Wednesday, December 1, 2010

Nano Nano Japan - 12(Hari-hari Sampah)

Urusan sampah emang paling ribet deh disini. Ngga seperti di Indonesia, yang konon kata temen aku pas aku omelin dia buang sampah dijalan malah dijawab "Lah jalanan kan memang tempat buang sampah", serasa udah jadi hak milik aja. Emang gitu ya, apa-apa mau dimiliki semua termasuk uang rakyat juga(ups...)

Nah, udah pada tau dunk kalau Jepang termasuk negara yang dikategorikan bersih dari sampah dijalan walaupun ditempat yang terlalu rame kadang masih ada spot2 yang jorce dikit sih. Bahkan tempat pembuangan akhirnya disini pun udah canggih banget karena dari sana banyak sekali barang-barang daur ulang dihasilkan. Mungkin ada yang ngga tau kan kalau sampah kulit telur ternyata bisa jadi wallpaper? atau sampah makanan bisa diubah dalam sekejap jadi tanah halus yang dipakai untuk pupuk? Coba deh buat yang penasaran, cari kotak daur ulang yang namanya Takakura trus taruh satu aja dirumah kalian. Dijamin bumi Indonesia Raya bisa makin subur dan masalah sampah Rumah Tangga juga bisa makin berkurang.

Di Jepang sendiri, sudah jadi kebiasaan kalau sampah pada umumnya di bagi dalam 3 kategori yaitu sampah yang bisa dibakar(yang terurai) atau yang tidak bisa dibakar(yang tidak bisa terurai secara alami) dan sampah daur ulang. Tapi pembagian ini hanya sebagian besar saja karena pada kenyataannya masih dibagi lagi sampai pretelan-pretelan yang kecil-kecil seperti : sampah kertas, kaleng/besi, karet, botol plastik, pecah belah, sampah dapur, sampah ukuran besar, sampah elektronik, batere dsb.

Dan yang perlu diingat, semua sampah itu hari buangnya sudah ditentukan. Jadi kita ngga bisa ngumpulin sampah jadi satu trus buang kapan saja seenak udel, tapi harus ikutin jadwal dari pemda setempat. Misalkan untuk jadwal aku yang sekarang ini :
Senin : Botol Plastik, pecah belah, Batere
Selasa, Kamis, Sabtu : Sampah terbakar
Rabu : Sampah tidak terbakar

Jadinya kalau aku masak2 hari minggu trus sampah dapurnya numpuk, aku ngga bisa buang semua sampah itu keluar sampai hari selasa. Atau kalau misalnya kita beli minuman botol hari Kamis, terpaksa kalau sudah habis harus nunggu hari Senin supaya bisa buang itu botol.

Ribet ya?

Kadang aku kesel juga karena harus memilah-milah sampah & kadang banyakan mangkir buat nyisihin yang recycle punya cuma karena pegel aja motong2in kardus bekas minuman atau cuciin kotak2 styrofoam. Padahal sebenernya step-step ini perlu banget buat menolong bumi yang malang ini. Karena kalau kotor, otomatis tidak bisa dijadiin barang recycle lagi.

Kebayang ngga kalau di Indonesia semua sampah ditumplek jadi satu di TPA. Itu mau ga mau semuanya kan kotor jadi terpaksa deh dibakar. Padahal kalau seandainya mau dikelompok2an pasti banyak yang bisa di recycle dari sana. Makanya aku sempet kepikiran pengen jadi pemulung atau tukang sampah. Karena bayangin aja sumbernya gratis, tapi menghasilkan uang. Karena dari botol2/ gelas plastik bekas minum itu bisa diolah jadi plastik yang baru. Sedangkan dari sampah dapur bisa jadi pupuk salam sekejap kalau pake tehnik keranjang sampah Takakura. Cuma kalau lahan kerja pemulung aku ambil, kasian merekanya kali ya :P *kog malah jadi ngomongin masalah sampah di Indo ya?*

Jadi kalau kalian ke Jepang & harus tinggal sendiri di apartemen atau tempat lain yang mengharuskan mengatur sampah sendiri. Jangan lupa tanyakan hari-hari membuang sampah dan aturan pembuangannya. Karena ada beberapa tempat yang mewajibkan membuang sampah dengan kantong plastik khusus & biaya khusus juga. Jadi jangan sampai karena ngga tau akhirnya malah didenda karena buang sampah bukan pada harinya.

