Friday, March 7, 2014

Ibu Hamil Makan Apa?

Makan apa aja asal bisa dimakan........... hahaha. Beneran aku ngga ngerti sebenernya apa yang boleh & ngga boleh karena dokterku ngga pernah ngelarang ini itu sama sekali. Pesennya cuma satu "yang normal-normal aja & jangan berlebihan". Jadi sampe sekarang udah sempet negak coca cola ama makan sushi. Soalnya sushi sih ngga dilarang kalau di sini, cuma memang ada ikan tertentu yang sebaiknya dihindari. Tapi kalaupun makan sushi, aku pilih yang aburi aja.

Berhubung berat badan lumayan turun waktu awal-awal, jadinya sampe sebelum 5bulan itu belum balik berat sebelum hamil. Dan kalau mau jujur ngeliat foto-foto pas sebelum hamil emang aslinya udah endut plus buncit juga *jadi malu*. Trus awalnya kan mau sok foto-foto tiap beberapa minggu gitu, jadi waktu tau positif, aku sempet tuh foto-foto bareng si K tapi abis itu ambruk beberapa bulan jadi lupakan lah itu foto-foto karena ngga ada lanjutannya sampe sekarang hahaha.

Karena waktu diawal-awal susah makan, jadinya sekarang lumayan hepi sih karena hampir semua bisa dimakan tapi ada beberapa yang aku suka terutama produk susu yang masih agak-agak susah. Jadi aku pilih beberapa makanan yang kira-kira cocok lah. Tapi kalau pas lagi ngga fit atau ntah kenapa, bisa jadi makanan yang biasa dimakan bikin diare atau muntah-muntah juga sih, misalnya, susu, keju atau apel. Kalau udah gitu biasanya istirahat dulu, ntar kapan-kapan baru coba lagi. Terakhir sih muntah-muntah parah kemaren2an ini gara2 apel, mungkin karena bikin gas jadi dari malem sampe besoknya muntah terus terpaksa nge-bubur dulu sampe redaan.

Sampai sekarang, makan udah normal jadi 3kali & porsinya juga normal malah kadang banyak. Waktu awal-awal sempet 5kali jadi bagian yang 3kali itu di split jadi 5x dimakan dikit2 soalnya masih ileran & sering banyak gas jadi ga bisa makan banyak2, sekalian buat gantiin kalo muntah. Trus sekarang ditambah ngemil juga sih pake buah atau dessert yang dimakannya ngga langsung waktu abis makan, tapi nunggu sejam atau bisa juga waktu pas berasa laper. Soalnya kalo langsung makan kekenyangan, perut biasanya jadi sakit & susah tidur malem malahan. Sekarang juga jadi rajin banget minum aer, tapi masih tetep berasa dehidrasi.

Trus sempet disuruh ikut parenting class, ditanya tentang gimana pola makan & diajarin cara ngatur gizi juga. Jadi dibilangin kalau bisa kurangin yang berminyak, kadar garam juga harus dikurangin supaya ngga bengkak-bengkak, trus pilih makan daging yan merah, sayuran juga wajib, ngga boleh over cooked, trus kalau ada mineral yang susah didapetin dari makanan sehari-hari sebaiknya minum suplemen. Jadi biasa yang penting-penting itu kaya zat besi, kalsium trus ada pasangannya juga ama vitamin-vitamin apa gitu yang bisa bantu si mineral kerjanya jadi maksimal, kalau ngga salah vit C ama B berapa-berapa gitu. Disuruh ngitung kalori juga, supaya ngga over sambil diwanti-wanti kalau sekarang repot gpp asal ntar pas lahiran lancar. Kata si susternya anggep aja over weight 1kg= proses lahiran bakal lebih lama 1jam.

Kalau kaya aku targetnya kan cuma boleh naik 9-12kg, itu dari awal periksa udah dikasi kertas warningnya ngga boleh lebih dari berapa kilo tapi karena beratnya turun dulu baru naik malah pada bilang baguslah, jadi nabungnya masih banyak hahahaha tapi ngga dikasih juga kalau naiknya langsung drastis. Soalnya kalau langsung drastis juga bisa bikin stretchmark. Dan dijelasin emang kalau naik 9-12kg itu ada porsi-porsinya buat dada berapa, babynya berapa, air ketuban berapa, dll.... trus ntar sebenernya cuma butuh sekitar 3kg buat lemak dibadan juga, gunanya buat tenaga waktu lahiran nanti. Jadi kalau naiknya ketempat yang lain-lain, ya itu balik lagi dia bilang 1kg=lebih lama 1jam. Jadi manggut-manggut aja deh kita...

