Monday, July 13, 2015

Tempat Kumpul Bocah


Sejak baby R mulai mobile banget, aku jadi ikutan sibuk buat ngarahin dia maen dirumah. Soalnya anaknya bosenan banget, apalagi klo ada aku dideketnya dia bakal ngga mau maen sendiri tapi milih manjatin aku seperti manjatin sofa... Udah gitu dia bakal merengek2, cuma ngga tau maunya apa(minta diajak maen cuma ngga tau yg dia mau itu yang mana). Selain itu dia bakal gigitin aku karena mungkin dianggepnya lucu aja ngeliat mamanya teriak2. Yang ada mamanya sampe parno dideketin anaknya karena tangan kaki semua dah lebam2.

Akhirnya setelah mikir2 jatah dia maen gratis di playground indoor bentar lagi abis... Suatu hari waktu jalan pulang dari lunch ama temen, aku mampir ke jidokan yang dideket rumah buat pertama kalinya. Jadi jidokan ini klo diterjemahkan "tempat anak2", semacem fasilitas pemerintah yang bisa bebas dipake oleh ibu hamil atau ibu2 yang punya anak & GRATIS.

Tadinya aku pikir tempat ini biasa aja karena ngga gede2 banget, tapi ternyata enak juga. Karena maenannya banyak, dan maenannya banyakan tipe edukasi punya. Trus ada event2 khusus kaya baca cerita, cara maen games ama anak, warabe uta(apa ya terjemahannya semacam menyanyi sambil bercerita), dll. Selain itu ada tempat maen outdoornya juga.

Waktu pertama kali baby R kesana, dia excited banget sampe heboh plus agak malu2in(norak). Soalnya dia nemu banyak maenan baru, jadi semua mau diembat dia & ngga mau share plus ngamuk klo dibilangin, udah gitu maenannya yang dia demen dibawa sampe nyempil dipojokan ama dia kaya tikus. Sedangkan anak2 sini semuanya anteng2 banget & sopan. Mereka kecil2 dah tau harus ngeberesin maenan, ngasih salam, ngantri, ngalah & maen bareng. 

Tapi namanya anak2 itu emang seperti sponge ya... Mereka menyerap apa yang ada disekeliling & aku sampe salut aja ngeliatnya karena ngga ada yang sampe teriak2 berantem heboh, karena staffnya itu juga helpful banget karena bisa ngarahin klo sampe ada yang lagi kenapa2... tapi aslinya org jpn juga tipe sungkanan jadi lumayan tertib. Paling yang mamanya cuek bebek aja biasa anaknya mo ngapain jg dia ngga gitu perduli.

Disini juga disedian space buat makan. Lucunya baby R mau banget makan disini sambil duduk anteng banget & cepet banget pula makannya. Jadi aku seneng ajak dia kesini karena ngurangin stress buat ngasih dia makan juga hahaha. Selain itu ada  asuransi juga kalo sampe terjadi kecelakaan seperti jatuh atau kenapa gitu.





Setelah beberapa kali dateng, baby R mulai berubah. Dia jadi lebih berani ditempat umum. Kayanya udah mulai ngerti buat maen bareng juga. Yang paling luar biasa itu... dia jadi ngga takut orang lagi, sampe temen2 gereja juga heran banget karena sekarang malah dia yang deketin orang minta digendong padahal kalo dulu dideketin aja langsung nangis. Selain itu cranky nya juga berkurang banget, karena selama disana dia bebas maen sampe cape. Jadi aku nidurin siangnya juga gampang karena pas diangkut pulang dia pasti udah KO dijalan jadi aku tinggal taruh aja pas sampe dirumah. Dia juga udah mulai ngerti klo ada yang lebih kuat, maenannya bakal direbut(dan dia bakal pasrah aja) hahaha.... Beberapa kali juga nangis karena dikerjain yang lebih gede, tapi bagus juga buat dia belajar.

Kayanya mulai sekarang kami bakal sering nongkrong ketempat ini karena emang cuma jalan 5min dari rumah. daripada aku pusing ngeberesin rumah yang ga ada abisnya diberantakin ama si bocah. Selain itu ngga perlu beli maenan banyak2 juga :) Aku juga bisa ada temen ngobrol daripada sendirian dirumah. Jadi anaknya maen aku bisa bikin pekerjaan tangan disana.

