Tuesday, December 7, 2010

Nano Nano Japan - 13(Kaki)

Intermezzo sedikit :
Sama seperti di Indonesia, di Jepang juga ada musim-musim buah. Ada beberapa buah-buahan yang umum ditemuin disini seperti Apel, Jeruk, Strawberry, Anggur, Kiwi, Pisang dan beberapa buah -buahan khas Jepang yang cuma bisa didapatkan dimusim tertentu seperti Ichijiku, Yuzu, Kaki(Persimmon), Momo(Persik). Ngga lupa Semangka dan Melon juga jadi salah satu buah yang populer di Jepang.

Tapi perlu diingat kalau Strawberry tidak muncul diSuper Market saat musim panas dan Semangka ataupun Nanas susah banget dicari di Musim dingin. Sedangkan Pisang sih ada sepanjang taun karena di Import. Jadi ada buah-buah tertentu yang musiman, nah biasanya buah-buah ini yang ditunggu-tunggu.

Kali ini aku pengen cerita tentang buah yang namanya Kaki(Japanese Persimmon/Kesemek). Aku tau buah ini pertama kali sekitar setahun yang lalu karena dikasih Sensei. Dasarnya aku ini paling males makan buah, jadinya aku geletakin aja di kulkas sampe lama banget baru aku icipin. Tapi setelah diicipin ya biasa aja sih & langsung lupa rasanya seperti apa... mungkin waktu itu rasanya manis sama seperti pear, melon, apel atau buah-buah lain menurut aku.



Tapi kalau mau diperhatiin lagi. Kaki yang hanya berbuah menjelang musim dingin ini, banyak sekali ditanam dipekarangan rumah orang Jepang, selain jeruk. Dan aku yang awam akan buah-buahan ini(ditambah rabun jauh), selalu mengira kalau mereka itu nanem pohon Jeruk karena warnanya Orange-orange menggoda banget. Ibarat pohon mangga lagi berbuah, Kaki juga kalau berbuah bener-bener hampir satu pohon penuh. Terkadang daunnya udah pada rontok karena kedinginan pun, buahnya tetep nangkring dengan manis dipohonnya. Dan ini biasanya dibiarkan begitu saja oleh si empunya pohon. Tapi kog ngga ada yang maling ya?

Kesemek Jepang bentuknya agak gepeng, kulitnya sedikit keras seperti manggis tapi tipis. Jadi cukup dikupas seperti mengupas apel saja sudah bisa dimakan, tapi tidak semua kesemek bisa langsung dimakan seperti ini karena ada kandungan tannin jadi harus ditunggu sampai matang dan dibersihkan dedaknya. Tapi biasanya Kesemek yang ditanaman atau di jual sekarang ini lebih banyak yang bisa langsung dimakan. Sedangkan rasanya lebih mirip pear hijau.

Berhubung di deket-deket tempat tinggal aku yang sekarang ini banyak perkebunan, si mom sempet iseng2 mampir kerumah tetangga yang punya kebun Kaki ini. Trus saking kepengennya beli untuk dibawa pulang ke Indonesia... Jadilah si pemiliknya dikasih uang 1000Yen trus si mom dikasih 1 kantong gede Kaki yang kalau aku hitung jumlahnya sekitar 30biji lebih. Aku yang pas pulang nemuin 1 kantong Kaki di dapur langsung shock dan akhirnya setelah aku ngomel-ngomel karena bagasi yang mau dibawa pulang banyak banget + berat, Kakinya aku sita beberapa biji :P

Tapi aku jadi pusing sendiri gimana mau ngabisin Kaki 10biji sendirian, apalagi aku ga demen & males makan buah..... Eh, ternyata si K demen banget ama Kaki, jadinya disumbangin ke dia deh. Sampe-sampe dia kalau sekali makan bisa 3biji aja.



Buat yang rencana dateng ke JpN di Musim dingin, aku saranin cobain Kesemek Jepang dan juga Momo(persik)nya Ya!

PS : Aku suka kebalik-balik mau nyabut persik ama kesemek, gara-gara "persimmon" itu mirip "Persik"... ngga nyambung ya :P

3 comments:

  1. yeah yeah.. persimoon hahaha.. soalnya dulu digame, ada buah ini :) lucu yah kek appel ^^

    ReplyDelete
  2. iya kalau diliat emang lucu sih pit yg gepeng2. Tapi persik jepang lebih lucuu..:D

    ReplyDelete
  3. tinggal di japan mah, aku mau deh cobain semu buah disana....maruk.com hehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...