Friday, July 20, 2012

Cycling at Gyoda

Sebenernya acara berpetualang kali ini dalam rangka farewell temen karena dia bilang pengen pergi hunting foto. Tapi ternyata malah aktor utamanya tiba2 berhalangan hadir karena kena sunburn parah hasil hunting hari sebelumnya(emang lagi sadis banget matahari disini). Awalnya ada beberapa tempat yang udah aku list dari hasil pencarian di Internet dan ini emang salah satu enaknya di JPN itu karena ampir semua informasi sekarang udah bisa didapetin di Internet. Sampai akhirnya beberapa option di eliminasi karena temen-temen tinggalnya agak bara-bara kalau orang sini bilang(mencar).

Setelah minta mereka pilih dari 3 option yang kira2 bisa dikunjungi, akhirnya diputuskan pergi ke Gyoda di daerah Saitama dengan iming-iming ada taman, castle & penyewaan sepeda gratis. Tapi memang tempatnya jauh banget karena butuh waktu 1jam lebih sedikit dari Shibuya. Trus demi kelancaran, dari hari sebelumnya udah kumpulin info2, siapin beberapa perlengkapan & atur jadwal buat ketemuan di TKP. Jadi dari malem sebelumnya aku dah mulai charge batere, kamera, bekuin air dibotol(biar bisa dingin seharian & jadi cooler dijalan) & hiburan buat dikereta(chrocheting).

Di postingan sebelumnya aku kan ada cerita tuh kalau aku ga bisa tidur. Jadi jam 4AM udah melek, seger, panas, lengket banget badan. Akhirnya bangun trus mampir WC sambil kriyip2, tapi akhirnya mutusin tidur lagi aja deh sambil idupin AC, padahal takut bablas kesiangan. Sampe akhirnya si weker udah menjerit-jerit masih aku snooze sampe 4X. Langsung cepet2 bangun, cuci rambut, beresin tas trus cabut dari rumah jam setengah 8an yang mana matahari udah panas banget. Tapi pas udah dijalan check HP ada sms masuk, ternyata dari si Stip bilang kalo cancel karena kebakar abis nonton balap formula. Doenk~

Langsung panik deh... temen2 yang laen begimana, acara mau lanjut terus atau ganti haluan aja nih karena tempatnya memang lumayan jauh, otomatis ongkosnya juga lumayan kan. Buru-buru kirim group sms ke yang lain kalau perlu ganti plan. Tapi ternyata tumben banget hari itu pada semangat semua, jadi pagi2 udah pada standby ga pake telat jadi udah pada dijalan semua. Karena mikir udah tanggung & ga tau mau kemana jadi kita tetep pergi sesuai rencana.

First stop di Shibuya, aku ketemu si Ed trus kita naik kereta bareng yang harusnya bisa langsung sampe di tujuan, tapi ga disangka tengah jalan pas lagi sibuk searching info hotel buat nyokapnya si Ed, kog ada orang yang manggil2 dari pintu kereta.... ternyata si Re yang tiba2 nongol trus bilang klo mau nunggu si Vic yang bakal telat 1 train setelah ini. Jadilah aku langsung loncat turun dari kereta ikutan si Rei, sedang si Ed kelabakan belum beberes tas, botol minum, Ipadnya(asli rempong banget dah) & ampir kebawa kereta yg udah mau tutup pintu sambil ngoceh2 "hoi..hoi, tunggu gw donk!" hahahaha... Kalo dipikir lucu banget, soalnya itu kereta panjang banget & bisa2nya pas si Rei ngeliat kita trus manggil.

