Friday, December 24, 2010

Me in 2010

Tadinya aku ngga pengen tulis cerita untuk postingan ini, karena pasti bakalan bikin aku sedih. Tapi aku pikir ngga apa-apalah supaya bisa dijadiin kenang-kenangan nantinya biarpun sedih :)

Awal tahun 2010, aku pulang ke Tokyo tanggal 31 Desember malem dari Hakuba dengan kaki di gips satu. Karena ngga bisa jalan, akhirnya si K bantuin untuk gendong aku selama perjalanan dari turun bus sampai ke stasiun. Jadi disaat orang-orang lagi seneng karena mau nyambut tahun baru, aku malah lagi kesakitan & akhirnya cuma pulang trus tidur.

Tahun barunya, aku sibuk cari Rumah Sakit yang mau nerima aku. Sebenernya K yang lebih sibuk nyariin Rumah Sakit & pinjeman tongkat. Dan berhubung semua tempat libur, jadi cuma bisa ke UGD dan itu aja karena bukan dokter spesialis jadinya cuma seadanya aja. Alhasil tiap malem aku cuma bisa nangis2 mulu karena kaki jadi kerasa sakit banget gara-gara dingin. Sampe akhirnya aku nekat pergi kerja dengan kruk & kaki di gips, bener2 rasanya udah pengen nangis sambil duduk dijalan sayangnya ga ada kursi di pinggir jalan & keretanya juga gila-gilaan penuhanya(jadi please klo eandainya kalian kalau ngeliat orang pake kruk, jangan dikira itu enak ya.. yang ada armpit, lengan, perut semuanya bisa sakit banget kalo kebanyakan jalan).

Akhirnya aku give up, nyerah ga mau ke kantor lagi... painkiller tu udah ngga mempan deh buat nahan sakit. Trus pas kebetulan si dokter telp suruh aku balik cepet2 ke RS & harus operasi segera. Stress banget deh.. soalnya aku disini sendiri & ngga bisa ngurus diri dengan kaki 1. Bahkan jalan ke kombini terdekat itu rasanya kaya perjalanan menuju ke neraka plus si K waktu itu masih tinggal di Kansai jadi begitu abis new year dia harus balik.

Akhirnya aku contact "seseorang" yang baik hati banget mau bantuin aku supaya bisa operasi di Indo. Kebetulan aku memang rencana pulang ke Indonesia krn si dd bakalan nikah. Akhirnya tiket di cancel trus diganti lebih cepet, ngurus surat-surat di JPN, cek up ini itu termasuk ngelepasin gipsnya. Bener-bener surga banget begitu gips nya dilepas, karena ternyata kakiku bengkak banget sampe biru ga berbentuk deh.

Naik pesawat ke Indonesia jg menderita banget. Aku punya masalah dengan yang namanya naik pesawat atau bus jarak jauh. Entah kenapa maag ku pasti kambuh. Jadi saingan aja deh perut ama kaki barengan sakitnya :P

Syukurnya lagi, begitu sampai di Indo ada "teman2" yang baik hati. Langsung jemput, anter makan padang dulu sebelum dimasukin RS. Jadi aku harus operasi bukan dikampung halaman. Dan berhubung semua orang lagi sibuk dengan acara nikahan itu, jadinya aku suruh mereka kelarin trus baru dateng jenguk aku karena toh sesudahnya resepsi bakalan di adain ditempat aku operasi. Jadinya aku sempet sedih banget tu waktu mau operasi ngga ada yang temenin, sampe waktu ada ibu pendeta yang dateng doain aja aku jadi nangis *ngerasanya udah kaya mau dijagal aja* Tapi untungnya semua berjalan lancar & kakiku udah ngga terlalu sakit.

Akhirnya acara resepsi si dd, aku masih pake tongkat & blum bisa jalan. Untungnya pas foto bisa ditutup2in. Udahannya aku minta diistirahatkan sebulan ditemenin dd paling kecil. Jadi kita ngekos berdua dan tiap hari kerjaannya cuma makan tidur, makan tidur. Mana temenku yang baik hati itu dengan sukarela jadi penyedia jasa katering & porsi makannya selalu double. Tapi beneran jadi anak kos itu emang enak banget, apalagi kalo dideketnya ada warteg yang murah meriah. Pokoknya aku seneng banget lah, mana si dd ini emang orangnya gampang buat dikibulin :P Maksud aku diajakin ini itu enaklah biarpun bokek~ Dia juga mau nemenin aku kegereja(dia bukan christian/catholic) duduk paling depan trus pulangnya ujan-ujanan cuma gara2 aku ngotot pengen ke gereja.

Sampe 1minggu sebelum aku pulang & sehari sebelum Sincia. Aku udah siap2 ngerencanain dinner berdua bareng dd tapi sebelumnya malah sudah janji mau ketemu A, B, C. Tapi pas setelah selesai mandi pagi, si dd langsung bilang "ce, disuruh pulang sekarang~". Aku ngga ngeh "mau pulang kemana kita?". Tapi akhirnya aku ngerti maksud dia apa karena ngeliat muka dia yang sedih.

