Saturday, June 23, 2012

Jalan - jalan Jepang (Part 2)

Lanjut dari postingan sebelumnya, ini contoh itinerary jalan-jalan di Jepang yang ke dua.

(I)Shinjuku - Harajuku + Omotesandou - Shibuya
Berhubung ini satu area, biasanya enak buat dikunjungi sekali jalan. Bisa dengan kereta atau juga dengan jalan kaki. Alternatif keretanya ada dua antara JR Yamanote Line atau Subway Metro Fukutoshin Line, tapi untuk Subway bisanya di Shinjuku-san-chou-me.

Yang bisa dilihat di Shinjuku : Kinokuniya(buat yang mo beli buku/majalah bisa ke Kino dibelakang Takashimaya), Departement store, Shinjuku Gyouen(taman), Metropolitan Government Building(free), Shouthern Terrace(kalau akhir tahun bagus karena ada illumination, selain itu sih ngga terlalu ada yang dilihat). Kalau buat aku, shinjuku bukan termasuk tempat yang wajib dikunjungi kecuali untuk pergi nogkrong atau makan. Karena suasanya ngga beda jauh dengan Shibuya, Ginza atau tempat lainnya yang rame dengan pertokoan.

Jadi biasanya kalau dengan temen-temen, kita kumpul di Shinjuku untuk makan siang, lalu jalan kaki lewatin Yoyogi, Harajuku, sampai ke Shibuya. Tapi kalau ngga kuat jalan, mungkin jangan dicoba ya, apalagi kalau jadwal perjalanannya padat... bisa2 kaki pegel malah besoknya ga bisa jalan. Tapi sebenernya rute ini ngga terlalu jauh. Dan gampang, karena ngikutin rute kereta Yamanote Line :)

Info Selanjutnya silahkan lihat disini : http://wikitravel.org/en/Tokyo/Shinjuku

Berikutnya kita lanjut ke Harajuku. Disini ada dua pilihan antara  shopping atau ke kuil. Aku agak susah ya buat nentuin prioritas haru spilih jalur yang mana dulu. Tapi kalau berangkatnya lumayan pagi, aku pilih ke Meijijingu Shrine dulu lalu ke Shopping Area. Pintu masuk menuju kuil ada di belakang stasiun. Jadi berlawanan arah dengan Takeshita dori. Banyak orang yang ngga tau keberadaan kuil ini karena memang ngga ada tanda petunjuk arahnya. Jadi keluar dari stasiun. Jalanlah kesisi sebelah kanan dari stasiun(kearah jembatan penyebrangan), nanti dibelakangnya ada daerah yg seperti hutan dengan pohon lebat & pintu kuil yang lumayan besar. Tinggal ikuti jalan masuk nya sampai ketemu kuilnya(kuran glebih 10min). kalau sudah, bisa kembali ke arah stasiun.

Selanjutnya yang jadi tempat tujuan wisata di Harajuku adalah Takeshita dori/ Takeshita Street, sebagai tempat shopping anak muda. Tempat ini selalu rame ngga pernah sepi. kebetulan Harajuku station itu ada 2 exit, jadi kalau keluar didepan GAP, ini lebih deket ke kuil, tapi kalau keluar dipintu satunya lagi, itu ada didepan Takeshita dori. Tinggal ikutin aja sepanjang jalan yang penuh dengan jualan baju, aksesoris, ada juga DAISO, crepes juga & tempat nongkrong buat makan minum yang ngga terlalu mahal karena banyak anak sekolahan juga yang sering dateng kesana. Kalau jalannya udah mentok sampai di perempatan bisa belok kekanan. Nanti disini sebelum sampai perempatan yang pertama ada F21, H&M, Laforet, Tokyu Plaza. Kalau jalan terus bisa sampai ke Shibuya & 200m dari perempatan ini ada UT Store. Tapi kalau ke arah kiri, akan sampai ke Omotesando.

Di Omotesando ada Omotesando Hill, bermacam Branded Store & ngga lupa ada Kiddy Land & Oriental Bazaar(toko oleh-oleh), ditambah dengan butik-butik & cafe-cafe cantik juga.

Lanjut ke Shibuya, kalau dari Harajuku bisa dengan Metro Subway Fukutoshin Line atau JR Yamanote sedangkan dari Omotensando bisa dengan Metro Subway Hanzomon/Ginza Line. Atau kalau dengan jalan kaki aku biasanya rekomendasiin ambil jalur lewatin yoyogi & shibuya park :)

Di Shibuya ada apaan? Ada patung Hachiko, yang walaupun kecil tapi banyak juga yang nangkring disana. Selain itu? Shopping kali ya... ada Tokyu Hands & Loft yang lumayan Gede disini. Ngga lupa toko 100Yen - SERIA di gedung 0101 JAM(yg disebelah ZARA bukan yang diujung perempatan), ini rekomended banget ya karena barang2nya lucu & murmer. Ada museum Rokok&Garem(aneh ya kenapa harus barengan?), Trus ada yang namanya spain street juga walaupun jalannya cuma secuprit banget tapi lumayan lah. Trus yang terkenal lagi yaitu perempatan di samping Hachiko itu yang emang gede banget & paling banyak orang nyebrang kali ya dari seluruh tempat di JPN.