Lanjutannya, kita salah platform karena next train tu dari platform sebelahnya sampe naek turun tangga 2x, ampyun deh~ pagi2 olah raga naik turun tangga. Trus si K yang katanya bakal lewat station itu juga kog ga nongol2, si Ed juga tiba2 ngilang entah kemana. Trus aku coba telp si K sambil ngoceh2 "dimana? kita dah mau naek kereta loh.. kog ga nongol? Ayo cepet turun pindah ke platform 4 sini cepetan!!". Si K malah bingung~ karena ternyata dianya udah didalem kereta & masih otw, jadi ternyata kereta yg aku, Ed, Rei ama Vic bakal naekin itu kereta yang sedang dinaekin si K. Asli kocak banget deh pagi2 udah rusuh banget gara2 miskom, sampe akhirnya keretanya si K dateng trus kita ikutan naik sambil ngetawain kedudulan & kehebohan pagi hari... Malah akhirnya si Ted yang ketinggalan di belakang. Jadinya sepanjang jalan yang tadinya mau tidur malah sibuk ngobrol sambil sarapan didalem kereta.

Jam 10AM, kita sampe di Gyoda Station. Langsung ke Tourist Information Center yang ada di samping station buat minjem sepeda. Jadi sepedanya ada yang free & bebayar, kalau diliat sekilas sama aja sih sepedanya. Berhubung jumlahnya terbatas, 2 orang dari kita dapet yang ada babyseat nya dibagian depan, tapi bisa dipake buat naruh barang2 bawaan. Setelah ngisi form sembari nge-rusuh didepan loket, kita mutusin buat balikin sepedanya ditempat yang sama dan kalau kembalinya setelah lewat 4PM, kunci sepedanya cukup ditinggalin di kotak pos aja karena petugasnya udah pada pulang(orang JPN emang percaya banget klo soal beginian~)

Lagi Sibuk Liat Peta
Dan petualangan dengan sepeda dimulai dengan tujuan pertama ke Castle yang namanya Oshi-Jo. Ini kira-kira 20-30min dengan bersepeda. Nah, sebenernya kita agak-agak salah haluan karena rute yang bagus itu seharusnya ke Kodaihasu-no-sato lalu ke Sakitama-kofun-gun lalu Suijokoen dan terakhir baru Oshi-Jo, kira-kira seperti itu rute bersepeda yang dianjurkan. Nah, kenapa kog dianjurkan seperti itu karena ada alesannya juga sih. Karena lebih baik ketempat yang jauh lebih dulu & alesan lainnya karena Kodaihasu-no-sato ini taman kembang teratai yang ternyata bunganya mekar di pagi hari, jadi kalo kesorean meang pada nguncup semua hahaha.


Menikmati Suara Katak dari dalam Kolam Lotus
SuijoKoen Full Kolam - Ini Kolam yang kecil

Jadi waktu dijalan yang pertama kita temuin itu Suijokoen, yang sesuai namanya ada unsur airnya, memang taman ini sebagian besar berupa kolam. Orang-orang pada mancing dikolam ini & emang viewnya lumayan bagus sih bisa tipikal japanese garden gitu dan cocok buat tempat piknik disini. Kita disini cuma sempet  berenti sebentar sambil ngadem & foto2 trus lanjut jalan lagi ke Oshi-Jo. Kira-kira 5min dari Suijokoen, kita sampe di Oshi-Jo. Ini pas banget jam terik-teriknya, trus kita pada Sotoy banget markir sepeda karena ga mau jauh-jauh dari pintu & supaya ga kepanasan kita parkir aja dipinggir jalan, yang ternyata pas pulang baru nyadar 50m dari situ ada tempat parkirnya hahaha(untung ga ditilang), mana gara2 kita orang jadinya ada yang ikutan parkir sembarangan juga. Disini kita liat performance pedang-pedangan(perkelahian) ala2 pendekar jaman dulu. Abis nonton performace kita langsung jalan lagi & ga explore kedalem museumnya karena pengen ngejer waktu sekalian lunch. Kalau masuk kedalem museum, ada tambahan biaya 200Yen.
Penonton Atraksi Pedang