Maklumlah, kita bersaudara semuanya selalu diperantauan. Kalau disuruh pulang, itu artinya ada berita "sedih" & selalu kaya gitu. Engkong aku satu-satunya ternyata dipanggil Bapa hari itu. Aku ngeliat muka dd ku aja sampe ngga tega krn aku tau dr kecil dia itu yang jadi kesayangan. Tapi kita berdua mau nangis2 bombay juga udah ngga bisa walaupun sepanjang jalan ke airport rasanya udah nyesek banget karena aku sempet janji2 mau pulang tapi akhirnya sampe mepet waktunya malah ngga pulang. Jadilah sincia tahun ini aku & sekeluarga ngga bisa membalas ucapan "gong xi fat coi", bukan karena sombong tapi karena sedang berduka jadi tidak dirayakan.

Pulang kerumah aku sempet ngerasa lumayan menderita, ngga cuma karena kaki yang lumayan bikin repot tapi juga karena rumahnya panas. Jadi sampe hari terakhir aku dirumah itu, ngga siang ngga malem, gerahhhh mulu sampe kucel bau dah. Plus karena sedih nangis2 mulu. Tapi aku inget waktu pertama kali sampe dipintu rumah, papaku malah pesennya "jaga mama kamu ya", maksudnya supaya ngga kecapean. Dan itu pesen yang sama dengan 2 tahun sebelumnya waktu Emak Passed away. Sampe saat terakhir aku ngga ngeh kalo pesen dia itu sebenernya, ngga cuma buat saat itu aja tapi untuk sesudahnya dan seterusnya.

Akhirnya aku balik ke JPN, kerja seperti biasa. Paksain kaki supaya bisa jalan & akhirnya bisa~ Sempet stress begitu balik2 udah diusir dari tempat tinggal yang dulu karena mau ditutup, tapi akhirnya nemu juga tempat yang sekarang ini. Trus si K akhirnya juga dipindahin kerja di Tokyo. Pokoknya banyak hal yang bikin aku seneng deh & sampe2 aku ngerasa khawatir karena happy nya terlalu berlebihan *udah pernah aku post tentang ini*

Tapi bener.... sesudahnya ada kejadian yang bikin aku nyesel banget karena ngga bisa nolongin temen aku sendiri. Akhirnya dia harus relain nyawanya dengan sia2. Gara-gara ini juga aku sempet sedih banget & tiap hari nangis nyesel karena aku ga berbuat apa2 demi dia.

Abis itu , aku inget hari itu hari jumat waktu pulang kerja, aku ngeliat ada 4misscalled di HP dari unknown yang berarti dari luar JPN. Ngga biasanya ada yang nelp2 gini berarti ada yang penting. Akhirnya aku telp ke cc aku dengan tebakan dia yang nelp. Ternyata pas ditelp, suara dia udah ngga karuan banget kaya org lagi asthma. Duh, feeling udah ngga enak~ dan ternyata bener. Sekarang giliran Papa yang diajak Bapa.

Kebetulan waktu itu aku masih dalem perjalanan pulang dari kantor & sendiri. Yang ada aku cuma bisa duduk bengong diplatform ngga tau harus harus gimana. Ngga lama si K dateng baru aku bisa nangis, tapi aku masih ngga percaya aja karena baru wiken kemaren ngobrol & suruh dia supaya cepetan sembuh, & baru hari rabunya juga telp ke mama buat ngecek keadaannya.

Thanks God malem itu ada orang yang baik hati mau bantuin aku buat dapetin tiket pulang untuk keberangkatan besok harinya padahal hari itu udah malem banget. Aku ngga tau itu mukjizat dari mana kalau bukan dari Tuhan~

Aku pulang, sampe disana.... ngeliat orang yang aku sayang udah ngga bisa senyum-senyum nyambut aku pulang kerumah. Rasanya hampa banget, sampe aku sempet bilang "Itu bukan dia......Aku mau ketemu dia!" Bahkan buat nangis aja rasanya udah sakit banget lah. Karena aku ngga pernah ngebayangin pulang kerumah & ketemu dia harus dengan air mata.

