Saturday, July 25, 2015

MPASI - Part 3 (10-11mo)



Dibulan2 ini, makanannya udah mulai makin kasar dan kadang2 aku sengaja motongnya lebih gede atau masaknya juga ngga terlalu lembek supaya bisa goal si baby R makan normal diumur setaon. Anaknya sih mood2an, karena dia sebenernya lebih seneng makan sendiri kalo bisa. Tapi aku agak ngga tahan ama bersih2nya, biarpun udah aku alasin pake koran tetep aja berantakannya ngga ketolongan. Untungnya si K yang lebih telaten dari aku, suka bersihin kursinya si baby dari kotoran nempel sampe bener2 cling.

Kalau di panduan jpn, sebenernya umur 9-10 bulan anak mulai pegang makanan sendiri trus dibulan ke 11 yang udah mulai dibiasain dengan sendok garpu. Tapi kayanya ngikutin perkembangan anaknya juga, kalau udah yang tipe bisa dibilangin/konsen, dia bakal mau belajar atau ngikutin atau nyobain. Tapi klo baby R masih tipe yang lebih suka buang barang(belum naek level), jadi dikasih sendok dll ya terbang karena dia cuma mau pake tangan atau disuapin.

Baby R dikit2 udah mulai tau rasa, jadi kadang dia milih ngga mau yang terlalu hambar. Sayuran juga udah mulai keliatan kalau dikasih yang utuh bakal ngga kemakan, jadi masakannya harus dicampur2. Dan sebenernya ada dibilangin juga kalau ngasih makan harus keliatan seperti makanan(yg ngga ky makanan yg gmn ya? Hehe), jadi anaknya ikutan belajar. Aku sekali2 kenalin/kasih tau ke baby R, menu sama isi lauk hari itu supaya dia belajar.

Baby R masih kuat makan buah... Tapi berhubung buah disini mahal, jadi cuma sebatas selingan aja. Berhubung menjelang summer, dia nyobain makan sakurambo(cherry), blueberry, semangka, ama momo(peach). Sedangkan pisang ama alpukat biasa buat sarapan pagi.

Telor yang tadinya alergi juga dilatih ulang lagi. Lumayan akhirnya dia bisa makan tanpa alergi heboh, jadi aku bisa bikin banyak variasi termasuk kue kukus ama pancake pisang. Selain itu juga mulai dikenalin baby food yang instan karena klo minggu aku biasa diluar dari pagi2 ampe malem jadi kasian klo dibawain bento yang ga fresh, jadi yang satunya makanan instan. Tapi aku sebisa mungkin bawain dia bento kalau ke jidokan ama buat lunch digereja.

Pernah kepepet pas lagi diluar trus makanannya baby R abis, aku kasih nasi putih ama comotin sayur2 rebusan yang ada, cuma belakangan udah mulai susah makan sayur. Biasa dia suka nasi putih(yang dimakan mamanya).. Jadi udah ampir goal kasih makanannya ngga selalu perlu yang lembek, tinggal PR berikutnya supaya bisa pake sendok garpu/sumpit sama ngga buang2in makanan plus nyobain seafood, kacang2an, ama susu.

3 comments:

  1. goal gua juga setaon uda bisa makan makanan normal hahahaha...

    ReplyDelete
  2. gw juga pengennya sih begitu setaun makan normal tapi ini gio udah 14 bulan makan yang kurang berair kayanya malah ke choke2 gitu hehe tapi keren banget itu photo2 makanannya :D

    ReplyDelete
  3. Makanan nya lucu lucu banget, Nge!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...