Monday, March 14, 2011

Cerita Gempa (Panjang nih..)

Entah apa yang bakal terjadi ama Jepang kalau begini terus... Tapi semoga bisa tetap optimis & yang penting serahin semua ke tangan Tuhan....

Sekarang aku lagi dikantor & ngga konsen banget mau kerja karena cape juga karena tadi sempet jalan kaki hampir sejam jadi sekarang kakiku sakit lagi :p

Jadi aku sekarang cerita aja ya tentang kejadian jumat minggu lalu... kalau berusaha flashback jadi ga habis pikir deh, kenapa bisa begini...

11 Maret 2011, entah kenapa dari pagi hari tiba-tiba aja perut aku perih banget padahal udah sarapan. Sampai akhirnya nelen prom*g sampai 2x juga ngga hilang-hilang sakitnya. Akhirnya sudah sampe lemes banget & kepikiran mau pulang aja dari kantor, tapi akhirnya ditahan juga karena sayang kalau harus cuti dan lagian sudah hari jumat juga.

Sebenernya aku punya semacem alert yang aneh kalau bakal ada kejadian-kejadian ngga bagus, dan salah satunya itu adalah sakit maag yang ngga jelas. Ngga jelasnya itu karena biasanya aku udah makan & ga ada angin ga ada ujan dia bisa sakit banget sampe pengen muntah deh. Tapi aku ngga sadar sampe kejadian beneran karena aku sih ngga bisa bedain ama sakit maag yang memang kadang2 sering dateng, kepikirannya cuma gara2 malem sebelumnya kebanyakan makan sambel :p

*interupsi gedungnya bergoyang2 lagi*

Lanjut... abis makan siang aku coba konsen kerja lagi, entah kenapa balik lagi sakit perut & jadi ga konsen lagi padahal pengen cepet2 selesain kerjaan biar bisa tenggo. Trus entah kenapa waktu itu aku tiba2 malah buka bacaan tentang "akhir jaman" di Katolisitas & memang entah kenapa bacanya pas itu. Pas lagi baca komen-komen-nya, tiba2 si gempa dateng. Dan seperti hari-hari yang lalu, memang guncangan gempa di gedung aku terasa lebih keras karena kita ada dilantai 7. Tapi entah kenapa yang ini ngga berenti2 dan justru tambah keras. Jadi aku pegang meja kuat2 sambil keayun kesana kemari. Trus sempet ngetik di YM ke temen ku si "Rw" yang isinya "waaaaaaaaaaa" tapi saking gemeteran ga keenter enter.

Sampai akhirnya monitor 3M dan 17" yang ada didepanku mulai ambruk, trus ditahan ama si Boss jadi aku ngga sampe kejatuhan. Dan itu masih goyang terus sampai akhirnya aku bilang si Boss yang masih bingung "Pak...masuk kolong meja pak!!".

Dibawah Meja aku sempeti sekali karena ada titipan 1server kecil & mesin scanner, sedang meja diatasnya bergerak terus ga berhenti2. Ini keadaan paling ngeri seumur hidup yang pernah aku alamin. Aku sudah pasrah & berdoa "Salam Maria" dengan kencang berkali2 sampai getarannya hilang... Aku cuma kepikiran, kalaupun seandainya gedung ini roboh pun, aku sudah pasrah dan cuma meminta supaya Bunda yang terberkati Mendoakan kami semua hidup atau mati. Sorry kalau aku nulis sesuatu yang religius, tapi cuma ini memang kepercayaan aku. Sambil sesekali menyebut "Tuhan kasihanilah kami". Mgkn biasanya aku bakal langsung nangis kalau ada kejadian kaya begini, tapi entah kenapa hari itu engga & aku masih bisa bangun. Ambil emergency kit + helmet, jaket sekaligus beberes tas dan udah siap turun kebawah buat kabur.

Tapi ternyata pada ngga turun, udah gitu dibilang gpp & disuruh tunggu pengumuman dari pusat. Jadilah terjebak lagi di gedung, mana petugasnya ga muncul2 padahal udah sering latian keselamatan. Akhirnya aku duduk lagi dikursi lanjutin chat & YM sodara bilang kalau ada gempa gede & aku ga bisa keluar gedung.

