu masukin barang colongannya kedalem tas. Nah aku rasa, kamera pengawas ga setiap detik dipantau ama penjaganya tapi karena bisa merekam sampai seminggu atau bahkan 2 minggu, mungkin mereka sekali2x ngecheck juga record yang ada sampe nemuin si tukang ngutil ini. Makanya 1-3X masih ga ketangkep/dibiarin aja baru hari keempat begitu dia keluar toko setelah ngutil langsung dikejer ama penjaganya. Jadi saran buat yg mau ngutil : ati2x karena kamera terbaru bisa nge-zoom sampe keliatan seberapa gede tahi-lalat dimuka kita, dan sebaiknya pergilah ketempat yg belum banyak kamera warning atau mgkn justru ketempat yg banyak peringatannya(krn itu artinya mereka banyak kecolongan tapi miss) hehehe.... dan jangan kembali ketempat yang sama lebih dari 3X karena "mereka ga sebodoh itu la yawww"....

Notes : di Jpn klo pasang kamera pengawas kudu pasang stiker peringatannya juga. Klo engga bisa melanggar Hak asasi manusia ntar jadinya^^.

Nano2x yang lain, aku paling sebel kalo buka account bank dan apply kartu kredit trus disuruh nulis pin-nya langsung didepan si petugas. Biasanya pin disini cuma 4 digit dan setelah diisi langsung di seal ama mereka. Cuma ya tetep aja risih karena keliatan. Tapi sampai sekarang sih belum pernah ada kejadian account dibobol sih. Cuma yang lucunya mereka terlalu percaya banget sampe ga ada wanti2x ke kita supaya segera mengganti pin tsb(mgkn kalo diwanti2x malah jadi parno ama si CS-nya ya^^). Beda ya dengan di Indo yang kita dikirimin surat nomer pin awal yang setelah itu harus diganti sendiri lewat mesin atau internet.

Tadinya aku heran kenapa CC kog pake Pin, tapi baru ngeh kalo itu ternyata metode terbaru juga karena baca blognya naked-traveler. Dan aku sempet greget karena waktu di indo sempet gagal transaksi tapi trus slipnya dibuang gitu aja sama si penjaga toko bukannya dibalikin ke aku(mending kek buangnya udah dirobek2x dulu huhuhu).

Banyak cerita tentang temen2x yg udah berkali2x ditolak waktu nge-pply CC, tapi aku dari pertama sampe skrg tiap apply langsung dapet. Bahkan yg terakhir cuma perlu nunggu 30min aja udah bisa dapet kartu sementara yg bisa langsung dibelanjain(gara2x ngejer diskonan buat beli kado nih makanya bikin). Dan lagian limitnya gede plus dapet point juga. Jadi klo tiap bulan beli tiket langganan atau bayar tagihan pake CC harusnya enak juga ya, karena otomatis jadi nambah2xin point. Tapi jujur aku jarang banget make CC biarpun bisa dipake buat beli barang sampe nyicil 5X pun tetep aja ga kepake karena jarang shopping.

Buat yg belum tau, bunga bank di Jpn itu 0% loh. Sama sekali ga ada untungnya nabung, makanya si kakek dan nenek yg meninggal kebakaran di postingan aku sebelumnya lebih milih nyimpen duit dirumah hehehe. Tapi klo untuk deposit sih ada bunganya tapi seiprit banget lah kecuali duitnya udah banyak banget baru kerasa kali ya. PADAHAL ya, kita kalo ngambil duit di ATM cuma gratis di hari kerja antara jam 9AM-5PM doank(cuma sedikit banget bank yg free). Sisanya ada charge khusus. Rese kan?? Tapi pasrah deh harus ngikutin aturan. Makanya buat yg di Indo, rajin2xlah nabung mumpung masih berbunga biar cuma dikit siapa tau lama kelamaan jadi bukit^^.

Sekian nano-nano Jpn 3.

6 comments:

  1. nge, mana oleh2 buat gw ??? mana...mana..mana!! kalo gw mah nagih haha

    ReplyDelete
  2. klo lu gw kasih bungkusnya aja gw yakin dah seneng hahaha...
    Ntar gw kibulin klo itu kotak kue = tempat naruh aksesoris.

    ReplyDelete
  3. kalo ditagih ntar pulang kampung, beli oleh2nya di hyakuen shop aja, hehe :P *si pelit*

    soal oppai pudding, shunchan juga pernah bawa, temenku sampe ngakak habis2an (katanya enak sih btw)

    aku baru tau kalo bunga bank sampe sebegitunya, tp di sini juga rendah banget sih. aku lebih suka simpen di bank krn nyaman aja gak perlu bawa uang tunai

    ditunggu versi selanjutnya ya ^^;;

    ReplyDelete
  4. huahhh aku nich! apply CC ga di approve2 krn anak kost wakakaka :D
    apa gaji na kekecilan yah ?! gaya nich di indo sekarang kalo apply cc kudu gajinya min,4-6 jt lol!

    ReplyDelete
  5. @Heri : semoga bisa terus bersambung^^

    @Sri : iya hihihi cm masalahnya 100shop itu barangnya banyakan ya gitu deh suka ga tahan lama n jarang keliatan bagus.

    @Pitshu : hooo aku liat postingan ttg CC itu. temenku jg disini ada yg ke reject ampe berkali2x ntah knp. Keknya tergantung yg pegi survey deh. Jadi sebisa mungkin kasi alamat yg jelas biar orgnya bisa dateng nanya2x^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...