Tuesday, July 24, 2012

Sponge Cake

Aku udah lama ngga bikin kue yang mendetail banget. Maksudnya detail itu karena harus ngeliat takaran, step-step ama waktu buat manggang. Tapi karena beberapa minggu lalu udah janji mau bawa kue buat yang ulang tahun, jadilah aku buka-buka lagi tumpukan resep yang ada. dan ternyata emang resep dari tempat kursus yang dulu itu lumayan ngebantu banget. So far, ini sponge cake yang enak buat dimakan karena takarannya pas :D Nah ini kira2 resep kalau untuk yang versi pemula.


Bahan :
100gr gula
100gr tepung terigu
3butir telur
2sdm susu cair
vanilla essence secukupnya.

Cara Membuat :
1. Masukkan telur & gula kedalam wadah yang cukup gede lalu mixer dengan kecepatan max sampai mengembang & warnanya berubah jadi putih krem. Ini kira-kira 3-5min lah sampe rata semua.

2. kalau sudah mengembang, turunin speednya jadi yang paling pelan & lanjutkan mixer kira2 1min. Step yang ini penting banget, soalnya pas high speed kan jadi mengembang & banyak gelembung udaranya jadi pas terakhir speednya diturunin supaya gelembung2nya itu ilang. Ngga sampe ilang semua gpp kog ;) sampe disini mixer udah ga diperluin lagi :D

3. taruh tepung dalam ayakan(bener ga sih ya namanya?), sambil diayak masukkin kedalam adonan telur tadi.Kalau udah 1/2 yang masuk, yang 1/2 ditaruh dulu & adonannya kita aduk dengan spatula. Nah ini ada cara ngaduknya juga supaya ga terlalu banyak udara yang masuk. jadi kaya membentuk huruf "J" sambil wadahnya diputer2 dengan tangan yang satunya. Kalau udah, masukkin sisa tepung trus di aduk lagi sampai rata.

4. Terakhir masukkan susu & vanilla essence(kira2 10tetes atau setengah sendok teh) sambil diaduk sampai rata semuanya.

5. Siapin loyang. Bisa yang segi empat ukuran 30X30(klo mau bikin roll cake) atau yang lingkaran diameter 16cm atau 18cm. taruh cooking sheet didalemnya lalu tuang adonannya lalu loyangnya diangkat & agak dibanting2/diketuk2 kecil ke meja supaya sisa gelembung2 udaranya yg masih ada jadi pecah.

6. Nah sekarang untuk ovennya nih yg agak tricky karena bahan loyang & oven tiap orang kan beda2 jadi hasilnya bisa jadi ga sama. saran aku sih yang penting jangan gosong aja ya soalnya klo dah gosong ga bisa dibenerin. Biasanya 1 atau 2 menit sebelum timernya abis, coba cek apa kuenya udah mateng atau belum dengan nusukkin tusuk gigi atau tusuk sate :P ke "bagian tengah" kue lurus kedalem ya. Kalau perlu cek nya berulang kali ngga cuma di satu spot. Soalnya aku sempet kejadian kemaren pake loyang silicon yg lebih lebar jadinya ga mateng bagian tengahnya & pas di cek kan random tuh tusuknya, eh dapetnya bersih melulu. Jadi kalau tusuk giginya ditarik ngga ada adonan nempel, emang artinya udah mateng. kalau masih ada adonan yg nempel tapi bagian atasnya udah coklat banget, turunin suhunya 20derajat trus panggang 5 min atau menyesuaikan sambil di cek 2min sekali. Oh ya, jangan sampe over bake jg, ntar keras soalnya.

loyang segi empat : oven gas[190C ±9min], oven listrik[200C ±15min]
loyang diameter 16 : oven gas[170C ±25-28min], oven listrik[180 ±25-28min]
loyang diameter 18 : oven gas[170C ±18-21min], oven listrik[180 ±18-21min]

7. Angkat dari oven, kalau udah ngga terlalu panas bisa dilepasin dari loyangnya & taruh di rak supaya cepet dingin, tapi klo bisa cooking sheetnya tetep dipasang supaya si kue ngga keras..

Jadi deh :D

Bisa dihias pake cream, icing atau kasih ganache coklat. Klo yg loyang bunder sebelumnya bisa dipotong jadi 2, trus supaya ga terlalu seret/kering, diantaranya diolesin maple syrup atau cassis campur syrup atau klo aku brandy campur aer dikit campur selai blueberry.

PS : Itu kebetulan yg difoto itu yg versi gagal spongenya, ga keburu fotoin pas versi yg beneran jadi pas sebelum dihias karena udah buru2 banget dikejer waktu :P

11 comments:

  1. lho gagal kenapa nge, yang gagal aja keliatannya enak! :D
    cooking sheet maksudnya kertas roti bukan? full bawah dan samping?
    *banyak nanya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda timernya fan. klo silicon dia kurang nendang panasnya jadi tengahnya ada yg ga mateng padahal atasnya udah jadi *yg difoto itu*
      Gw ga punya loyang laen, trus pake yg dari kaca gw kasih cooking/baking sheet gt, tapi suhunya gw turunin trus agak lamaan.. jadi ga tau itungan pastinya cuma dikira2 aja. Tp yg gw tulis itu sesuai resep pake loyang kue biasa.
      Iyo itu kertas roti, samping bawah. Coba cari cara motongnya yg bagus di Internet. Ini nolong banget soalnya bikin rapi juga :D

      Delete
  2. Replies
    1. hahaha makasih, aslinya berantakan loh. Soalnya aku ga punya meja muter & tatakan kuenya jg ga ada jd kuenya aku taruh diatas piring & puter2 pake tangan. ampir frustasi mau diapan biar cakep, tapi akhirnya asal hias deh. Laen kali mau belajar decorating dulu kayanya.

      Delete
  3. AAAAHHHHHH MAU BIKIN AHHHHH (kayanya ga susah yaaa...). Keliatan napsuin bangetttt hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang krn stepnya cuma 3 ato 4 sebenernya. Cobain deh :) ntar klo udah bisa bikin ini pasti pengen bikin macem2.

      Delete
  4. saya akan coba di rumah xixixixi lumayan nih dapet resep lagi buat buka puasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dea..
      ntar kalo udah dicoba boleh share hasilnya ya :)
      Klo buru2 pengen cepet dimakan, beli whipped cream yg udah jadi aja ntar atasnya kasih buah2an.

      Delete
  5. waww keliatannya enak.. jadi pengen makan cake hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jadi enak kalo pas laper hahaha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...