Trus ada rekan kerja yang dateng duduk disebelah aku. Pas kejadian dia lagi ditangga darurat. Sampe harus pegangan kuat2 supaya ngga terpelanting. Trus ngeliat keadaan sekeliling, plafon di meja depan aku udah mulai kebuka. Untungnya rak buku dibelakang aku ga jatuh nimpa aku. Ternyata ada rekan kerja itu yang sembarangan naruh kardus dibelakng kursi aku, makanya aku bisa selamat ga kejatuhan rak. Sedangkan yang disebelah-sebelahnya udah pada berjatuhan kelantai. Dan pas lagi ngobrol2 itu, goncagan ke dua yang sama ajubilenya dateng. Langsung nyelip bawah meja & tarik kursi buat nutupin kaki aku yang ga bisa ditekuk sampai kedalem.

Pas udah reda baru ada alert & harus turun semua.................

Akhirnya turun ke tanah pekuburan di belakang kantor, udah penuh ama orang2. Berusaha nelp si K ngga bisa-bisa dan memang semua jaringan sibuk. Jadi satu2nya harapan cuma internet, tapi batere hape udah low. Pas lagi nunggu gitu, ada tsunami alert. Tapi orang2 ga panik karena kita di daerah yang jauh dari laut & agak tinggi dikit sih. Tapi Tokyo itu rata2 sebenernya deket laut semua sih.

Udahannya pada ngumpul trus nunggu intruksi. Jadi ga bisa pulang & harus nunggu :( Selama nunggu itu, ada temen yang buka ustream lewat e-booknya. Haduh gila, serem banget keadaan di Miyagi ken, sampe ga bisa bilang apa2. Akhirnya sesudah itu aku ke combini beli charge batere hp yg portable ama roti buat makan malem. Trus diajakin jalan kaki pulang ama bos & karyawan yang lain karena kereta ga jalan. Jadi dimulailah perjalan 13km, sesuai dengan quiz Christmas yang lalu itu hohoho...

Dan itu sepanjang jalan fulllllllll....penuh org & kendaraan. Maklumlah org Tokyo kan tergantung banget sama kereta, jadinya mau ga mau jalan kaki deh karena semua stasiun ditutup. Dan bnyk juga kakek nenek & orang yang jalannya terseok-seok juga ikutan diantara kerumunan, kasian banget. Trus klo pas lagi dijalan tiba2 henpon orang pada bunyi barengan toreett torettt toreetttt gitu, artinya bakal ada gempa yang "lumanyan". Langsung deh deg2an sambil nyingkir ke tempat yang ga ketutup. Temenku malah pake helmetnya pulang. Sedangkan punyaku dipinjem ama orang yang balik kerja dikantor. Padahal ada gedung2 di sepanjang jalan yang kacanya juga pada pecah jatuh kejalan sampe perlu police line.

Udah 1/3 jalan, kita mulai kelaperan, trus nyari tempat makan. Nah ini nih yang bikin aku nyesel :( Aku lagi pantang daging & jajan(makan), trus udah dibela2in biarpun maag ga minum susu plus beli roti biar makan dijalan aja jadi ga makan yang laen2, sekalian beli coklat buat kasih mereka yang ga bawa apa2. Eh malah udah tengah jalan, mereka ajak berenti makan ramen karena cuma itu yang satu2nya ga rame. Jadi aku juga ikutan, karena ga enak mo makan roti sendiri & bener2 lupa. Ngga inget sama sekali sampe udah pas mau deket rumah baru inget trus jadi nyesel banget :( Mana coklatnya juga ikutan makan pula. Lemah banget diriku *sebel huikz*

Aku jalan kaki 5jam kira-kira lamanya karena macet. Pisah ditengah jalan ama yang lain trus lanjut jalan pulang sendiri. Sampe rumah memang "udah berantakan" dari sononya sih :P Tapi ditambah ama barang2 di rak, meja & kamar mandi yang juga pada jatuh.

Udahannya langsung cepet2 mandi, trus pake baju lengkap, siapin backpack, sampe sepatupun aku kantongin trus iket di tasnya siap loncat jendela kapan aja. Dan ternyata diem dirumah lebih kerasa serem karena goyang2 mulu, mana sendirian. Akhirnya jam setengah 4 pagi baru bisa tidur(dengan baju lengkap itu tadi hahaha).

Dan selama itu jaringan HP hampir ga bisa dipake buat telp/sms, jadi cuma andelin internet. Dan lagipula memang telp lagi dikhususin buat keadaan darurat aja, jadi kesel juga klo ada yang telp sana sini tapi ga penting2 amat, udah pasti aku juga males angkat & ladenin.