Sempet diceritain juga ada yang awal-awal hamil cuma bisa makan kentang McD atau roti, dan dengan malu-malu aku terpaksa ngaku kalau punya kasus yang sama. Ternyata ada juga yang begitu :P Tapi sekarang udah engga McD an lagi. Setiap hari udah usahain makan dirumah kalau weekdays, kalaupun makan diluar juga kalau bisa pilih yang banyak sayuran. Ngga bisa minum susu, coba diganti ama yang lain trus buah juga wajib tiap hari(padahal biasa males banget).  Jadi buat panduan dikasih beberapa petunjuk ama daftar bahan makanan ama kandungan vitamin & mineralnya. Ada beberapa tips & trik nya juga termasuk resep. Dan disaranin kalau makan sehari kalau bisa sih memenuhi target kaya digambar bawah ini(empat sehat lima sempurna).


Gara-gara ikutan kelas ini juga, sekarang kalau ke supermarket jadi ngeborong aja kesannya. Soalnya jadi lengkap pasti beli buahlah, sayur, daging, telor ama nyari cemilan yang sehat. Tapi abis itu bawa pulangnya gempor bener naek tangganya hahaha.... Yang penting kulkas ngga kosong, jadi kapan aja pengen makan bisa langsung bikin. Tapi kadang-kadang kalau kangen banget ama masakkan Indo yang bersanten atau pedes, bikin juga sih tapi ngga sering-sering sih soalnya pasti ngga tahan pengen makan nasinya jadi banyak banget.

Oh ya ada yang tau ini daging apa ngga? Pas kebetulan liat di supermarket trus aku fotoin karena pengen nunjukkin ke si K apa dia mau makan ini.


Ini tu................. ikan Hiu!!! Namanya Moukazame atau Salmon Shark. Ngga tau enak atau engga... ngga beli, soalnya aku agak geli sebenernya ngeliat bentuk dagingnya. Tapi kata si K lain kali boleh dicobain, cuma siapa yang mau masak ya :P

Link resep(bhs Jepang) buat ibu hamil : 

10 comments:

  1. Makan apa aja lah nge yg mau dimakan. Cuma klo mau kurangin ya jgn makan yg mentah2 n setengah mateng.
    G apa aja embat..paling ga makan kuning telor yg ga mateng sama ga makan sate.

    Btw disana kynya strict banget ya ama kenaikan bb?
    Cewe2 sono pas hamil masih pada kecil2 sih yaaaa bodynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo telor gw makan nih na... Cm klo disini telornya beda, tiap pack ada exp date jd klo dah lwt tgl sih ga berani mentah/setengah mateng.

      Iya strict bngt, klo tmn indo bnyk yg kena warning suruh diet jdnya.. Alesannya spy ga lama nge-pushnya. Ini rata2 baru pd keliatan hamil klo 5bln jdnya...

      Delete
  2. sebenarnya sih makan apa aja yang penting 4 sehat 5 sempurna, kecuali yang ada kelainan atau masalah, kek g diawal kan ada masalah kekentalan darah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pit...jujur ini malah sbnrnya puas2in makan dulu sblm lahiran tp ya ga bnyk2. Klo dah nyusuin jd strict bngt malahan soalnya apa yg dimakan berasa di Asi nya(dibilangin gitu), jd ga bisa deh yg pedes2 ato yg aneh2...klo skrg anaknya ga bisa nolak huahaha *tega*

      Delete
  3. Nge, mungkin kan sana sayuran dsb sebelum dipak sudah dibersihkan. Kalau di sini kan agak jorok, jadi takut ada toxoplasmanya. Juga kalau raw egg, meat and poultry bisa ada salmonella. Jadi anjurannya makan yang matang aja especially trimester pertama. Kalau yang laen2 sih gak apa2, gua aja ngidamnya coke mlulu pas hamil huahaha... habis minum air putih rasanya aneh. btw edukasi untuk calon ortu bagus banget ya di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener... Ini ga berlaku ditempat laen hahaha... Soalnya disini semua daging, sayur, dll gitu ud jelas ada label tanggal, bikinan mana ama nyimpennya gimana... Klo di indo ngga mungkin soalnya klo dipasar semuanya ditaruh gitu aja & campur antara daging ama sayur. Jd klo mo mkn salad jg mikir2 ya.

      Disini kynya krn kekurangan penduduk jd mereka bnyk kasih support supaya pd mau pny anak... Tp tetep bnyk yg ga mau & malah piara binatang :(

      Delete
  4. sushi juga gua masih makan nge, tapi yg mateng hahaha... disini kan ada sushi yg mateng... coca cola juga masih minum sedikit... indomie pun masih makan, tapi bumbunya sedikit doang... ya abis pengen gimana dong hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo di indo gw malah takut makan sushi hahaha jd pasti milihnya fusion sushi me. Disini gw jg mkn yg aburi, tempura & salad gt...

      Iya, klo pengen dikitttt aja gpp... Gw jg awal2 ga bs minum aer putih ky si elsa.. Hihi jd hrs ganti yg laen...

      Delete
  5. Owhh jadi pas awal hamil dikasih tau yah berat maksimal nya.. Bagus yah, jadi bisa jaga2 juga :) Sehat2 terus yah bumil :)

    ReplyDelete
  6. Oh, udah di kasih target maximal berat badan yah....trus panduan nutrisi nya juga ok tuh.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...