Tapi akhirnya aku sadar. Dia sendiri tau kalau sebenernya waktunya sudah tiba & ada yang ngga bisa dilawan oleh kita manusia. Aku sih berharap sesuai seperti yang ditulis kalau kebahagiannya itu dimulai dari saat itu, bersamaan dengan ramalannya yang ngga bersambung lagi. Sayangnya aku masih belum jadi anak yang berbakti & itu yang tetep jadi penyesalan aku sampai sekarang ini. Kalau seandainya waktu itu aku berbuat kebaikan & berdoa lebih banyak, mgkn Bapa masih mau kasih sedikit waktu....... *Jadi aku cuma bisa bilang : waktu itu berjalan terus, jangan pernah sia-siakan setiap detiknya buat orang yang kalian sayang*

Jadi sesudah itu, aku cuma bisa pasrah aja biarpun hati rasanya masih sakit banget. Aku bisa tiba2 nangis dimana aja, dan tiap kali air mata keluar tu rasanya sakit banget nusuk ke hati. Untung ada si K yang selalu nemenin aku selama setaun ini. Dan dia bener2 ngajarin & bimbing aku buat berubah. Ada beberapa hal yang aku pikir ngga bisa ubah, tapi karena ada dia aku bisa mulai menghapus coretan2 yang salah & mulai nulis cerita yang baru. Aku dari awal selalu ngerasa dia itu lebih cocok jadi malaikat daripada pacar :P Baek banget sih soalnya.

Bahkan dia tau kalo dulu si mom pernah ngga setuju kita jalan aja dia masih mau berbaik hati nemenin si mom jalan-jalan ke kebun binatang berduaan aja loh :D Emang si K itu hatinya tiada duanya lah.... Pantes aja banyak nenek2/tante2 yang demen hahaha~

Dan malem natal tahun ini, aku inget2 lagi semua ini sambil ga lupa terus2an ngelap ingus & air mata. Ternyata dari begitu banyak kejadian, aku ngerasa kalau aku masih belum jadi orang yang tulus. Aku masih iri hati, dendam, sombong, dengki & segala macamnya lah ke orang lain. Mau getok kepala kaya gimanapun juga tetep agak susah berubah. Tapi malem ini aku sadar, kalau ternyata segala sesuatu harus dimulai dari diri kita sendiri.

Jadi kita haru jadi lilin yang menjadi terang dunia & berdirilah teguh untuk itu, jangan pernah padam. Sampai suatu saat nanti ada yang menjadikan kita sumber api untuk lilin kehidupannya. Jadi ingatlah, ngga akan ada terang kalau ngga ada yang memulai. Dan kalau nantinya lilin2 itu sudah mulai banyak, bersatulah(coba saja gabungkan 3lilin atau lebih) maka cahayanya akan jadi lebih benderang. Itulah artinya, kita harus berbagi & bersatu/bersama2 untuk saling mendukung supaya lebih kuat............ *dicopy dr homili yang berkesan malam ini*

Semoga tahun yang akan datang lebih membahagiakan buat semua~
GBU.

5 comments:

  1. Inge, ga terasa air mata gua netes pas baca postingan lo ini..
    Semoga damainya Natal dan semua miracle memberkati ya Nge..

    Inge, g tau sedih pas flash back semua yang terjadi tahun ini.. tp ada hikmah dan makna di balik itu.

    Thanks for sharing such nice posting, gua yakin postingan ini juga memberikan inspirasi buat orang lain utk menjadi orang yang lebih baik lagi..
    take care Nge, hugs.

    ReplyDelete
  2. inge...semangat yaaa...
    merry christmas to you & your family.

    ReplyDelete
  3. Berbagai perasaan haru campur kagum berkecamuk di hati saat baca postingan elo, Nge. Meskipun banyak cobaan yang gua lihat elo malah bs memotivasi diri utk menjadi yang lebih baik. Tuhan juga menolong dengan mengirimkan teman2 yang baik dan terutama K.
    Merry Christmas and Happy New Year!!

    ReplyDelete
  4. Inge....semangat yahhhhhh...

    gw baca postingan lo,,,ga terasa mengalir air mata gw dan ga mau berhenti..(gw inget papi gw yg jg uda ga ada...and I miss him so much!!)

    percobaan kadang datang silih berganti, tapi gw percaya dibalik itu semua pasti ada hikmah nya dikemudian hari. dan Tuhan mau kita selalu datang kepada Nya.

    Merry Christmas & Happy New Year 2011 !

    ReplyDelete
  5. @Sakuralady : iya sedih sih masih ya.. cuma krn hal2 kaya begini jd bikin hal yg sedikit nyenengin jadi kerasa berkali lipat hepinya :)
    take care too wil, jgn lupa postingannya abis jalan2 nanti yaa^^

    @Urukyu : iya cin.. lu juga ya, pokoknya harus semangat terus :)

    @once_alifetime : cm berusaha supaya lilinnya ga padam aja, tp kadang rasanya udah kiyip2... iya, bersyukur banget buat orang2 baik disekitar aku....

    @Maya : tadinya setiap baca status temen2 yang pernah ngerasa kehilangan aku jg cuma biasa2 aja.. tp skrg tiap kali liat yg sedih dikit langsung mewek :(
    Tapi itulah hidup, yg penting jgn terlalu lama berhenti buat ngeliat kebelakang krn masih banyak org yg perlu kita perhatiin... Krn kita dikasihi Tuhan jadi sudah seharusnya kita jg mengasihi org lain...

    Merry Christmas & Happy New Year too buat semuanya~

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...