Dan satu lagi yang agak bikin kesel, yaitu orang2 yang ngabisin isi supermarket. Emang sih mereka bayar, cuma agak2 keterlaluan aja. Soalnya didaerah aku harusnya baik2 aja, bahkan disekitar kantor ini juga adem ayem kalau aku liat. Tapi semalem aku mampir sampe abis bener2 abis barang2 yang udah siap makan, dikarenakan orang2 bermobil yang entah dateng darimana trus lari2 pada ngeborong disitu, kayanya mereka stop setiap combini dipinggir jalan buat abisin roti2nya. Sebenernya setiap pagi bakal direstock lagi, cuma kalau orang2 itu pada dateng lagi dijamin ga kesisa apa2 lagi deh. Makan ngirit dikit nape???? :P hohoho...

Trus kemaren juga udah diadain penyaluran bantuan buat orang2 Indo. Untung pas aku ngeborong pembalut buat dititipin, dikasih aja ama yang punya toko walau sempet dipelototin juga :P Duh moga2 aja makanan mereka cukup & ga kedinginan juga. Dan moga2 yang udah pada ngeborong makanan ga sampe basi gara2 mati listrik bergilir, kalo ga bisa2 mereka dateng lagi ngabisin isi satu toko cuma buat masuk tong sampah.........

Dan di website NHK masih ada warning kalau dalam 3hari sejak kejadian ada kemungkinan gempa bergeser ke daerah Kanto, jadi 70% kemungkinan gempa gede(nah kayanya gara2 ini jadi pada panik deh). Trus untuk masalah PLTN itu, doakan saja pelindungnya dibagian dalem itu memang bener2 kuat seperti yang diomongin. Karena aku juga ga ngerti mereka control darimana karena daerah bagian 1 udah diisolasi radius 20km. Dan mereka lagi berusaha terus supaya bisa "mendinginkan", tapi suhunya udah terlalu tinggi. Ntar deh kapan2 baru cerita lagi tentang PLTN ini, tenaga nuklir emang dilema banget buat negara kek JPN yang SDA nya terbatas.

Tolong tetap doakan kami ya.... Thanks juga buat yang udah nanyain kabar, tapi jujur aku sendiri pusing ngeladenin semua kalau ditanya2 terus apalagi klo ditakut2in, jadi tambah cape mental ini rasanya, wong tidur aja ngga nyenyak :P Tapi terima kasih... doain aja semuanya baik2 aja. GBU.

"Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya? Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?(Matius 6: 27-28)"

Tapi kog ya aku tetep aja khawatir ya hohohoho....

Khawatir hari ini ga bisa pulang kerumah krn kereta mati~ waaa.....

11 comments:

  1. keep hwaiting, Tuhan slalu bersertamu~

    ReplyDelete
  2. GBU nge... moga2 ga ada lagi de gempa2 n PLTN-nya mudah2an bisa cepat didinginkan.... still praying for japan ^^

    ReplyDelete
  3. aduuhhhh.... jadi cemas baca ini. padahal dah dgr byk blog & kabar dr sodara/teman di tokyo klo sana aman2 aja.... -_-
    God bless!

    ReplyDelete
  4. inge.. gue salut lo bisa tetep calm dan masih bisa mikirin orang lain di saat2 seperti itu.. helmet masi bisa dipinjemin orang lain, coklat juga beli buat orang lain.. hebat! baca cerita lo gue sampe serem juga lho.. parah banget yah sampe monitor dan lemari2 bisa ambruk gitu :(
    take care ya nge! semoga keadaan semakin baik..

    ReplyDelete
  5. semoga semuanya baik2 aja dan cepet kembali seperti semula ya, inge...

    gue ga bisa bayangin klo gue yg ngalamin, berhubung gue orangnya panikan. (T__T)

    ga kebayang juga jalan kaki 5 jam
    kasian ya kakek nenek yg kudu jalan kaki jauh (T__T)

    semoga "after a hurricane, comes a rainbow" seperti katy perry bilang. hehe

    ReplyDelete
  6. im a silent reader. cant help to comment.
    take care and keep the faith.

    ReplyDelete
  7. Semuanya thank you ya... Dengan doa kalian juga aku ngerasa aman disini. Tokyo untuk sekarang masih gpp tapi makanan pokok seprti beras atau roti susah banget ditemuin nih. Jadi terpaksa deh cari alternatif lainnya.
    Tolong doain terus ya...*hugs2*
    Sekali lagi makasih, GBU all.

    ReplyDelete
  8. God Bless u and Japan

    gw bolak balik buka blog kamu dari jumat last week, pas uda baca..lega

    Thanks God kamu dalam keadaan baik, tetap tabah dan keep praying ya non..^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...