Tuesday, March 22, 2011

Aftershock - 5

Pasti lama-lama bakal bosen dengerin cerita tentang gempa ya :P

Ini beberapa cerita yang aku lihat di berita-berita & bikin aku terharu :

1. Seorang nenek 80tahun dan cucunya yang berumur 16tahun ditemukan selamat setelah bertahan selama 10hari dirumahnya. Ini yang luar biasa karena cucunya ngga ninggalin neneknya karena si nenek memang sudah ngga bisa jalan. LINK.

2. Tadi pagi liat di TV, ada cerita tentang seorang suami istri yang kerja di semacam panti jompo. Pantinya itu gedung 3tingkat yang lumayan besar. Tapi pas tsunami datang, tingginya lebih dari gedung itu sampai ada mobil2 yang nyangkut diatas. Nah si Suami ini, begitu ada peringatan tsunami, bukannya lari menyelamatkan diri malah sibuk mondar mandir ngungsiin orang-orang tua dari gedung itu dengan kursi roda. Bolak-balik terus deh pokoknya. Terakhir istrinya disuruh pergi naik ke bukit duluan & dia janji bakal pulang untuk ketemu lagi dirumah. Tapi sampai sekarang ngga ketemu lagi. Dan istrinya ini dengan mertuanya masih berusaha mencari tanda-tanda keberadaan si suami di sekitar gedung.

3. Ada pasangan suami istri, yang ngga bisa masuk tempat penampungan karena sudah terlalu penuh dan diprioritaskan buat yang lanjut usia, mereka berdua akhirnya memilih tidur di dalem kontainer barang. Jadi begitu gelap, mereka langsung masuk ke dalem, selimutan seadanya & berusaha tidur. Ngga kebayang deh, apa bisa tidur dengan keadan kaya begitu? Karena minggu lalu aja aku menggigil semaleman & ga bisa tidur karena ga pake heater & selimut cuma selembar karena yang lain udah disumbangin. Sedang diutara itu, mereka sampai turun salju. Mereka bilang : "lebih baik prioritaskan orang2 yang tua", padahal menurut aku mereka sendiri sudah berumur loh.

Itu beberapa kisah ya.... tapi sebenernya ngga semua yang baik2 aja kog :) Sebenernya mulai ada kesenjangan antar pengungsi. Karena ada yang bisa makan makanan hangat 3x sehari, ada yang cuma dikasi nasi kepal dingin sehari 2 kali @1biji. Ada yang ngga bisa masuk pengungsian jadi terpaksa dirumah. Tapi dirumah ngga ada air, listrik & makanan. Trus banyak juga sumbangan yang ngga bisa disalurin karena masalah transport dan mereka juga udah ada standarisasi tentang barang2 yang boleh disumbangin itu seperti apa.

Dari apa yang aku lihat di TV, disarananin barang-barangnya jangan dicampur-campur 1 kardus trus disumbang karena mereka bakal repot untuk misah2innya lagi. Jadi lebih baik per kardus, trus dilabel. Trus kalau untuk baju hangat & selimut lebih baik yang baru, karena sekali lagi ada standarisasinya itu untuk kebersihan jadinya mereka ngga bisa check kan satu persatu apa masih bersih atau engga, jadi kadang ngga bisa disalurin. Trus kalau bisa sih sejenis, jadi pengaturannya lebih gampang juga.

Yang lucu hari ini si boss tiba2 naruh aer 2L di deket keyboard aku. Trus pas aku tanya punya siapa, eh disembunyiin ama dia. Aku heran karena dia biasanya minum kopi 2L(4botol) & ga pernah minum aer kog bisa kesambet... Ternyata itu mau disumbangin ama dia. Tapi ternyata klo nyumbang aer tu kudu botol2 kecil 500ml hahaha... untung aer dia diterima, klo ngga dia bisa mabok minum aer putih 2L. Kenapa harus botol kecil??? Ini biar baginya gampang & memang dijatah. Kmrn aku lihat di TV, saking krisis aer, mereka cuma boleh minum 1/2 botol sehari dan memang sudah diwanti2.

Oh iya, aku nulis gini bukan berarti org JPN sombong ya, dikasi sumbangan milih2... Nope! Biasanya mereka tetep terima, tapi ada kemungkinan tidak tersalurkan aja. Soalnya mereka takut ada wabah lain krn sudah mulai ditemukan anak2 yang kena Influenza di pengungsian. FYI sebutan Influenza disini, dianggep Flu yang "parahhhhh banget", karena klo cuma batuk pilek demam meler biasa sih disebutnya dengan istilah lain. Jadi kalau Influenza itu kemungkinan udah ambruk ga bisa apa2.


3 comments:

  1. jadi sebenarnya klo nyumbang enakan dalam bentuk duit yah, bisa beli sendiri sesuai dengan standard, banyak video utube yang bikin g terharu, hmm... masih ada kemungkinan gempa susulan ga sih ?!

    ReplyDelete
  2. Pitshu : iya, itu juga Ok, soalnya mereka bisa atur sesuai kebutuhan termasuk nanti buat bangun2 lagi. Dan kalo ngga salah, mereka udah tentuin perusahaan yang produksi makanannya itu. Jadi mereka kasih duit, langsung disiapin deh. Soalnya gempa niigata yang beberapa taun lalu simulasi proses bantuannya juga begitu. mereka ga terima dari perseorangan, hrs dari lembaga2. Tp ya itu juga ada kelemahannya gitu deh...

    ReplyDelete
  3. kalo ngeliat dari yang proses penyumbangan duit jg ga segampang itu sptnya. terlalu banyak birokrasi sampe aku takut sendiri ntar begitu nih duit cair ntar dah ga perlu lagi orang2 karena dah lewat masa kritisnya(yg tktnya dah berakibat ke kejadian yg tdk diinginkan). mudah2an lancar d jalur donasinya...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...