Perjalanan berikutnya adalah mencari Rumah Makan dan ini syusah banget karena kebetulan hari Senin itu tanggal merah di JPN, jadi toko2 sepanjang jalannya itu tutup semua. Tadinya si K udah ngusulin RM. Hongkong, tapi langsung ku tolak mentah2 dengan alasan udah jauh2 kog chinese food~ Eh malah akhirnya ga nemu Resto yang buka -_-' sampe akhirnya kita putusin beli bento di supermarket aja haha... Tapi mending lah masi ada unsur JPN nya gitu kali ya hahaha. Ngga lupa selipin ice cream juga sekalian :P Eh tapi pas ngelanjutin perjalanan lagi, 200m dari itu superarket ternyata ada Resto yg buka *plakkkkk* ya sutralah~ Nah sempet pas lagi nyari2 tempat makan, kita masuk komplek perumahan trus tiba2 si Vic di panggil ama Ibu2 yang nongol dari atas balkon rumahnya. Udah ngirain kita bakal di marahin karena bikin ribut dijalan kampung, ternyata dia nanya2 kita lagi jalan2 ya? trus disuruh explore yang banyak karena disana banyak yang bisa dilihat.. fiuhh~ Ini keramahan penduduk JPN yang susah ditemuin di TOKYO huhuhu...

Akhirnya kita sampe di Sakitama pas jam lunch trus langsung buka bento masing2 dan makan.... Udah kenyang makan & sebelum ngantuk, kita lanjutin dengan muterin Sakitama-Kofun-Gun. Jadi ini tuh kuburan jaman dulu. Bentuknya kaya gundukan bukit2 kecil gitu & kita bisa naek keatasnya cuma ajubileeee panasnya. Sebenernya aku suka banget ama park yang ini, tapi beneran panasnya ga nguatin jadi lebih baik jangan dateng disaat summer deh. Jadi kita cuma sempet naek 1 aja yang paling tinggi & udahannya langsung ku tolak ide si Mr. K buat explore keatas bukit2 yang lain karena yang lain gundul plus lebih pendek hahaha. Tapi emang ga kuat ama panasnya sih walupun pemandangannya bagus banget. Taman ini kalau diliat dari atas kira2 seperti di link ini : http://www.sakitama-muse.spec.ed.jp/?page_id=157








Selanjutnya kita menuju ke Kodaihasu-no-Sato, penuh perjuangan juga ini karena memang panas sekali & ga ada awan2 mendung. Jadi dari Sakitama kita shorcut lewatin sawah-sawah ke arah kodaihasu dengan petunjuk Menara Pandangnya. Jadi bener2 kaya berpetualang aja ngikutin jalan karena dari awal tu entah kenapa pada disuruh liat peta lewat iphone malah pada asyik buka brosur & nyari arah angin *doenk~* Jadi kuserahkan kepada para pria2 ini lah untuk baca petanya. Sebenernya waktu lewatin pinggiran sawah, kita nemu penjual Jelly Furai yang katanya makanan tradisional daerah itu, tapi sepi nian & ga jelas buka apa engga akhirnya ga jadi nyobain.

Dan sampailah kita di Kodaihasu-no-sato sebagai tujuan terakhir *cihuiii* Langsung pada tepar tiduran di kursi2 taman sambil kipas2 saking panasnya. Mana aku jadi mules banget & untungnya di JPN selalu gampang buat nyari WC yang bersih jadi ngga perlu sampe nyemplung kolam teratai hahaha.


Jadi Kodaihasu-no-sato ini Lotus Pond. Bagus & penuh banget lotusnya, tapi ternyata kalau sore bunganya pada nguncup *huaaaa~* trus masa mekarnya itu cuma 4 hari aja, sesudahnya layu & harus nunggu sampe tahun depan lagi. Tapi bunga lotus & tempat ini memang salah satu daya tariknya daerah Gyoda. Si K sampe bosen & ngoceh2 "Lotus lagi lotus lagi.. dari tadi itu bunganya sama kamu masih mau fotoin semua??" hahaha... saking sentimennya pas aku minta difoto malah mukaku blurr gitu *plakkkk* Tapi emang ga kuat klo jalan muterin taman karena panas banget.

