Tuesday, March 8, 2011

Kecewa dengan Pos Indonesia

Kalau aja ngga kejadian dua kali, pasti ngga akan aku tulis deh disini. Cuma ini udah kedua kalinya aku ngerasa dirugikan. Sebenernya ada juga sih yang lainnya, tapi ngga perlu aku bahas deh.

Jadi ceritanya setiap akhir tahun, aku selalu ada ritual buat ngirim Christmas/New Year Card ke saudara dan termasuk buat ortunya si K. dan emang karena pengalaman tahun-tahun sebelumnya, yang mana kartunya pada telat sampe, akhirnya untuk kali ini aku tambahin perangkonya jadi 1amplop itu 3biji. Jadi bayangin aja kalau Pitshu ngirim kartu pos ke JPN cuma kira5rb rupiah dari Singapore dan sampai dalam waktu seminggu saja, kalau aku ngirim post card itu harus 2biji perangko deh minimal dan itu saja biasanya 2minggu. Jadi silahkan saja dihitung kalau 1perangko itu harganya 80yen.

Nah, balik ke masalah dengan pos Indo. Dulu aku kirim paket EMS ke Indo dan ternyata dibalikin lagi ke aku dengan keadaan kotaknya udah lecek ancur banget & kertasnya basah sampe tintanya belepotan, sampe harus dibungkus lagi ama pos JPN, PADAHAL alamatnya bener!! Karena itu bukan pertama kalinya aku ngirim. Akhirnya aku bungkus lagi, aku kirim lagi dengan alamat yang sama... EH sampe loh!!! Dan aku keselnya ya, EMS tu kan ga murah trus lagian apa gunanya ada kolom "NO TELP"??? Kalaupun seandainya pas dianter orangnya ga ada dirumah kan dia bisa telp atau ninggalin surat "tidak ditempat" supaya menghubungi kantor pos. Aku aja biasa klo pas ga dirumah juga dikirimin surat cinta buat dateng ke kantor pos.

Trus aku sering bandingin juga kalau kita ngirim EMS ke Indo, Singapore & Jpn. Begitu masuk wilayah Indonesia, jangan harap statusnya cepat diupdate. Paling juga diupdatenya kalau dia masuk custom ama dikirim ke kantor pos trus udahannya kadang ditulis terkirim tapi belum dianter2. Sedangkan di JPN & Sg, semua jelas banget : dikirim ke kantor pos mana, dan kalau sudah sampe tu kode posnya dimasukkin(sudah diantar ke kode pos sekian pada jam sekian). Cuma masih lah aku berterima kasih karena Pos Indo punya jasa EMS yang murah.

Balik ke masalah Christmas Card tadi. Kemarin malam waktu pulang dari kantor, aku ngecheck kotak pos. Diantara tumpukkan pamflet2 iklan yang ngejunk ternyata ada satu amplop hijau yang ternyata Kartu yang seharusnya aku kirim buat ortunya si K. Kartunya udah distempel "Alamat tidak dikenal". Trus aku pandang2in yaaaa lama2... Apa aku ga nulis nama kota, nama orang, kode pos, salah alamat atau gimana??? akhirnya aku konfirmasi ama si K, bener kog alamatnya & ga ada yang salah. Apalagi taun sebelumnya juga aku udah pernah kirim & sampe......Aneh kan? Padahal aku sudah berusaha menghindari tulisan tangan yang takutnya ngga terbaca jadi aku printout semua alamatnya. Tapi tetep aja~

Dan sekali lagi aku jadi kecewa lagi dengan Pos Indonesia........ Moga2 lain kli ngga ada kejadian konyol kek gini lagi.

PS : Di jpn, setiap orang namanya terdaftar di kantor pos setempat. Jadi kalau ada surat nyasar ke alamat itu atau namanya agak tidak sesuai maka nantinya akan dikirimkan pos Card supaya kita nulis nama seluruh penghuni rumah(alamatnya udah ditulis mereka) sekedar untuk konfirmasi. Bahkan pernah, namaku yang biasa memang ditulis First Last aja dicurigai karena aku kan terdaftarnya dengan format First Middle Last jadi harus konfirmasi dulu baru suratnya dikirim...

Mungkin sudah saatnya Indonesia nerapin sistem yang teroganisir mulai dari ID card, alamat/nama jalan yang terdaftar rapi, sinkronisasi antar sistem yang dipake.... mumpung di Indo kan banyak tenaga IT yg jago2 :) Soalnya kalau alamatnya aja acak adut, gimana bisa dipetakan buat GPS ya :P

5 comments:

  1. ga heran sih. dari dulu gw dah ga percaya sama kantor pos nya indo. jgnkan dibalikin, ilang ntah ke mana tuh surat. itu bukan masalah perangkonya kurang d.
    btw kupikir EMS itu sejenis kayak TIKI/DHL yg lbh terjamin lo.

    ReplyDelete
  2. g kmrn isenk ngecek tracking na EMS, paket ang lo kirim ^^ semuanya jelas boo~
    pas g cek yang kiriman dari korea hadiah CD itu ada report "missing" untung besok na sampe wakaka.. nanti g screenshoot dan g posting di blog g deh!
    Emang indo tuh parah banget dah, kek kirimian EMS dari lo ke tore chan, masa tube na bisa penyok ampyun banget kan~

    ReplyDelete
  3. Padahal bukan pos biasa ya? Kalau jaman punya sahabat pena dari Belanda, Belgia dan Italia dulu, mereka udah tahu setiap amplop agak tebal atau dikasih kartu2 alamat gak nyampe. Mungkin dianggap ada barang berharga:P

    Sayang ya, padahal kan niatnya mau kirim ke camer hehe..

    ReplyDelete
  4. emg tuh, nge.. udh mahal..
    bikin was-was sampe apa engga.. :p
    gw jg kmrn itu kirim undangan pake DHL akhirnya, takut ga sampe pake pos indonesia :))

    ReplyDelete
  5. Trik Jitu Cara Berjualan Tas yang kayak gini nih yang bikin kagak bisa tidur nyenyak kalo barang belums sampai2

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...