Dan ngga semua tempat umum ada tempat sampah ya. Tapi bukan berarti kita boleh buang seenak udel, wong anjing pupup dijalan aja kudu ditadah tuannya & dibawa pulang. Masa kita yang bukan anjing aja malah buang-buang sampah sembarangan. Malu dunk ya^^

PS : Buat yang tinggal di negara lain, bagaimanakah hari-hari sampah disana?


8 comments:

  1. interesting..

    tapi emang bikin ribet.
    klo sampahnya kebetulan lagi banyak banget bau dunkk...hehehe

    ReplyDelete
  2. ya itu na... kadang pada masukin plastik trus diiket rapet, taruh dibalkon rumah supaya didalem ga bau. Plus dikasi obat serangga supaya ga ada yg aneh2. Klo winter sih masih aman ya, klo pas summer tu baru apa2 cepet banget busuknya.

    ReplyDelete
  3. yah kalo di indo, udah tau lah! cari tempat sampah juga susah, tapi g selalu buang sampah pada tempat na kok! klo ga ada, g pegang sampe nemu ^^, klo yang kecil/kering masi bisa di kantongin yah g bawa sampe nemu juga, kalo yang basah, pastiin dulu deket sana bisa buang sampah basah, klo ga ada yah jangan dimakan dulu ^^
    untung na yang namanya mall tempat sampah ngebelatak sih

    ReplyDelete
  4. klo g juga suka pisah2in buat sampah dapur,plastik,botol trus buang ditempat sampah depan rumah..tiap hari tertentu diambil tukang sampah, tapi klo ada pemulung suka diacak2 padahal plastik nya udah di pisah2 :( jadi percuma juga dipisah2..trus jalan2 disini emang byk tumpukan2 sampah..semenjak tpa nya longsor. kepikiran juga knp di indo ngak terapin cara buang & olah sampah kaya di jepang..

    ReplyDelete
  5. kayaknya cuma di jepang d yang ada hari buat buang sampah. Singapore segini bersihnya jg ga ada peraturan hrs buang dipisah2 & di hari yg berbeda. mungkin krn SG jauh lbh kecil jd lebih gampang ngaturnya. di jalan ada juga tong sampah yg utk buang sampahnya dibeda2in tapi kyknya jarang yg dipake jg. gw sih suka agak bingung. gambarnya kan kertas,plastic,botol. nah, klo botol plastik buang di plastik ato botol tuh? pusing2 buang aja nke tong sampah biasa d.

    ReplyDelete
  6. Ribet tapi bisa sukses di Jepang yang orang2nya disiplin. Gak kebayang kapan Indonesia bs. Btw hari2 itu berlaku seJepang atau per distrik beda2?

    ReplyDelete
  7. @Pitshu : Nah, harusnya kalau mau makan kan liat sikon dulu ya. Kalo temen aku yang penting makan dulu trus kulitnya buang aja dijalan. Kalo di Jpn sih bisa dipelototin org. Tapi kadang ada org yang muka tebel aja juga buang2 gitu, terutama puntung rokok.

    @Sena : Itu pemulungnya aneh deh. Udah disiapin gitu masih mau ngacak2. Mungkin karena penasaran kali ya. Atau dia pemulung special barang berharga :D
    Sebenernya kalau udah dipisah gini, prosesnya jadi lebih cepet & banyak barang bisa di recycle.

    @Lzai : emang bingung ya kalo ga jelas. klo disini botol plastik itu di botol sih biasanya. Soalnya daur ulang Pet Bottle(istilah disini) itu khusus, sedang kalau plastik, ntar bijih plastiknya hasilnya jadi beda lagi(ga bening soalnya). Kecuali botol kaca, itu ada namanya Bin buat yg kaca trus yg kaleng di Can.

    @Once_alifetime : iya ribet, makanya kadang ada yg ngelanggar juga(termasuk aku).
    Itu peraturannya di atur pemda setempat, jadi kantongnya pake apa, harinya hari apa, golongan sampahnya kaya gimana, semuanya beda-beda.

    ReplyDelete
  8. ribet tapi system na bagus bangeth yah kl di japan

    kl di diterapin di indo mah bakal susah pisan, org2 na ga disiplin...haizz

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...