Buat para cewe mungkin wajib hukumnya buat mampir ke 109 khusus cewe. Karena ini satu gedung emang isinya toko barang cewe semua. Jadi buat cowo-cowo kalau males buat nemenin cewenya, boleh lah ke sebelahnya ada LABI, toko elektronik macam Yodobashi atau BicCamera gitu. Trus selain itu diShibuya juga lengkap banget dept Storenya, ngga perlu aku sebutin semua lah ya tapi sebagian besar pasti punya toko disini.

Jadi sebenernya untuk Shibuya lebih cocok buat tempat shopping, nongkrong atau makan. Dan buat turis juga ga susah karena biasanya mereka punya buku menu dari bahasa Inggris, karena saking banyaknya orang asing berkeliaran disini kali ya.

Pengen nyari toko murmer lainnya? Ada 3coin, ini toko dengan one price 315. Letaknya di deket(seberang) pintu masuk Tokyu Hands bagian Udagawa street. Banyak pernak pernik cewe disini. Ada juga toko 100Yen lainnya macam Can Do, dideket2 situ juga. Dan kalau suka liat pernak pernik untuk rumah, boleh mampir juga di FrancFranc.

Donki Hotte alias Donquijote, juga ada disini. Sejalan dengan si LABI(pas diseberangnya H&M). Disini ada segala macem barang kebutuhan tumplek jadi satu deh, bagus buat nyari oleh2 terutama yang harganya murmer karena biasanya Diskon.

Okay... Optional 1 udah panjang banget ya, lanjut ke Rute model lainnya.


(II)Ebisu - Shibuya - Harajuku/Omotesandou

Ini kalau dibalik rutenya dari Option yang pertama. Sebenernya kenapa aku taruh Shibuya di last destination diatas, itu karena Shibuya emang lebih cantik kalau malem karena banyak lampunya, jadi kalau yang ini mau diputer2 urutannya juga okelah ngga masalah gitu :D

Di Ebisu ada apaan? Ada Ebisu Garden Palace, disini ada museum Bir & juga restoran. Ada beberapa shopping center juga dan sering ada konser di bagian hallnya yang terbuka.


(III)Harajuku - Shibuya - Roppongi/[Roppongi - Omotesando/Harajuku - Shibuya]
Nah, kalau ini buat yang ngerasa ngga afdol kalau ngga mampir ke Roppongi. Sebenernya aku lebih suka taruh Roppongi didepan tapi mungkin ribet untuk transportnya, walupun ada alternatif dengan Bus 100Yen(Chi-basu) dari Roppongi dengan tujuan Omotesando Station.

Jadi kalau ke Roppongi siang hari, ada alternatif untuk lihat Tokyo Midtown(Fujifilm Square), Roppongi Hills(Mori Art Museum, Tokyo City View, Mori Garden),  National Art Center Tokyo, etc.

Sedangkan kalau malem hari mungkin lebih untuk nongkrong atau liat view kota dimalem hari juga bisa dari Tokyo City View, cuma bayarnya aja yang lumayan :D

(IV)Harajuku - Shibuya - Aoyama Itchoume - Roppongi/[Roppongi - Aoyama itchoume - Shibuya]
Aoyama itchoume ini OPTIONAL kecuali pas pohon ginko lagi nguning WAJIB buat mampir ya sodara2. Bisa dengan Chi Bus 100Yen dari Roppongi ata kereta lewat Oedo Line, mumpung kalau ke Shibuya juga kudu transfer di stasiun ini jadi ga ada salahnya buat mampir. Nantinya di jalan depan gedung parlemen banyak pohon ginko yang berjejer kuning seperti ini tapi cuma dimusim gugur aja ya sodara2.


Yak Sekian dulu deh alternatif itinerary yang agak berantakan ini. Nanti kembali lagi dengan rute disekitar Ginza, Tokyo Station & Imperial Palace(doakan saya supaya tidak malas update).

PS : Kalau ada yg ngga jelas, silahkan tinggalkan pesan/email me. Nanti sebisa mungkin dibantu untuk dijawab. Tapi kalau soal info hotel murah, dan akomodasi lainnya? Silahkan pakai mbah gugel untuk menjelajah, karena jujur aku kan bukan turis disini, jadi ngga pernah nginep2 juga :D

4 comments:

  1. Akomodasinya di tempat Inge aja. Nanti tamunya masakin indomie goreng deh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau seorang diri mungkin masih ada tempatnya buat istirahat, kalau lebih dari itu terpaksa di beranda ata di kamar mandi loh tidurnya :D Aku menerima dengan senang hati klo dikasih indomie soalnya disini mahal jg :D

      Delete
    2. nanti dibwin indomi goreng rendang :p

      Delete
    3. hahaha klo perlu rendangnya juga tik =))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...