Monday, March 21, 2011

Aftershock - 4

Hari ini, aku akhirnya baru balik kerumah setelah kemarin seharian berkeliaran(semoga ngga terkontaminasi radiasi) dan terpaksa menginap karena ketinggalan last train. Sebenernya aku sempet pergi kesalah satu tempat yang terkena tsunami di dekat sini(yaaa yang paling dekat dengan Tokyo deh). Ketemu beberapa orang Indonesia yang tinggal disana juga.

Sekilas tempat yang mereka tinggali kelihatan biasa-biasa saja(sorry no picture & i'll not mention the place). Tapi ternyata dampak dari gempa, tsunami & PLTN ini besar juga buat mereka. Jadi selama ini orang-orang Indonesia didaerah itu banyak yang bekerja di bidang perikanan. Tapi karena tsunami & gempa, banyak gudang yang tutup karena rusak ditambah air dan listrik juga sempet mati beberapa hari.

Mereka sampai tidur dimobil-mobil karena takut rumahnya roboh dan memang aku lihat banyak rumah yang gentengnya jatuh dan berhubung lebih dekat dengan pusat gempa jadi efeknya lebih besar, sampai ada yang retak-retak/kebelah juga rumahnya.

Cuma yang jadi masalah sekarang ini, mereka banyak yang menganggur(tidak punya pekerjaan), karena gudang ikan tempat bekerjanya ditutup. Dan karena itu mereka sempet pindah kerja diladang. Tapi ternyata, semua hasil panen daerah itu di "black list" karena masalah PLTN jadilah mereka pengangguran lagi.

Entah sampai kapan mereka bakal menganggur, sedangkan kebutuhan hidup tetap harus jalan... Apalagi mereka bukan WN Jepang jadi ada hak2 yang tidak bisa didapatkan. Tapi atas dasar kemanusiaan, aku rasa tidak ada salahnya untuk menolong.

Aku cuma bisa berdoa semoga keadaan bisa cepat baik. Hum... banyak yang pengen aku ceritain, tapi sayangnya ga bisa karena takut ada hal-hal yang bakal merepotkan nantinya kalau aku terlalu banyak ngomong :( Jadi sekarang lagi mikir cara yang paling baik buat bantu mereka... Seandainya setiap orang yang ngga mudik pulang bisa nyumbangin "uang tiketnya", pasti bisa jadi hal yang luar biasa nih, tapi aku rasa ngga mungkin juga. Karena banyak juga yang pulang trus menghambur2kan uangnya untuk makan enak dll.... Ahhhh seandainya aku bisa bilang sesuatu, tapi itu bukan uangku juga ya :) Aku cuma bisa bilang bersyukurlah karena masih punya pekerjaan, tercukupi hidupnya, punya rumah yg hangat, dll.

3 comments:

  1. inge, cuman berharap yang terbaik aja buat loe & semua yg ada disana..gw juga tanya kondisi temen gw dsana juga susah tuh..stok makanan pada abis d supermarket segala macem :(

    ReplyDelete
  2. cuma bisa berdoa semoga semuanya bisa kembali seperti dulu lagi (maksudnya, gempa berkahir, rumah2 bangunan yang rusak bisa segera di perbaiki, orang2 yang ga punya pekerjaan bisa segera bekerja kembali) seperti tsunami Aceh dulu. Amin

    ReplyDelete
  3. @urukyuu & pitshu : iya nih.. thanks ya... Kalau org JPN, mereka bisa dapetin bantuan mgkn dgn mudah tapi memang masih ngga semua tempat terjangkau jadi klo diliat di TV keliatan bngt ada kesenjangan jg. Tapi buat orang2 Indo ini, mereka ngga bisa dapetin bantuan krn ngga punya hak jadi mau ngga mau mgkn pilihannya cuma dipulangin, tp ada yg ngga bisa dipulangin jg krn mereka bukan didaerah yg "parah".. dilema d pokoknya... pdhl banyak anak2 kecilnya jg yg udah sejak lahir disini.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...