Disini juga ada Tenbodai atau menara pandangnya. dari menara pandang ini, kita bisa lihat sekeliling bahkan sampai Tokyo Sky tree juga. Tapi yang paling menarik adalah Tanbo A-to alias Rice Field Art, ini adalah lahan sawah yang digambar khusus supaya membentuk suatu gambar kalau dilihat dari atas gedung ini. Menarik banget & jadi keinget cerita-cerita UFO yang sering mendarat di sawah2 trus bikin jejak aneh2 :D Dibagian bawah menara pandang ini juga ada Assembly hall & museum kecilnya. Disini bisa lihat info tentang bunga teratai & tanaman pohon yang ada disekeliling taman ini. Oh iya, untuk masuk taman ngga ada biaya tapi untuk naik ke menara pandang bayar 400Yen.




Rice Field Art dilihat dari atas Tenbodai

Waktu udah mau pulang, ngga sengaja negokin pameran patung di hall trus sama ibu yang lagi nyelenggarain pameran disana ditanyain dateng dari mana. Aku bilang kalo aku & temen-temen  dari Indo, dan ternyata dunia sebesar daun kelor loh~ karena anaknya pasangan suami istri ini nikah sama orang Indo trus tinggal di Lippo Cikarang ato Karawaci gitu deh, jadi mereka seneng & sering banget ke Indonesia~ Trus kita dibukain 1 kotak kue oleh-oleh buat dibagi2 *waduh...senangnya* Dan terakhir terpaksa cepet2 keluar karena Hallnya udah mau ditutup & petugasnya juga udah pada melototin kita.

Dan kita lanjutkan perjalanan kembali ke titik nol alias stasiun awal tempat kita tiba. Jauhhhh banget bok~ ada kali setengah jam lebih bersepeda, mana matahari masih kenceng aja panasnya. Alhasil pas udah sampe goal jadi seneng banget & bau kecut teramat sangat karena udah berejemur & temenan ama matahari seharian.

Terakhir kita naik kereta & turun di Akabane buat sekedar dinner *yang ternyata ga gitu enak*, trus lanjut pulang kerumah. Lumayan puas ama perjalan kali ini karena banyak banget yang diliat walupun awalnya sempet panik karena ada hal2 diluar rencana :) tapi kalo jalan keluar kota gini bener-bener nge-reset pikiran banget rasanya. Menarik juga karena memang di JPN, hampir semua tempat wisata terawat baik & ga komersil juga karena semua tamannya itu free.

Aku sempet nyeletuk ke temen-temen kalau someday kita balik trus muternya naek Shuttle Bus aja, tapi pada nyaut "emangnya ada lain kali???" wakakaka~ Kalau begitu harus mulai susun rencana petualangan berikutnya sebelum pada for good *sedih nih karena udah pada bikin rencana bakal meninggalkan JPN*

Sekian cerita perjalanan sehari yang panjang ini.

PS: i feel really grateful for my friends. Klo yang pada tau aku ini orangnya teramat sangat bawel/cerwet/galak, panik-kan, perfeksionis dan semua2nya deh yang ngga menyenangkan, jadi aku sangat detail ama plan dan kadang jadi lebih suka merintah2 gitu klo lagi buru2 :(, tapi mereka semua bener2 bisa bikin segala sesuatu smooth. Kayanya aku ngga boleh terlalu stress & buru2 kali ya klo plan segala sesuatu. Dan sekarang sih aku lebih banyak belajar cuek & ngga take it for granted walupun ada beberapa hal yang mungkin masih berbekas tapi kan yang penting sekarang aku hepi :)

2 comments:

  1. wah bagusnya Jepang itu.. hehe.. keliatan rapi n bersih.
    bahkan makanan bento di supermarket pun keliatannya enak hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, paling ngga mereka ga buang sampah dijalan biarpun kadang2 buang sampang sembarang di tong sampah org :P
      Kalau soal makanan yg dijual, itu juga mungkin karena ada standardnya supaya terjamin higenis & keliatan rapi juga.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...