Wednesday, May 18, 2011

Sepanjang Jalan Kenangan

Jadi ini ceritanya pada suatu hari yang cerah, aku pergi ke RS buat ketemu si dokter. Ampyun deh dia datengnya telang 2jam kalo ngga salah. Aku sampe terkantuk-kantuk nunggu dilorong RS. Tapi kalau diIndonesia yang masyarakatnya suka beramah tamah jadi kalau bosen bisa sesekali ngobrol dengan kanan kiri dengan kata pembuka "Siapa yang sakit pak/bu?" Dilanjutkan dengan "Sakitnya apa?". Pertanyaan basa-basi ala dokter gadungan yang ngga mungkin ditemuin di JPN(atau mgkn Tokyo) deh pokoknya.

2Jam nunggu, si dokter yang terkenal nyeleneh ini akhirnya sampe juga diiringi wajah lega para pasien yang udah mulai jamuran. Berhubung aku sudah didaftarin seminggu sebelumnya, jadinya ngga pakai lama aku sudah dipanggil masuk. Trus si dokter ketawa ketiwi cerita ngalor ngidul tentang JPN(fyi dia dulu pernah study diJPN) sampai aku ngga enak hati karena pintu ruang periksa terbuka lebar dengan tatapan membunuh para pasien yang sedang ngantri diluar. Pas aku bilang ke dia "dok...haduh itu pasien yang ngantri banyak loh, ntar pada ngomel... Sus ni si pak dokter malah cerita2 tentang hobinya terus sih? :P" Si susternya nyaut "Iya, dia emang begitu. Suka ngobrol padahal pasiennya sudah nunggu lama". Udah digituin tetep aja dia ngoceh2 hahaha :D

Akhirnya pas kita nyusun jadwal, aku minta dikasih ijin pergi liburan dulu sebelum masuk RS dan rencana balik lagi untuk mondok minggu berikutnya. Pas udah mau keluar ruangan dia baru nyeletuk "Oh ya... dari tadi aku belum lihat kakimu!". Gubrak deh.... Pak Dok, Pak Dok~

Kelar administrasi, sempet bingung mau kemana. Berhubung batere HP udah hampir koit & ga bisa kontek2 temen, jadinya aku pengen sekalian jalan-jalan sendiri aja sambil city tour. Tapi jangan bayangin city tour ala tour, yang ini modalnya cuma dengan jalan kaki aja. Tadinya pengen naek becak atau angkot yang lain, tapi kayanya kurang menantang. akhirnya dibawah teriknya matahari aku mulai perjalanan dari RS, ngelewatin Gramedia trus mampir buat beli memo & bolpoint buat sekedar catet bbrp no telp dr phonebook buat emergency. Trus jalan lagi ngelewatin salah satu burger fav aku(sayangnya ga mampir beli waktu itu), trus ngelewatin gedung sekolahku yang sekarang warnanya udah beda banget.

Sempet nemu beberapa Spot & pengen foto-foto. Tapi jujur aku takut aja nenteng-nenteng kamera dijalan, apalagi jalan sendirian. Soalnya dulu pernah liat ada org naik andong dijambret dr motor, aku jg udah pernah kecopetan & ngeliat orang dicopet jadinya agak2 trauma gitu deh. Padahal jalan di negeri sendiri harusnya lebih ngerasa nyaman, tapi aku ngga berani ambil resiko. Sampai akhirnya aku berhenti didepan 1 pos polisi & ambil foto yang ini.


Trus aku lanjutin jalan lagi sambil ngelapin keringet yang udah mulai makin deras saking panasnya. Sesekali ada yang nawarin Taksi lah, manggil-manggil iseng lah, aku sendiri sih saking seremnya juga jalan aja terus pura-pura ngga ngerti dan mereka jadi lebih polite kalau ngerasa kita orang asing jadi ngga dipaksa-paksa sampe gimana, cuma berani ngeliatin aja.