Oh ya disini juga ada corner buat kita naruh barang keperluan baby yang udah ngga kepake, yang boleh bebas diambil orang laen yang butuh. Misalnya baju atau popok yang udah kekecilan atau ngga cocok. Jadi lumayan banget juga jadi bisa sharing. Termasuk juga kalau musim panas atau dingin jadi menghemat listrik dirumah karena ngga perlu hidupin pemanas atau pendingin kalo ngga dirumah.

Moga2 abis ini baby R cepet bisa jalan jadi dia bisa lebih leluasa lagi maennya disana~ & bisa maen dikolam juga.

PS : aku ngga bisa fotoin keadaannya kaya gimana buat privacy sekaligus karena disini ngga boleh juga moto2in apalagi mosting foto anak org tanpa ijin. Jadi klo yg pengen liat2 bisa ngintipin google image ini aja ya : http://bit.ly/1USt1dk

11 comments:

  1. ah g kapan bisa ketemu Baby R yah ? wakakakaka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar ya pit tunggu gw mudik hehe...

      Delete
  2. jidokan itu gratis atau bayar? asik juga ya kalo ada tempat kayak gitu di jakarta, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ud gw update.... Gratisss hehehe.
      Tdnya gw jg mikir gt. Tp di indo rumah org gede2 & biasa tinggal rame2 jd kdg ngga perlu kali ya. Kecuali yg diapartemen gt. :)

      Delete
  3. Oh my..Rahel grow up banget ya nge..^^
    Baby no more!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy gw jg ngerasa gt... Tp kdg masih kaya baby jg el krn blum bisa jln hehe...

      Delete
  4. Asiknyaa klo ada tmpat ky gitu deket rumah. Btw kymya kelakuan org emang tergantung culture skitar kali ya. Bukan trgantung org kturunan negara apa. Kmrn itu main di kidzoona banyak anak cowo jepang (g tau krn pd ngomongnya pake bahasa jepang), maennya sama aja kaya anak2 sini kasar2 gedubrak gedabruk nyenggol2 nyikut2. Udah ketularan culture sini kayanya..hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini jg ada kog na yg gt... Biasa yg mamanya cuek2(ampir sebodo amat ama anaknya), mannernya keliatan beda... Tp ada jg anak yg mgkn terlalu hyper atau agak autis itu ada kemungkinan jg ga peduli sekeliling jd lari2 nubruk, nyenggol atau ngambilin maenan temennya... :p jd buat jaga2 hrs gesit menghindar drpd cedera haha.

      Delete
  5. wah seru banget gratis pula..
    "anak2 sini semuanya anteng2 banget & sopan. Mereka kecil2 dah tau harus ngeberesin maenan, ngasih salam, ngantri, ngalah & maen bareng. "
    wowww... beneran yach?? umur berapaan tuch?? syerem amat hahaha.. gimana tuh ngajarinnya supaya bisa kaya gitu hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tempat yg aku pergi cuma boleh 0-3thn kecuali ada adeknya yg umur segitu.
      Biasa umur setaonan udah bisa kasih salam. Misal ohayo,konnichiwa, bye2, arigato. Klo belum bisa ngomong diajarin gesture. Jadi mereka bakal nunduk2... baby R juga jadi ikutan hahaha. Soalnya org sini selalu kasih salam gitu.
      Klo ngantri... mama2 biasanya selalu bilang "urutan ya!"... udah mannernya, jadi anak2nya jg diomongin gt ngerti mereka. biarpun belum ngerti pasti dipindahin kebelakang suruh ngantri giliran. Beres2 juga, klo belum bisa mamanya yg ngerjain jd anaknya nyontoh, kayanya umur 2thnan dah pada bisa. Susah tapi krn harus konsisten ngajarin, tapi klo ga ngajarin gt.. agak malu juga ama yg laen :)

      Delete
    2. mantab2.... emang orang-orang jepang sungkanan sih ya hehehe but it's v good..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...