Wednesday, August 5, 2009

Nano Nano Japan - 4

Since nothing to do... maksudnya : kepengen multitasking nyelesaiin kerjaan yang seabrek sebelum summer holiday, tapi ternyata ngerjainnya kudu sequential kudu tunggu menunggu~ n' komputer yang lain lagi ngeload testing-an mari update blog sejenak.

Setelah dipikir2x, ngupdate Nano2x JPN aja deh.

Pertanyaannya : Pernah merhatiin tukang bangunan(ngga tega mau nyebut kuli coz emang beda) made in JPN ga? Khususnya yang tukang panjat memanjat gedung~

Nah...perhatiin seragamnya deh. (Mohon maaf karena belum nemu gambarnya jadi aku kasih link sementara)

http://www.flickr.com/photos/juho-v/273129935/

yang perlu diperhatiin.....Celana gombrongnya itu loh.....Gede banget *huss..* maksudnya bagian bawahnya itu lebarrrr banget sampe kadang aku sering mikir "ngga takut keserimpet apa ya?" Jawabannya udah pasti "engga donk". Alesannya : bagian ujung bawahnya dimasukin kedalam sepatu(yang biasanya kek sepatu ninja atau boot) atau dikaretin gitu biar ga menjuntai2x.

Tapi tetep aja, selebar itu apa ngga takut nyangkut ya?

Nah setelah mencari tau, tentang seragam ini.. ada beberapa penjelasan yang bisa aku ceritain(sekedar menterjemahkan sih).

Sebelum nyeritain tentang seragamnya, kita sebut dulu para pekerja panjat pinang(tiang) ini sebagai tobi(鳶). Nama ini diambil dari nama burung dan emang sudah demikian sebutannya buat mereka sejak Jaman Edo. Dan emang ini kerjaan yang lumayan "keren" lah istilahnya karena gelantungan di tiang2x bangunan =P

Karena kerjaannya memang agak beresiko, jadi biasanya para Tobi kalo kerja ada beberapa perlengkapan yang perlu dipakai. Mulai dari wirstband yang disebut Tekou, fungsinya untuk menahan keringat supaya ga jatuh ke telapak tangan termasuk melindungi arteri pergelangan tangan plus mencegah keseleo ato supaya kalo kenapa2x tulangnya ga kabur dari engsel-nya. Trus untuk sepatunya, nah yang tadi aku bilang kek sepatu ninja itu namanya Tabi. Ujung sepatunya bercabang(kepisah antara jempol ama jari yang laen), alasnya biasanya dari karet dan ringan banget. Katanya jenis terbaru dari sepatu ini dilapisi besi yang bisa ngelindungi jari2x (dari kejatuhan benda berat kali ya).

Nah kita lanjut ke bagian pakaiannya. Yang paling mencolok, udah tentu celana baggy-nya itu... Kadang2x dipakenya menggelembung gede banget saking lebarnya. Ini katanya sih hasil dari moderenisasi gaya berpakaian JPN jadul. Jadi mari kita bayangkan baju2x wong JPN jaman jadul(samurai2x itu)... Kimono, dengan lengan yang lebar dan celana lebar juga. Nah dari situ itu... supaya ngga keserimpet, akhirnya mereka ngiketin ujung bagian bawah celananya itu jadilah model yang sekarang ini. Tetep ngga gerah karena masi lebar, tapi juga ga perlu takut kesrimpet ama ujungnya.

Fungsi lain dari celana ini, ada yang bilang sih untuk sekedar sensor aja, jadi sebelum kaki kita nyenggol sesuatu, pasti bakalan kena ke si balon, bisa jadi penunjuk kekencangan angin klo pas lagi manjat2x tempat yang tinggi, buat menyerap keringat, ama melindugi dari benda2x yang jatuh. Dan katanya ujung yang diikat itu, tujuanya supaya bisa tahan berdiri lebih lama...

Lucu juga ya ternyata.... tapi yang penting "kapan aja dimana saja, yang penting gaya^^"...


Bye

3 comments:

  1. inge...
    kasih info baru..

    http://baltyra.com/

    Kaya koki gitu.Yg buat Josh chen..
    Dia dah ga gabung Koki lg..tapi buat web sendiri..
    Lumayan buat baca2 pas lg bosen.hehe.

    Ellen

    ReplyDelete
  2. HOhohoho...
    Tobi,,,keren yawh,,..
    Saya baru denger...He he he
    ya iyalah saya kan belum pernah menginjakkan kaki di Jepang,,

    But thanks dech atas bagi2 tulisan about Japan... :)

    Salam semangat selalu

    ReplyDelete
  3. @bocahbancar : u're welcome~ semangat juga yaaa^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...