Akhirnya aku sampe diMalioboro, dari dulu sampai sekarang ngga berubah & aku suka banget liat kaki limanya itu :) Sempet mampir sebentar ke Mall-nya buat ngadem & beli sesuatu buat si K. Dan ternyata WC di Mall jaman sekarang masih aja ya bayar^^ Percaya ngga kalo aku bilang posisi toko diMall ini ada yang ngga berubah dari 15thn yll waktu pertama kali aku dateng. Aneh tapi sekaligus bisa jadi kenangan tersendiri.

Waktu udah ngerasa lebih adem, aku lanjutin jalan lagi sampi keujung jalan dekat Kraton ngelewatin pertokoan & pasar yang ngga banyak berubah juga. Sayangnya aku ngga tau kalau hari senin Museumnya pada tutup, jadi aku cuma bisa foto dari luar. Trus sempet pengen mampir warung-warung makan dipinggir jalan buat icip2 bakso atau es buah, tapi aku nga yakin kalau perutku udah siap mental apalagi besok ada perjalanan jauh & aku ngga mau sampai mules2 dipesawat, jadilah aku cuma bisa lewat sambil nahan air liur... Mendoan, Sate telor, bihun goreng, soto...haduh Y______Y Akhirnya kau balik makan paket Panas di McD karena pengen yang praktis & cepet aja, sambil menghibur diri kalau ngga ada makan ayam pake nasi plus sambel kalo di Jepang. Kelar makan langsung cegat Taksi & pulang ke rumah tempat aku nginep.


Alhasil dari jalan-jalan siang itu, tanganku jadi belang kebakar matahari & keliatannya jelas banget pas aku foto di wedding temen waktu wikennya. Orang-orang kalau tau jarak aku jalan, pasti pada geleng-geleng kepala padahal menurutku jaraknya relatif terjangkau. Jadi kalau mau ke jogja trus puter-puter jalan kaki sih masih bisa asal dalam kota ya. Paling yang ngga tahan panasnya aja, tapi summer JPN masih lebih menggigit sih.

Sambil jalan aku sambil mikir kalau ngga kerasa waktu itu cepet banget ya berlalunya. Aku inget aku pernah jadi anak ingusan & ngabisin waktuku disana buat main, belajar, pacaran, dll. Time flies and people change.... begitu juga aku~ banyak hal yang nyenengin juga yang sedih2, tapi aku selalu inget kata2 ini : Don't cry because it's over. Smile because it happened. And i enjoyed every moment i spent on that day, because this place has a special place in my heart.

Next time aku bakal ajak si K untuk dateng & city tour lagi, karena katanya dia cuma pernah keJogja sekali dan itupun cuma beberapa jam aja buat kerja. Jadi buat yang belum pernah, kenapa ngga coba dateng mengintip Jogja, banyak spot menarik apalagi buat yang suka sejarah dan arsitektur kuno, banyak makanan enaknya juga :)

5 comments:

  1. huahh dikau ke YGY ? rumah na di YGY yah ?

    ReplyDelete
  2. jawabannya Iya dan bukan pit.. rumahku jauh hahaha :) mknya kemaren tu ngider2 ga bisa ketemuan di JKT :(

    ReplyDelete
  3. gw blon pernah ke sana nge >.< pas SMP mau kesana study tour, tapi lagi kerusuhan sih T____T

    ReplyDelete
  4. bulan oktober nanti ada plan ke jogja, jadi tambah ga sabar nihh...pengen jalan-jalan gitu juga...asli jogja ya?memang kalo pas ada kenangan masa kecil di suatu tempat itu membekas banget ya...

    ReplyDelete
  5. @urukyu : kalau ada chance, boleh deh mampir & coba searching diinternet tempat2 lainnya yg kira2 menarik...

    @khatsa : aku bukan asli jogja Kat. Tapi emang sempet lumayan lama jg tinggal disana.
    Buat yang suka museum di Jogja ada banyak, cuma sayangnya kadang ngga terawat padahal biaya masuknya itu kadang hampir sama dgn biaya masuk museum di JPN. Aku rekomendasiin Ullen Sentalu. Trus makan ditempat2 yang bangunannya masih kuno jg seru tuh kayanya. Tapi jangan ngarepin Mall ala JKT klo disana :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...